Mobile Game Gacha Blue Archive Mendapatkan Adaptasi TV Anime

Setelah Arknights pada musim Fall 2022 lalu, kali ini giliran game mobile gacha lainnya yang mendapat adaptasi TV anime. Kali ini Blue Archive mengumumkan adaptasi animenya lewat anniversary special program tahun kedua yang tayang hari minggu.

Sebuah teaser visual juga ditampilkan untuk memperingati pengumuman adaptasi anime, memperlihatkan karakter Arona di game Blue Archive. Sampai berita ini ditulis, situs resmi anime-nya belum dirilis, dan diestimasi akan segera dirilis beserta deretan staff serta tanggal penayangan.

poster anime blue archive
Visual Teaser Adaptasi Anime Blue Archve Menampilkan Arona

Bersamaan dengan pengumuman adaptasi anime, Blue Archive juga merilis video promo pada anniversary tahun kedua, menunjukkan jalan cerita game ke depannya.

PV 2nd Anniversary Blue Archive

Blue Archive sendiri tak asing dengan dunia anime. Desain para karakter dan penyampaian storytelling cerita game-nya sangat sarat dengan elemen serial anime Jepang. Blue Archive juga memiliki beberapa promo video dengan style anime, termasuk beberapa episode pendek yang diproduksi oleh studio Yostar Pictures.

Harap diketahui juga kalau Yostar Pictures juga memproduksi berbagai animasi berdasarkan game milik Yostar, termasuk di dalamnya Azur Lane dan Arknights. 8 Episode Anime Arknights: Prelude to Dawn yang tayang musim Fall 2022 lalu juga bisa dibilang sukses.

Yostar Pictures juga sudah menyiapkan sekuel anime Arknights yang akan mengadaptasi chapter 4 dari cerita game Arknights akan segera diproduksi dengan judul Perish in Frost.

Video promosi dari anniversary kedua Blue Archive menunjukkan beberapa tease tambahan cerita game dari cerita ke depannya. Dari video tersebut, para fan bisa menyaksikan promo dalam bentuk anime untuk empat campaign story di dalam game-nya.

Dalam setiap campaign, player akan fokus pada satu atau lebih kelompok siswi yang tinggal di kota akademi Kivotos yang terhubung dengan akademi lainnya di kota dan Schale, organisasi milik “Sensei” atau player.

Berbagai perkembangan cerita di jalur plot tertentu ditunjukkan oleh berbagai cuplikan art yang ditampilkan di dalam video.

Scene lainnya di video menunjukkan beberapa kelompok siswi berkumpul bersama dan bekerja sama dengan pemimpin Kivotos, General Student Council. Tentu saja, berbagai scene juga menunjukkan petunjuk sekaligus konteks tentang misteri yang menghantui player sejak pertama kali memainkan game.

BACA JUGA  Tokyo Revengers Season 2: Tanggal Rilis, dan Cerita

Misteri tersebut adalah tentang Kepala OSIS dari General Student Council yang menghilang sesaat sebelum player atau Sensei datang ke Kivotos. Sampai saat ini, karakter tersebut masih belum diketahui keberadaannya, dan hanya ditetapkan sebagai “missing”.

Berikut Twitter dari developer resmi game Blue Archive mengenai pengumuman adaptasi anime dari game-nya.

Twit dari Developer Blue Archive Jepang

Blue Archive bisa dimainkan lewat Android dan iOS device. Di luar Jepang, versi global dari Blue Archive akan merayakan ulang tahun ke 1.5 tahunnya pada pertengahan Februari 2023. Belum ada tanggal pasti rilisnya penayangan adaptasi animenya, seperti yang sudah dituliskan di atas.

Untuk tipe anime yang akan tayang, fan hanya bisa berspekulasi. Beberapa adaptasi anime dari mobile game gacha seperti Fate/ Grand Order, Arknights, dan Azur Lane masing-masing memiliki ciri khas tersendiri.

Fate/Grand Order dengan basis fanbase dan cerita yang kaya bisa dengan bebas mengadaptasi beberapa chapter cerita game-nya secara terpisah dan tidak sesuai kronologi. Sedangkan Arknights menampilkan cerita game-nya dengan detail, bahkan lengkap dengan animasi dan sinematografi yang top.

Akan tetapi, patut diingat juga salah satu faktor yang membuat game-game tersebut populer adalah interaksi para karakter yang didapatkan player lewat sistem gacha dengan player itu sendiri. Player bisa mempelajari berbagai kepribadian dan sisi lain karakter, yang memperkaya pengalaman dan experience game itu sendiri.

Tentunya adaptasi anime yang terbatas waktu tayangnya membuat porsi slice of life tersebut dipangkas, dan hanya menghasilkan cerita linear yang sesuai dengan skenario game.

Bisa jadi anime Blue Archive nantinya akan memilih jalur lain, terlebih dengan cerita awal game yang tergolong ringan. Tetapi, kemungkinan besar Yostar akan memilih jalur yang sama dengan pendahulunya seperti Arknights dan Azur Lane.

Blue Arcive adalah role-playing mobile gacha game yang diproduksi dan dikembangkan oleh studio game asal negeri ginseng Korea Selatan Nexon, bersama dengan subsidiary Nexon Games (Sebelumnya bernama NAT Games) dan Yostar Japan.

BACA JUGA  Apa yang Terjadi Jika ‘Yu Yu Hakusho’ Ada Dalam Dunia Game?

Game ini awalnya dirilis pada 4 Februari 2021 di Jepang, dan Nexon merilis versi globalnya pada 8 November 2021. Seperti kebanyakan game gacha, Blue Archive adalah game free to play dengan pembelian di dalam aplikasi yang opsional.

Cerita game Blue Archive ber-setting di kota akademi Kivotos, yang terbentuk dari persatuan ribuan akademi. Para player game mengambil peran sebagai seorang guru yang disebut “Sensei” yang memiliki tugas memandu beberapa kelompok siswi lewat organisasi klub investigasi umum, atau biasa disebut Schale.

Sebagai klub terbaru, Schale biasa menerima permintaan bantuan dari General Student Council untuk menyelesaikan berbagai masalah di Kivotos, demi menjaga kota Kivotos itu sendiri dari berbagai ancaman.

%d blogger menyukai ini: