Rekor The Queens Gambit dan Pengaruhnya Pada Dunia Catur

Netflix membuat hit besar lewat rekor serial The Queens Gambit yang diperankan oleh Anya Taylor-Joy. Serial yang menceritakan soal permainan catur tersebut memang berhasil menarik perhatian segenap penggemar film dan serial di seluruh dunia.

Rekor baru yang dicetak serial The Queens Gambit untuk Netflix berupa jumlah penayangannya. Serial ini secara resmi menjadi mini seri paling banyak ditonton di Netflix. Dengan 62 juta akun menjadi penonton selama empat minggu pertama penayangannya.

Sebenarnya hal ini nggak mengherankan. Musabab The Queen’s Gambit sempat membuat heboh sosial media di seluruh dunia karena menjadi hidangan utama Netflix tahun ini. Seperti kita bisa lihat, Netflix secara besar-besaran mempromosikan series ini.

Netflix lewat akun Twitter-nya mengumumkan pemecahan rekor ini. Meskipun dengan catatan bahwa Netflix menghitung jumlah penonton dengan cara tersendiri: Angka dihitung kalau ada orang yang nonton serial ini minimal dua menit. Ya sedikit lebih banyak dari trailer yang diperlihatkan menu utama dimana serial ini mendapat promosi gencar oleh Netflix.

Terlepas dari itu, The Queen’s Gambit memang membuat gebrakan baru dengan mendapat banyak pujian secara universal baik dari kritikus maupun penonton awal. Mini seri yang dibintangi Anya Taylor-Joy ini berhasil memperlihatkan keajaiban catur tahun 60-an yang dikombinasikan dengan tema kecanduan dan self harm.

Selain di sisi internal, Netflix juga memberi pengaruh pada penjualan novel Walter Tevis yang diterbitkan tahun 1983. Novel yang menjadi inspirasi utama serial ini kembali masuk pada daftar buku terlaris New York Times. Di sisi lainnya, serial ini mempengaruhi banyak orang untuk memulai hobi baru dan menaruh minat pada catur untuk pertama kali setelah beberapa tahun.

Di Amerika Serikat, The Queen’s Gambit masuk pada serial dengan rekor 10 teratas streaming versi Nielsen dengan total 551 juta menit ditonton selama 3 hari peluncurannya. Itu belum termasuk rekor terbaru yang mana menempatkan serial ini di posisi top 10 di 92 negara.

Showrunner dan sutradara The Queen’s Gambit merasa senang sekaligus bingung atas tanggapan banyak orang pada serial yang ia kerjakan. Ia juga bersyukur bahwa banyak orang terhibur dan menjanjikan hal yang jauh lebih besar di serial selanjutnya yang ia kerjakan.

Kebanggaan yang dirasakan sang sutradara wajar terjadi. Sebab The Queen’s Gambit memecahkan rekor yang nggak biasa. Biasanya serial dokumenter atau acara bergenre criminal yang selalu menjadi hit besar. Namun The Queen;s Gambit meninggalkan semua pesaingnya. Hanya Tiger King yang mempertahankan rekornya dengan 64 juta penayangan dalam 28 hari.

Menurut salah satu eksekutif Netflix, salah satu kesuksesan The Queens Gambit terletak pada pemilihan tema yang universal dengan eksekusi yang mengangumkan. Menurutnya Anya Taylor-Joy berhasil memainkan karakter yang luar biasa dan nggak tertandingi.

More Stories
Konsep Art Dibalik Movie Spiderman: Into The Spider-Verse
%d blogger menyukai ini: