Rekomendasi 7 Manga Sepak Bola Terbaik, Bisa Untuk Menemani Piala Duniamu!

rekomendasi manga sepakbola terbaik

Tak terasa salah satu event sepak bola terbesar di dunia yang digelar setiap 4 tahun sekali, Piala Dunia, akan memulai kick-off pertamanya pada tanggal 21 November ini.

Untuk menambah meriah experience piala duniamu, berikut kami berikan beberapa rekomendasi manga sepak bola terbaik. Siapa tahu bisa menjadi penghibur lara seandainya tim favoritmu kalah, ya kan?

Rekomendasi Manga Sepak Bola Terbaik

1. Fantasista (1999-2004)

Fantasista vol. 23

Kita mulai daftar ini dengan manga sepak bola favorit penulis. Manga Fantasista karya Michiteru Kusaba ini pantas berada di posisi top rekomendasi manga sepak bola terbaik.

Menceritakan tentang Sakamoto Teppei, seorang pemuda berbakat yang harus melalui berbagai rintangan untuk bisa memainkan gaya sepak bola yang dia inginkan.

Teppei tak hanya harus menghadapi variasi lawan dari berbagai negara dan golongan, tetapi Teppei juga harus menyesuaikan diri dengan gaya bermain timnya. Karena sepak bola, seperti yang kita tahu, adalah olahraga tim.

Manga yang terbit sepanjang 25 volume ini juga membahas berbagai tema dewasa yang terkadang luput dari storytelling genre sport manga. Bagaimana menyesuaikan diri di negara asing, bagaimana menghadapi rekan setim yang individualistis, sampai menghadapi performa yang turun ketika sudah menjadi pro.

Untuk bisa menang, terkadang Teppei tak hanya harus mengandalkan sklill individu dan timnya, tetapi juga mengeskploitasi kelemahan taktik dan mental lawan. Aspek yang sangat penggemar sepak bola gemari.

Meski ceritanya bermula di Jepang, mayoritas cerita Fantasista mengambil setting di Italia, tepatnya di tim muda salah satu klub terbesar Serie-A, AC Milan.

2. Hungry Heart Wild striker

Hungry Heart Wild striker

Striker Manchester City yang sedang naik daun, Erling Haaland, memang tidak ikut serta dalam piala dunia Qatar 2022 kali ini. Tetapi, mungkin aksi tokoh utama Hungry Heart: Wild Striker, Kano Kyosuke, yang kepribadiannya serupa dengan Haaland, bisa menghibur kalian.

BACA JUGA  Yuk Lihat Trailer ‘Pokemon the Movie: The Power of Us’ !

Hungry Heart: Wild Striker adalah manga populer yang terbit dari tahun 2002 sampai 2005, dan pernah diadaptasi menjadi serial TV anime pada tahun 2002 sebanyak 52 episode.

Manga ini menceritakan Kano Kyosuke, murid SMA dari Jyoyo Orange. Kakak Kyosuke adalah seorang bintang sepak bola yang bermain untuk A.C Milan. Kakak Kyosuke memiliki peran sentral dalam kehidupan Kyosuke. Kakak Kyosuke, Seisuke-lah yang mengajarkannya segala hal tentang sepak bola.

Tetapi, Karena beratnya ekspektasi dan orang-orang di sekitarnya yang terus menerus membandingkannya dengan kakaknya, membuat Kyosuke menjauh dari sepak bola. Tetapi, sebuah kejadian di sekolah barunya membuat cintanya pada olahraga tersebut kembali bersemi.

3. Ao Ashi (2015- Ongoing)

Ao Ashi

Ao Ashi adalah serial manga hasil karya Yugo Kobayashi. Manga ini menerima adaptasi anime pada april 2022 ini.

Ao Ashi berfokus pada seorang anak lelaki bernama Ashito Aoi, seorang pemain utama di tim SMP-nya. Suatu hari, karena luapan emosi yang tak terkontrol, Ashito dikeluarkan dari timnya.

Setelah dia dikeluarkan, timnya mengalami kemunduran yang signifikan. Peristiwa ini membuatnya mempertanyakan tentang arti sepak bola baginya. Kehidupan Ashito berubah ketika dia bertemu dengan seorang pelatih yang men-scout dirinya untuk dibawa ke Tokyo.

Manga ini sangat populer, dibuktikan dengan penerbitannya yang sudah mencapai 29 volume dan terus berlanjut hingga saat ini.

4. Area no Kishi (2006-2017)

Area No Kishi

Area No Kishi, atau The The Knight in the Area, adalah manga karangan HIroaki Igano yang terbit dari tahun 2006 sampai 2017. Manga ini juga mendapatkan adaptasi anime pada tahun 2012.

Manga ini menceritakan tentang perjuangan Kakeru Aizawa untuk bisa menjadi striker terbaik. Kakeru bersama Kakaknya, Suguru, sama-sama memiliki passion yang luar biasa untuk sepak bola.

Tetapi, ketika Suguru bisa dengan cepat merangkak menjadi bintang utama di tim nasional muda Jepang, Kakeru terpaku di bagian manajerial tim. Hal itu dikarenakan peristiwa traumatik dimana Kakeru tak sengaja mencederai rekan setimnya.

Tetapi, untaian benang takdir berkata lain. Kakeru harus menghadapi peran yang harus dia ambil dan memenuhi impian Kakaknya untuk bisa masuk ke Piala Dunia. Kakeru tidak sendirian dalam mengejar posisi puncak.

BACA JUGA  Rekomendasi 9 Anime Tentang Mafia Terbaik. Seru dan Penuh Aksi~

Teman masa kecil Kakeru, Nana, adalah sosok lain yang berhasil mendorong kecintaan Kakeru pada sepak bola. Nana adaah pemain sepak bola wanita level tinggi, yang sudah menjadi bagian utama tim sepakboa wanita Jepang, Nadeshiko.

Berbagai lika-liku kehidupan sebagai pemain muda serta bagaimana Kakeru menghadapi beratnya ekspektasi sebagai adik seorang pemain berbakat membuat manga ini pantas masuk ke list rekomendasi manga sepak bola terbaik ini.

5. Blue Lock (2018-Ongoing)

Blue Lock

Blue Lock adalah manga sepak bola yang unik, dimana manga ini memadukan unsur sport dengan thriller dan psikologi. Manga yang dikarang oleh Muneyuki Kaneshiro ini juga diadaptasi menjadi anime pada akhir tahun 2022 ini.

Setelah mengalami kegagalan tragis pada Piala Dunia 2018, asosiasi sepak bola Jepang memutuskan membuat suatu perbaikan besar-besaran. Untuk itu, mereka merekrut seorang pelatih meritokratis dan manipulatif dalam diri Jinpachi Ego.

Metode Ego dalam memperbaiki Jepang bisa dibilang gila. Ego berniat membentuk striker terbaik di Jepang. Striker yang dimaksud adalah yang bisa mencetak banyak gol, dan memiliki ambisi dan ego yang melebihi apapun.

Proses seleksi ini mengumpulkan berbagai striker muda di Jepang, untuk diadu dalam sebuah fasilitas tertutup bernama Blue Lock. Siapa yang menang, maka akan semakin dekat dengan impiannya, dan yang kalah, maka pintunya sebagai striker akan tertutup.

Tokoh utama, Yoichi Isagi, adalah salah satu peserta kompetisi itu. Saat kompetisi sekolahnya, Yoichi memberikan rekan setimnya kesempatan untuk mencetak gol ketimbang memilih untuk melakukannya sendiri.

Kekalahan yang diderita timnya saat itu begitu membekas di kepala Yoichi beserta sebuah pertanyaan yang terngiang di kepalanya.

Apa artinya menjadi seorang striker sejati?

6. Giant Killing (2007-Ongoing)

Giant Killing

Giant Killing bercerita tentang klub sepak bola Jepang, East Tokyo United. Klub itu sudah lama tidak mendapatkan hasil maksimal di liga. Setelah berkali-kali menghindari degradasi, akhirnya pimpinan klub memutuskan untuk bereksperimen dengan membawa pelatih baru.

Pelatih baru mereka, Takeshi Tatsumi, adalah mantan pemain yang sukses membawa sebuah tim amatir di Inggris maju jauh di FA Cup.

BACA JUGA  5 Komik Bertema Gangster Terbaik

Takeshi harus menghadapi berbagai rintangan untuk bisa mengembalikan East Tokyo ke jalur kemenangan, termasuk membuat berbagai keputusan sulit sebagai pelatih. Berbagai keputusannya seperti mencadangkan pemain favorit fan, tentu membuatnya sampai dibenci oleh tifosi klub.

Giant Killing mengeksplor aspek lain dalam genre manga sepak bola, lebih detail ke sisi manajerialnya. Hal ini tentu saja menegaskan manga populer yang masih berlanjut ini ke dalam list rekomendasi manga sepak bola terbaik.

7. Captain Tsubasa (1981-2019)

Tsubasa Oozora dari Captain Tsubasa

Tak lengkap rasanya menyusun list manga sepak bola terbaik tanpa menyertakan pelopor dari genre ini, Captain Tsubasa.

Captain Tsubasa bisa dikatakan sebagai manga sepak bola paling termasyhur. Dikarang oleh Yoichi Takahashi, Tsubasa sudah memulai petualangannya sejak 1981 dan sudah memunculkan berbagai spin off yang terakhir terbit tahun 2019 silam.

Manga ini menceritakan tentang Tsubasa Oozora, seorang anak laki-laki yang memiliki mimpi untuk memenangi piala dunia bersama Jepang.

Perjuangan Tsubasa dari kecil di Jepang hingga profesional di luar negeri terbukti mampu memikat banyak orang. Saat ini, manga Captain Tsubasa sudah dicetak lebih dari 80 juta eksemplar di seluruh dunia.

Your Thoughts?

Bagaimana Menurut Kalian? Apakah list manga sepak bola terbaik dari kami ini kira-kira bisa menemani tim jagoanmu berlaga di piala dunia kali ini? Apa manga favorit kalian? Jangan lupa komentar di bawah, ya!

Selamat menikmati piala dunia 2022 Qatar ini!

%d blogger menyukai ini: