Berbagai Kode Tersembunyi di anime Nier Automata Ver 1.1a

Kode Tersembunyi Nier Automata

Seri Nier selalu dinantikan, baik versi game maupun kali ini versi anime-nya. Nier selalu membuat para fans-nya meneliti setiap detail yang muncul di layar, berharap menemukan kode tersembunyi.

Hal itu tak hanya untuk game Nier Automata, tetapi juga untuk adaptasi animenya, Nier Automata Ver 1.1a. Adaptasi anime dari game super populer tersebut baru saja tayang mulai Januari 2023 ini.

Sejauh ini, Nier Automata Ver1.1a benar-benar mengikuti cerita dunia Nier Automata dengan detail, dilengkapi dengan elemen baru yang di luar ekspektasi, termasuk beberapa pesan tersembunyi di tiap episode penayangannya.

Yoko Taro

Kemudian, sebagai salah satu ciri khas sang kreator, Yoko Taro, sudah ada beberapa petunjuk dan pesan kriptik misterius yang tersembunyi di dua episode awal, dan tentunya para fans sudah mulai menerjemahkan pesan tersebut.

Memang baru ada dua episode yang diproduksi oleh A-1 Pictures dari adaptasi anime Nier Automata ini. Tetapi, pesan yang tersembunyi bisa jadi menggambarkan tema adaptasi anime ini ke depannya nanti. Hal itulah yang memotivasi para fans untuk menerjemahkan kode tersebut.

Sejak anime-nya tayang, Nier Automata Ver 1.1a kembali membuka luka lama fans lama Nier Automata soal cerita android dengan penutup mata beserta masalah nihilisme mereka, dan banyak yang bertanya-tanya bagaimana Yoko Taro akan membuat perbedaan dengan versi game-nya.

Pada September 2022 lalu, Yoko Taro mengungkapkan kalau judul tambahan “ver 1.1a” akan menunjukkan kalau versi animenya akan mengalami deviasi cerita dari versi video game yang rilis tahun 2017 lalu tersebut.

Sejauh ini, omongan Yoko Taro sudah terbukti, karena naratif anime-nya mengikuti gabungan antara rute a dan rute b dari versi game-nya, menambahkan narasi baru soal mesin pecinta bunga, dan diakhiri puppet show dari 9S dan 2B menjelaskan berbagai elemen di dunia tersebut.

2B dan 9S dari anime Nier Automata Ver1.1a

Beberapa fans memiliki teori soal pintu gereja di lagu opening kredit dari Aimer berjudul “Escalate”. Tetapi, rupanya Yoko Taro dan timnya menaruh pesan rahasia di tempat yang paling tak terduga, eye catches setiap pertengahan episode.

BACA JUGA  7 Musuh Terkuat Dalam Manga dan Anime Jujutsu Kaisen

Eye catch adalah animasi pendek yang dimainkan sebelum dan sesudah jeda komersial. Beberapa anime menggunakan eye catch dengan ilustrasi khusus untuk menandakan pada para penonton kalau anime akan kembali dimulai.

Tetapi, kalau eye catch dari anime Nier Automata Ver1.1a pada suatu momen tertentu, penonton akan melihat beberapa baris kode yang tersimpan di balik efek glitch dari title card.

Pengguna MyAnimelist bernama exloseur, tyrelipinpon, dan redditor dari r/Nier bernama Lifedealer999 berhasil menerjemahkan pesan tersembunyi dari eye catch di dua episode pertama dengan mengkonversi teks code menggunakan konverter hexadecimal.

Di dunia matematika dan komputer, hexadecimal (atau penomoran basis 16 atau bisa juga disebut hex) adalah sistem angka yang menggunakan penomoran posisi yang menggunakan angka berdasarkan basis radix 16. Berbeda dengan desimal yang merepresentasikan angkanya dengan 10 simbol (0 sampai 9), atau biner yang menggunakan dua simbol (0 dan 1).

Berbeda dari dua sistem tersebut, hexadecimal menggunakan 16 simbol, yaitu simbol angka “0” sampai “9” sebagai yang mewakili angka 0 sampai 9, dan huruf “A” sampai “F” untuk merpresentasikan nilai dari 10 sampai 15.

Software developer dan system designer kebanyakan menggunakan angka hexadecimal karena lebih menyediakan representasi ramah user ketimbang kode biner yang panjang. Setiap digit hexadecimal ditandai dengan empat bit, atau bisa disebut juga nibble.

Contohnya, nilai 00000000 atau 11111111 dari biner bisa ditulis dengan 00 dan FF saja lewat hexadecimal.

Setelah mengkonversi teks, fans harus menerjemahkan hasilnya dari bahasa Jepang ke Bahasa Inggris. Berikut adalah pesan tersembunyi tersebut di bahasa Jepang dan Inggris, yang kemudian diterjemahkan lagi ke Bahasa Indonesia.

Eye Catch Nier Automata Ver1.1a

Episode 1:or not to [B]e

【報告】

アンドロイドは生と譻を繰り豔す存在である。

【report】

An android is a being that repeats life and death.

【Laporan】

Sebuah Android adalah eksistensi yang mengulang hidup dan mati

【報告】

輪廻の連鎖がもたらすのは、救済か、崩壊か。

【report】

Will the chain of reincarnation bring salvation or collapse?

【Laporan】

Akankah rantai reinkarnasi membawa keselamatan atau kehancuran?

レジスタンス

resistance

Pemberontakan

Episode 2: city e[S]cape

BACA JUGA  Tokoh Utama Anime Pokemon Baru, Apakah Akan Lebih Seru dari Ash dan Pikachu?

それ人類の知性と何が違うのだろうか.

“How is it different from human intelligence?

“Apa perbedaannya dengan kecerdasan manusia?”

Opening Theme Nier Automata Ver1.1a

Kode rahasia di anime Nier Automata ver 1.1a mirip dengan prosa kalimat dari codex game aslinya atau percakapan penuh filosofi antara Pod042 dan Pod153 (Pod asisten 2B dan 9S yang membantu kedua android dalam misinya sekaligus merekam kondisi mereka).

Sejauh ini, pesan tersembunyi di anime-nya mempertanyakan misi YorHa untuk menjaga umat manusia. Karena, sepanjang pengetahuan mereka, manusia pencipta mereka sudah hidup jauh di Bulan, dan mereka sebagai android dan Pod harus menyelesaikan masalah di Bumi.

Walau masih terlalu dini untuk menyimpulkan isi pesan tersembunyi tersebut, pastinya Yoko Taro tak akan melewatkan kesempatan untuk menghubungkan pesan tersebut ke tema keseluruhan anime ini pada akhirnya.

Tentunya, pada akhirya pesan rahasia ini harus mendukung pesan utama anime-nya, yaitu apa artinya hidup sebagai manusia. Bahwasanya “kemanusiaan” buka sesuatu yang eksklusif dimiliki manusia, tetapi makhluk buatan seperti android dan mesin juga bisa memiliki kemanusiaan.

Seiring anime berlanjut, pesan-pesan rahasia ini juga akan terus bertambah. Kita lihat saja kesimpulan pesan-pesan ini nantinya. Bisa jadi akan ada korelasi dengan visual opening-nya yang menunjukkan gedung-gedung dan lokasi di dunia nyata seperti gedung pemerintahan Tokyo di Shinjuku.

Yoko Taro benar-benar ingin menekankan tema post apocalypse, bahwasanya dunia Nier Automata adalah masa depan dunia tempat kita tinggal sekarang.

%d blogger menyukai ini: