Buntut Skandal, Drakor “Joseon Exorcist” Tak Akan Tayang Selamanya!

Imbas dari kontriversinya, SBS akhirnya memutuskan bahwa drakor “Joseon Exorcist” secara permanen tak akan tayang lagi di stasiun mereka.

Drakor “Joseon Exorcist” sampai sekarang masih menjadi perbincangan panas penggemar drakor, baik dari Korea Selatan sendiri atau pun luar negeri.

Sebelumnya akibat kontroversi yang menyangkut penyimpangan sejarah, drakor ini diprotes banyak netizen Korsel. Mereka beramai-ramai menulis petisi ke Blue House agar drakor ini diboikot.

Kini pihak SBS selaku stasiun yang menayangkan drakor ini mengumumkan telah menarik “Joseon Exorcist” selamanya. Itu artinya, drakor ini tak akan pernah tayang lagi untuk selamanya.

Drakor “Joseon Exorcist” Tak Akan Pernah Tayang

Sebelum memutuskan untuk menarik drakor “Joseon Exorcist,” SBS memilih untuk menunda penayangan drakor ini selama seminggu.

Sumber Gambar : Kompas

Kabar penarikan permanan “Joseon Exorcist” baru disampaikan SBS hari ini (26/3/2021). Begini terjemahan dari pengumuman SBS dilansir dari Soompi.

“Kami memberi tahu kalian tentang posisi SBS di “Joseon Exorcist.”

Karena SBS sangat menyadari parahnya situasi saat ini [mengenai drama], kami telah memutuskan untuk mengakhiri kontrak hak siar kami untuk “Joseon Exorcist” dan membatalkan semua siaran drama.

Saat ini, SBS telah membayar sebagian besar biaya untuk hak siar drama tersebut, dan perusahaan produksi telah menyelesaikan 80% pembuatan film.

Meskipun kami prihatian dengan kerugian finansial yang ditimbulkan oleh jaringan penyiaran dan perusahaan produksi, serta kesenjangan dalam pemrograman kami, SBS merasa memiliki tanggung jawab yang berat sebagai jaringan penyiaran publik, dan kami memberi tahu kalian bahwa kami telah memutuskan untuk membatalkan program,” tulis SBS dalam pengumumannya.

Segera setelah penayangan perdananya pada 22 Maret, drakor ini langsung mendapat kecaman dari netizen Korsel. Dimulai dari penggunaan alat peraga dan makanan bergaya China, yang menurut netizen adalah distorsi sejarah Korea.

Sumber Gambar : Damdaworld

Meskipun SBS merilis pernyataan awal berupa permintaan maaf dan penjelasan, tapi reaksi dari pemirsa Korsel terus meningkat. Hujatan demi hujatan makin gencar mereka lontarkan untuk semua pihak yang terlibat, bahkan termasuk aktor yang ikut berperan di dalamnya.

Tak sampai di situ, kontroversi makin memanas saat netizen Korsel memprotes penggambaran karakter yang tak sesuai dengan sejarah asli Korsel.

Karena terlalu banyak kontroversi yang ditimbulkan drakor ini, akhirnya “Joseon Exorcist” pun langsung ditinggalkan oleh semua sponsornya.

Sempat terkatung-katung selama beberapa hari, akhirnya drakor ini menuai nasibnya. Yah, meski bukan nasib baik, karena SBS mengkonfirmasi jika drakor ini tak akan pernah tayang.

More Stories
8 Bintang Hollywood yang Pernah Di-blacklist Karena Beragam Masalah
%d blogger menyukai ini: