Ini 8 Manga Terbaik Karya Hayao Miyazaki. Nggak Cuma Bikin Film Doang

Rabu, 6 Januari menjadi hari yang spesial bagi Hayao Miyazaki dan para penggemarnya. Pada tanggal tersebut, sang maestro yang dikenal karena film-film animasinya berulang tahun (saat artikel ini ditulis yang ke-80). Untuk menghormati sensei Miyazaki, Popculture.id akan membahas beberapa manga terbaik yang pernah dibuat Hayao Miyazaki.

Buat kamu yang memang belum tahu karya lain Hayao Miyazaki di luar film-filmnya, kali ini kami telah merangkum secara khusus daftar 8 manga terbaik karya maestro Hayao Miyazaki. Daripada berlama-lama lagi, yuk langsung simak saja selengkapnya di bawah ini!

Kaze No Tani No Nausicaa

Bisa dikatakan Nausicaa adalah karya manga terbaik dari sang maestro. Manga ini pernah diadaptasi menjadi film Studio Ghibli pada tahun 1984. Jika dibandingkan tentu manga ini jauh lebih unggul dari filmnya karena cerita petualangan Nausicaa sang putri dari lembah angin jauh lebih detail. Buat kamu yang belum tahu, manga ini bercerita soal senjata kuno dan kehidupan manusia di tengah dominasi serangga raksasa.

Tenkuu no Shiro Laputa

Sama seperti Nausicaa, manga ini juga pernah diadaptasi menjadi film Studio Ghibli dengan judul Castle In The Sky. Bergenre drama fantasi, manga ini hanya dirilis dua volume saja dan menceritakan soal kerajaan di angkasa. Banyak orang yang bersepakat kalau Tenkuu no Shiro Laputa termasuk salah satu masterpiece Hayao Miyazaki.

Shuna No Tabi

Shuna No Tabi bercerita tentang perjalanan seorang pangeran yang berasal dari desa yang miskin. Nggak tega melihat warga desa mati kelaparan, sang pangeran pergi dari desa tersebut untuk mencari benih gandum. Perjalanan semakin menarik saat ia bertemu deggan seorang gadis budak dan beragam kejadian aneh sepanjang perjalanan.

Sabaku No Tami

Sabaku No Tami adalah kisah peperangan tradisional yang berlatar di Asia Tengah. Karena itu, kebanyakan adegan-adegan dalam manga ini berlatar di gurun pasir. Cerita manga ini berawal dari seorang gembala yang mencoba menghentikan perang antar suku yang menjatuhkan banyak korban.

Hansu No Kikan

Hansu No Kikan adalah manga yang bercerita tentang perang. Tema ini nggak mengherankan dipilih oleh Hayao Miyazaki mengingat ia memang menggemari kisah-kisah peperangan. Manga ini lebih spesifik menceritakan seorang mekanik yang bertugas memperbaiki tank baja milik tentara Jerman semasa perang dunia kedua.

Westall Gensou: Tynemouth he no Tabi

Manga ini dibuat saat Hayao Miyazaki saat bepergian dan tinggal di salah satu kota kecil di pesisir inggris bernama Tynemouth. Lewat perjalanan tersebut Hayao membuat manga ini. Berbeda dengan cerita-cerita lain yang pernah ia buat, cerita dalam manga ini cukup kelam dimana menampilkan dampak dan korban peperangan serta penggambaran pesawat-pesawat angker yang hancur.

Imouto He

Secara teknis Imouto He bukan termasuk manga tapi karya puisi bergambar yang dibuat oleh Miyazaki. Ceritanya ini terinspirasi dari Heidi, The Girl of The Alps. Sama seperti inspirasinya, Imouto He bercerita tentang seorang anak laki-laki dan adiknya yang lumpuh. Ia kemudian bercita-cita membuat pesawat terbang agar bisa mengelilingi dunia bersama sang adik

Chuunen wa Kouya wo Mezasu zo

Chuunen wa Kouya adalah manga bergenre komedi yang dikerjakan oleh Hayao Miyazaki. Manga ini secara khusus bercerita tentang bagaimana pengalamannya mengendarai mobil roda tiga mengitari seluruh Inggris. Manga ini sangat langka dan membuatnya sangat berharga jika ditemukan.

Nah itu dia 8 manga terbaik yang pernah dibuat oleh Hayao Miyazaki. Gimana menurut kalian Popins? Nggak kalah keren kan?~

More Stories
Serial The Falcon and the Winter Soldier Tampilkan Black Captain America
%d bloggers like this: