Banner Vivobook Go 14
Banner Vivobook Go 14
Banner Vivobook Go 14

Rekomendasi 10 Anime Adventure Terbaik, Menjelajahi Berbagai Dunia Fantasy

Apa yang muncul di kepalamu ketika mendengar “anime adventure“? Kata yang mengandung berbagai makna bukan?

Bisa saja kamu terpikirkan sekumpulan tokoh utama yang bertualang menjelajahi padang pasir, atau hutan, atau malah menyelam menjelajahi kota bawah air, semuanya bisa saja terjadi.

Ditambah lagi, karena anime adalah medium yang memiliki batasan imajinasi tak terbatas, jelas kamu bisa membayangkan betapa luasnya dunia dan petualangan yang disediakan anime adventure. Tetapi, kalau kamu ingin memulai menonton genre ini, dari mana kamu akan memulainya?

Di bawah ini adalah rekomendasi 10 anime adventure terbaik dari kami. Siapa tahu jiwa petualangmu bisa membara setelah menonton anime-anime ini.

Rekomendasi Anime Adventure Terbaik

1. Hunter x Hunter (2011)

Hunter x Hunter 2011

Anime yang diadaptasi dari manga karya Yoshihiro Togashi yang diterbitkan sejak tahun 1996 di Weekly Shonen Jump ini bisa disebut sebagai template dasar untuk cerita petualangan. Semua elemen untuk petualangan dan hero’s Journey dapat dilihat di arc pertama Hunter x Hunter.

Premis awal Hunter x Hunter adalah seorang anak lelaki bernama Gon yang memulai perjalanannya untuk mencari ayahnya dan mengetahui pekerjaan ayahnya yang membuatnya rela mengesampingkan keluarganya.

Seperti halnya petualangan, banyak rintangan dan terjangan yang harus dilalui Gon. Dia juga harus bertemu dengan berbagai orang, lingkungan baru, dunia baru, lengkap dengan berbagai bahaya yang membayanginya.

Ceritanya agak memasuki atmosfer yang gelap dan kelam saat masuk ke Chimera Ant arc. Tetapi, meski atmosfernya berubah, aroma petualangan tetap bisa terasa di setiap momen Hunter x Hunter.

Para penggemar shonen dan anime adventure di seluruh dunia sudah lama menantikan kelanjutan cerita ini, yang akan segera masuk ke Dark Continent saga.

JudulHunter x Hunter
StudioMadhouse
Jumlah Episode148
Rating Myanimelist9.04

2. Magi: The Labyrinth of Magic

Magi: The Labyrinth of Magic

Salah satu elemen adventure atau cerita petualangan di berbagai medium adalah cerita perkembangan seseorang dari miskin menjadi kaya, atau dari lemah menjadi kuat.

Di Magi: The Labyrinth of Magic, anime yang diadaptasi dari manga karya Shinobu Ohtaka ini mengambil setting dunia fantasi yang terinspirasi dari kisah 1001 malam.

Di dunia Magi ini, ada dungeon, tempat yang terdapat berbagai jebakan dan ujian. Apabila seseorang berhasil menyelesaikan ujian di dungeon ini, maka penakluk dungeon akan mendapat harta karun dan kekuatan dari Djinn penguasa dungeon.

BACA JUGA  β€˜One-Punch Man’ Kembali Beraksi!

Para penakluk dungeon juga mendapat hak sebagai King candidate, para calon raja dunia.

Cerita Magi dimulai ketika tokoh utama kita, Alibaba, berhasil menaklukkan salah satu dungeon tersebut bersama bantuan temannya, Aladdin β€” seorang penyihir kecil β€” dan Morgiana β€” seorang gadis mantan budak.

Saksikan Alibaba dan kawan-kawan menjelajahi dunia untuk mencari tahu misteri di balik kekuatan yang mereka dapat, juga kebenaran yang tersimpan di dunia mereka.

Magi sangat cocok bagi yang menyenangi anime fantasy yang bagus, penuh action dan magic.

JudulMagi : The Labyrinth of Magic, Magi : The Kingdom of Magic
StudioA-1 Pictures
Jumlah Episode50
Rating Myanimelist8.2

3. Magi: Adventure of Sinbad

Magi: Adventure of Sinbad

Di sebuah desa yang terpencil, terbelakang, dan miskin bernama desa Tison dari Kekaisaran Parthevia, seorang anak lelaki bernama Sinbad terlahir dari seorang mantan tentara bernama Badr dan istri baik hatinya bernama Esra.

Kelahiran Sinbad memunculkan goncangan ke keseluruhan rukh, sebuah deklarasi kemunculan singularity tentang seseorang yang akan berdiri di puncak dunia sihir: Anak yang ditakdirkan. Meski negaranya tengah diliputi masalah ekonomi dan perang yang tak kunjung usai, Sinbad menjalani masa kecil yang ceria, sebelum tragredi menimpanya.

Bertahun-tahun kemudian, Sinbad memulai perjalanannya untuk menjelajahi dunia. Tujuannya hanya satu, yakni menaklukkan dungeon untuk meraih kekuatan raja.

Magi: Adventure of Sinbad adalah prekuel dari Magi: Labyrinth of Magic yang menceritakan masa lalu karakter Sinbad sebelum menjadi raja yang disegani dan ditakuti dunia nantinya.

Berbagai elemen gelap dan kelam membuat sesi cerita tentang Sinbad ini pantas disebut sebagai salah satu anime dark fantasy terbaik.

JudulMagi: Adventure of Sinbad
StudioA-1 Pictures
Jumlah Episode13
Rating Myanimelist7.8

4. Golden Kamuy

Golden Kamuy

Cerita tentang harta karun tersembunyi memang selalu menarik bagi siapa saja.

Tetapi, sebagai anime bernuansa sejarah, Golden Kamuy menampilkan twist yang berbeda. Peta harta karun untuk lokasi emas yang jumlahnya tak terkira di Hokkaido Jepang awal abad ke-20 ini bukan main-main.

Para terdakwa hukuman mati ditato oleh penyembunyi harta karun ini, seorang anggota suku Ainu, dan para terdakwa itu disebar ke luar penjara.

Seorang mantan veteran perang Russia-Jepang, Sugimoto, tanpa sengaja menemui salah satu terdakwa pemilik tato tersebut. Sugimoto yang mengetahui rahasia harta besar itu, tertarik untuk menemukannya.

Sugimoto tidaklah sendirian. Dia ditemani oleh Asirpa, seorang gadis muda dari suku Ainu yang sangat terampil dalam hidup di alam bebas.

BACA JUGA  Rekomendasi Drakor Tentang Fashion, Skin Care dan Makeup

Keduanya bergabung, membuat hubungan partnership dengan tujuan menemukan harta karun yang Asirpa yakini dimiliki oleh suku Ainu, juga untuk mengetahui misteri di balik orang yang menyembunyikan harta tersebut.

Tentunya tidak hanya Sugimoto dan Asirpa yang mengincar harta tersebut, dan mereka harus melawan berbagai faksi, berbagai orang, hingga terlibat dalam pemberontakan negara lain.

JudulGolden Kamuy
StudioStudio Geno
Jumlah Episode37(Ongoing)
Rating Myanimelist8.4

5. Spice and Wolf

Spice and Wolf

Anime ini pantas disebut sebagai salah satu anime fantasy romance terbaik.

Sebuah kisah road-trip klasik yang hadir dari medium anime. Ber-setting di dunia fantasi yang mirip dengan eropa era pertengahan, dengan segala mitologi dan mistis yang berbeda.

Tokoh utama kita adalah Holo dan Lawrence. Holo adalah seorang serigala mistis yang dipuja sebagai dewi pertanian di sebuah desa.

Bertahun-tahun waktu berlalu sebelum penduduk desa tersebut melupakan tradisi untuk menyembah Holo, yang kemudian membuatnya mengambil wujud gadis manusia muda dan memutuskan untuk pergi dari desa tersebut.

Holo kemudian bertemu dengan Lawrence, seorang pedagang keliling yang ingin membuka tokonya sendiri. Sebuah kombinasi yang aneh, tetapi seperti hidup, terkadang semua bekerja dengan cara yang aneh.

Holo menawarkan Lawrence berbagai kebijaksanaannya sebagai makhluk yang sudah hidup ratusan tahun, sedangkan Lawrence berjanji mengantarkan Holo ke kampung halamannya.

Di tengah perjalanan mereka, berbagai masalah dan kekacauan di berbagai kota terjadi, yang juga ikut merubah hubungan simbiosis mereka.

JudulSpice and Wolf
StudioImagin
Jumlah Episode24
Rating Myanimelist8.3

6. Tengen Toppa Gurren Lagann

Tengen Toppa Gurren Lagann

Di sebuah dunia futuristik dan mengerikan, umat manusia tinggal di bawah tanah sedangkan para makhluk setengah manusia dan setengah hewan buas menguasai permukaan dunia.

Konsep penindasan dan petualangan memberontak menembus penindasan tersebut adalah premis cerita yang banyak ditemukan.

Kamina, seorang pemuda yang tak senang karena manusia banyak merasa puas tinggal di bawah tanah yang sempit dan tertindas, memutuskan untuk keluar untuk bertualang ke permukaan.

Kamina yang mengandalkan karisma dan keberaniannya, tentu tak bisa melakukannya sendirian. Dia dibantu oleh Simon, anak lelaki yang sudah dianggap adiknya sendiri. Simon memiliki kemampuan untuk mengendalikan robot bor kecil yang dia temukan.

Mereka berdua menjelajahi dunia permukaan, bertemu dengan berbagai teman dan memberontak pada pihak yang memaksa manusia tinggal di bawah tanah.

Kisah petualangan absurd yang menantang logika ini cocok untuk kalian yang menikmati petualangan pemacu adrenalin.

JudulTengen Toppa Gurren Lagann
StudioGainax
Jumlah Episode27
Rating Myanimelist8.6

7. Cowboy Bebop

Cowboy Bebop

Masa depan tak selamanya cerah. Di tahun 2071, umat manusia mulai menjelajahi angkasa yang mereka dambakan, tak selamanya terperangkap di planet biru bernama bumi.

BACA JUGA  5 Film Korea Paling Romantis dan Nggak Ngebosenin Meski Dintonton Berulang Kali

Namun, dengan meluasnya wilayah manusia, mempertahankan keamanan dan ketertiban bukan pekerjaan yang mudah. Oleh karena itu, profesi Cowboy kembali dimunculkan.

Berbeda dengan Cowboy di era abad 19 Amerika yang memburu hewan ternak, Cowboy di Cowboy Bebop memburu para penjahat yang dilabeli dengan harga burunan di seluruh penjuru galaksi.

Anime ini menceritakan para kru Bebop : Spike, Jet, Faye, dan Ed, dalam petualangan mereka memburu para buronan demi sesuap nasi. Sekumpulan orang-orang dengan masa lalu yang kompleks ini nantinya juga harus menghadapi hantu masa lalu mereka, yang mereka tinggalkan demi hidup melanglang buana di kapal Bebop.

Anime ini adalah salah satu karya sutradara terkenal Anime, Shinichiro Watanabe, dibantu dengan alunan musik jazz Yoko Kanno. Netflix pernah membuat versi live action-nya, namun kemudian membatalkan serial live action Cowboy Bebop itu..

JudulCowboy Bebop
StudioSunrise
Jumlah Episode26
Rating Myanimelist8.75

8. Samurai Champloo

Samurai Champloo

Masih dalam repertoir karya sutradara Shinichiro Watanabe, kali ini dia menyajikan anime petualangan di era edo jidai Jepang.

Samurai Champloo adalah contoh klasik anime adventure, dan memiliki berbagai elemen yang membuatnya pantas disebut demikian.

Mengisahkan tiga musafir yang berkelana karena berbagai peristiwa penuh kebetulan. Fuu memiliki keinginan untuk bertemu orang tuanya, yang dia sebut samurai dengan aroma harum bunga.

Mugen adalah ronin yang memiliki gaya bertarung bebas, sedangkan Jin adalah ronin yang memiliki gaya bertarung konvensional. Jin dan Mugen bagaikan air dan minyak, dan Fuu yang tak peka dengan bahaya selalu menarik berbagai insiden bagai magnet.

JudulSamurai Champloo
StudioManglobe
Jumlah Episode26
Rating Myanimelist8.5

9. Baccano!

Baccano

Cara terbaik untuk menjelaskan Baccano adalah bagaimana berbagai peristiwa dan cerita dari berbagai tempat dan era bisa bersambung satu sama lain.

Di suatu cerita, kita dibawa ke sebuah kereta di Amerika, The Flying Pussyfoot. Kereta di mana para anggota gang, dan berbagai orang berkekuatan super ikut naik dengan agenda mereka masing-masing.

Siap-siap dengan berbagai tembakan, mayat beterbangan, dan aksi yang melawan logika yang disajikan.

Ketika semua benang di setiap bagian cerita mulai menampakkan isinya, barulah kita melihat puzzle yang sebenarnya. Dipastikan kamu akan puas ketika melihat keseluruhannya.

JudulBaccano
StudioBrain’s Base
Jumlah Episode16
Rating Myanimelist8.4

10. A Place Further Than The Universe

A Place Further Than The Universe

Walaupun judulnya glamor, tetapi jangan mengharapkan anime petualangan di luar angkasa mengeksplor berbagai planet. Cerita ini lebih grounded dan realistis.

Anime ini menceritakan tentang keempat gadis SMA yang memiliki satu ambisi bersama : Pergi ke Antarctica atau kutub selatan.

Mereka berempat memiliki latar belakang dan motif yang berbeda untuk memulai perjalanan mereka. Tetapi, dengan pengalaman mengatasi berbagai masalah bersama, mereka siap untuk menghadapi wilayah permukaan yang paling tak terjangkau di dunia ini.

Sebuah perjalanan yang akan merubah hidup mereka selamanya.

JudulA Place Further Than The Universe
StudioMadhouse
Jumlah Episode13
Rating Myanimelist8.5

Mana Anime Adventure Favoritmu?

Demikian daftar rekomendasi 10 anime adventure terbaik dari kami. Mana yang kira-kira menjadi favoritmu? Mungkin kamu punya favorit lain? Silakan beritahu di kolom komentar.

%d