7 Rekomendasi Anime BL Terbaik 2022, Wajib Nonton Bareng-Bareng Sama Bestie!

rekomendasi anime bl terbaik
Sumber: CBR

Ada banyak rekomendasi anime BL terbaik 2022 yang nggak boleh kamu lewatkan. Kamu bisa baca ulasan ini dan dapatkan rekomendasinya.

Anime adalah konten yang terdiri dari berbagai genre. Selain itu, setiap genre biasanya masih bisa dipecah lagi ke dalam beberapa sub-genre.

Dari semua genre anime yang ada, anime yang menceritakan hubungan sesama jenis seperti Girls Love/GL dan Boys Love/BL ternyata punya basis penggemar yang sangat besar.

Seperti yang kita tahu, genre-genre seperti GL dan BL mungkin masih dianggap tabu. Makanya rekomendasi anime GL dan BL masih jarang banget ada yang bahas.

Tapi kali ini saya bakal memberikan rekomendasi khusus buatmu pecinta anime BL. Oke nggak pakai lama, ini dia beberapa rekomendasi anime BL terbaik 2022.

Rekomendasi Anime BL Terbaik 2022 yang Wajib Ditonton

1. Banana Fish

Banana Fish adalah salah satu anime BL yang paling terkenal sampai sekarang. Anime ini diadaptasi dari manga tahun 80-an karya Akimi Yoshida.

rekomendasi anime bl terbaik
Sumber: CBR

Ceritanya sendiri berpusat pada Ash Lynx, seorang pemimpin geng muda di New York City. Ia sedang mencari jawaban tentang obat misterius yang menyebabkan pembunuhan saudaranya.

Di tengah perjalanannya menguak misteri, ia bertemu ddengan Eiji Nakamura. Dia adalah seorang mahasiswa Jepang sekaligus asisten jurnalis.

Anime ini bakal menampilka dua karakter utama yang saling mencintai dan mendukung satu sama lain. Selain poin menariknya, anime ini bakal menampilkan berbagai adegan aksi keren yang dibalut dengan bromance.

2. Given

Given adalah anime rilisan tahun 2019. Given menjadi anime BL pertama yang tayang pada slot primetime di TV Jepang. Di luar itu, anime ini juga menyajikan alur cerita yang sangat memukau. Anime ini menceritakan tentang kisah realistis tentang mengatasi trauma dan kesedihan.

rekomendasi anime bl terbaik
Sumber: Anime News Network

Anime ini menceritakan tentang siswa sekolah menengah bernama Mafuyu Sato. Ia didekati teman sekelasnya, Ritsuka Uenoyama yang membantunya menyeter dan memainkan gitarnya.

BACA JUGA  Cafe Baru buat Pecinta Hunter x Hunter

Sebenarnya gitar itu adalah milik cinta pertama Mafuyu yang bunuh diri. Saat Ritsuka mendengarnya bernyanyi, ia memintanya untuk bergabung dengan band-nya. Lewat musik, para pemuda yang frustasi dan tersesat ini secara bertahap menemukan harapan hidupnya lagi.

3. Yuri!!! On Ice

Yuri!!! On Ice masih menjadi anime olahraga dan romansa BL yang disukai banyak orang. Menariknya di balik kesuksesan anime ini, siapa sangka kalau anime ini justru disutradarai oleh seorang wanita bernama Sayo Yamamoto.

rekomendasi anime bl terbaik
Sumber: CBR

Yuri!!! On Ice sendiri menceritakan tentang romansa sentral antara para pemeran utama pria. Tapi di dalamnya juga sangat kental dengan olahraga skating profesional yang memukau.

4. Stranger By The Shore

Stranger By The Shore menceritakan tentang Shun Hashimoto. Dia berharap untuk menjadi seorang penulis, tetapi keadaan menjadi sulit setelah orang tuanya meninggalkanya.

rekomendasi anime bl terbaik
Sumber: My Anime List

Di tengah keterpurukan itu, Shun bertemu dengan Mio Chibana. Dia adalah seorang siswa sekolah menengah yatim piatu. Mereka secara nggak sengaja bertemu di tepi laut Okinawa, dan dari sanalah hubungan mereka jadi semakin dekat.

Tapi saat musim panas berakhir, Mio pergi dan Shun kembali sendiri. Saat ia kembali ke Okinawa, semuanya sudah berbeda. Namun masih tetap ada peluang hubungan mereka berdua kembali hangat.

5. Dakaichi

Dakaichi adalah anime BL yang menampilkan dua aktor tampan. Walau cuma punya 13 episode, tapi alur cerita yang disajikan anime ini sudah cukup bikin penonton terhibur.

rekomendasi anime bl terbaik
Sumber: My Anime List

“Pria Terseksi Tahun Ini” Takajo Saijo harus berbagi sorotan dengan Junya Azumaya yang sedang naik daun. Keadaan menjadi lebih buruk baginya setelah Junya berhasis mendapatkan beberapa bukti untuk mengakhiri karier Saijo.

Dinamika mereka menyenangkan untuk ditonton, bahkan saat mereka bertengkar atau mencoba untuk saling melengkapi. Cerita secara bertahap juga mulai mendorong hubungan mereka ke arah yang lebih sensual, hal yang tentu sangat diharapkan penggemar anime dewasa.

6. Classmate

Classmate sebenarnya tidak memiliki alur cerita yang unik, tapi justru itulah intinya. Anime ini tidak menampilkan rival persaingan cinta yang romantis atau drama over-the-top. Elemennya biasanya saja lah pokoknya.

Sumber: CBR

Ceritanya sendiri tentang seorang siswa kehormatan yang pendiam dan tertutup, Rihito Sajou. Ia bertemu Hikaru Kusakabe, seorang siswa drop-out yang sedang berjuang kembali dengan studinya.

BACA JUGA  Webtoon yang Dijadikan Anime Karena Popularitasnya yang Gak Main-Main!

Keduanya bertemu di kelas paduan suara. Hikaru memutuskan untuk membantu Rihito untuk mendapat nilai paduan suara bagus. Sejak saat itu, dimulailah hubungan percintaan mereka berdua yang penuh warna.

7. Grandmaster of Demonic Cultivation

Grandmaster of Demonic Cultivation adalah anime rilisan tahun 2016. Anime ini sangat populer juga dengan nama Mo Dao Zu Shi.

Sumber: BiliBili

Ceritanya sendiri tentang masa lalu Wei Wuxian, seorang kultivator kuat. Desas-desus soal kehebatannya sudah menyebar luar ke seluruh negeri, dan bahkan kematiannya pun nggak kalah booming.

Sekarang ia tidak bisa mendapatkan kematian yang damai. Sebab ia telah bereinkarnasi ke dalam tubuh yang baru. Ia kemudian bertemu lagi dengan seorang kenalan baru, Lan Wangji. Mereka berdua lalu bekerja sama untuk mempelajari lebih lanjut soal rahasia terdalam para kultivator.

What’s Next?

Oke guys, itu dia beberapa rekomendasi anime BL terbaik 2022 yang bisa kamu pertimbangkan. Sebenarnya kamu bebas mau nonton yang mana dulu, atau kamu bisa pilih salah satu sesuai genre yang disuka.

Kalau kamu suka anime BL genre romantis, kamu bisa nonton Banana Fish. Tapi kalau kamu lebih suka yang genrenya yaoi, mungkin kamu bisa coba nonton Dakaichi. Atau, mungkin kamu mau nonton semuanya? Silakan, bebas.. Hihihi!

Oya, buat kamu yang juga suka manhua BL, saya juga punya rekomendasi bagus lho. Kamu bisa baca artikel “5 Rekomendasi Manhua Boys Love (BL) Bergenre Wuxia Terbaik.


Kalau kamu ingin memberikan pertanyaan atau masukkan, silakan tulis di kolom komentar ya~

%d blogger menyukai ini: