5 Rekomendasi Komik Manhua Keren Untuk Dibaca

demon and stranger manhua
Last updated:

Kalau manga adalah istilah untuk komik Jepang dan manhwa itu komik Korea, maka sebutan untuk komik asal Cina adalah manhua. Kali ini, kami memberi rekomendasi beberapa manhua yang asik untuk diikuti. Mungkin bukan yang terbaik, tapi boleh dibilang menarik.

Sama seperti manhwa, manhua ada yang masih terpengaruh format manga (seperti One Piece) dan ada yang memiliki pendekatan ala webtoon (komik vertikal seperti Solo Leveling atau Gosu). Untuk yang punya format seperti manga, panjang cerita masih cukup panjang untuk tiap bab. Namun, untuk yang punya format webtoon, seringkali tiap bab yang terbit secara online biasanya cukup singkat. Jadi hanya dengan beberapa scroll saja kita sudah selesai membacanya dan harus menunggu bab berikutnya terbit.

Lalu, kalau kamu perhatikan, kebanyakan manhua “masa kini” memiliki pola cerita dan tema yang hampir sama. Terutama komik yang berbumbu dunia persilatan. Rata-rata mereka bercerita tentang perjalanan si tokoh utama menjadi sosok tak terkalahkan (overpowered atau OP) melalui proses pengolahan energi (cultivation).

Sekali lagi, mungkin manhua di bawah ini bukanlah yang terbaik. Tapi menurut kami, komik-komik ini seru untuk diikuti ceritanya. Apa saja itu?

Rekomendasi Komik Cina (Manhua)

Tales of Demons and Gods

manhua tales of demons and gods

Komik Tales of Demons and Gods bercerita tentang petualangan Nie Li, seorang pendekar sakti, yang terlempar ke masa lalu ketika ia mati dikeroyok pendekar lainnya. Ia mengulang lagi jalan hidupnya mulai sejak remaja.

Komik ini menarik diikuti karena sang tokoh utama, Nie Li, tidak sekedar berburu kesaktian saja. Namun ia juga cerdik dalam mengambil langkah sehingga tidak mengulang kesalahan yang sama. Tales of Demons and Gods juga memiliki bumbu komedi dan harem yang seru, sehingga fun dibaca.

Kalau kamu suka komik ini, kamu mungkin juga suka komik Star Martial God Technique, Magic Emperor, atau The Hunter.

The Ravages of Time

The Ravages of Time merupakan judul yang legendaris. Manhua ini memiliki latar sejarah dan bercerita tentang kisah tiga kerajaan (three kingdoms) di Cina. Jadi kamu akan bertemu tokoh-tokoh terkenal seperti Liu Bei, Guan Yu, Zhang Fei, atau Cao Cao. Kalau kamu suka komik yang bertema perang beserta intriknya, komik ini jangan kamu lewatkan.

Selain cerita yang dalam, The Ravages of Time juga punya gambar yang bagus. Terutama adegan aksi atau pertarungannya. Komik ini tampil dalam format gambar komik klasik, seperti manga, tapi di baca dari kiri ke kanan.

Kalau kamu suka komik ini, mungkin kamu juga suka komik Song of the Long March, Blades of the Guardians, dan Blood and Steel.

Demons and Strangers / Heresy

manhua heresy

Komik Demons and Strangers dikenal juga dengan judul Heresy. Manhua ini juga berlatar dunia persilatan berlatar spiritualis. Di komik ini kita mengikuti kisah Mo Lianjian, seorang remaja yang masuk ke sekte spiritualis. Anggota sekte itu mendapatkan kemampuannya melalui kontrak dengan monster gaib (oleh karena itu disebut heresy alias doktrin sesat).

Komik ini memiliki gambar yang keren. Sama seperti The Ravages of Time, Demons and Strangers atau Heresy ini juga memakai format manga (tapi dari kiri ke kanan). Garis-garis ilustrasinya sangat ekspresif dan seringkali terlihat seperti sketsa atau lukisan.

Kalau kamu suka komik ini, kamu mungkin juga tertarik dengan manhua Feng Shen Ji dan Master of Gu.

The Master of Martial Arts Retired Life

The Master of Martial Arts Retired Life atau Martial King’s Retired Life menceritakan tentang seorang pendekar sakti, Ming Fei Zhen, yang “pensiun dini” dari jabatannya sebagai ketua perguruan silat karena muak dengan tingkah gurunya. Ia kabur dan menjadi pengawal kerajaan.

Walau manhua ini tetap bercerita soal kesaktian, namun di ceritanya memiliki porsi komedi yang banyak. Terutama di bagian awal. Ming Fei Zhen menjadi sakti karena menjadi bahan uji coba kitab silat yang dicuri sang guru. Ceritanya cukup jadi angin segar di antara komik manhua lain.

Kalau kamu suka komik ini, mungkin kamu juga tertarik membaca Heaven Defying Sword.

Boy in A Girls’ School

Boy in A Girls’ School atau The Boy in the All-Girl School merupakan komik dengan tema kehidupan sehari-hari alias slice of life. Seperti terlihat di judulnyam manhua ini bercerita tentang seorang pelajar pria yang pindah ke sekolah perempuan. Terlihat seperti anugerah, ternyata hal itu tidak seperti yang dibayangkan.

Walau awalnya terlihat kurang menjanjikan, manhua ini berkembang menjadi salah satu yang populer. Seperti yang bisa terlihat, ada bumbu harem dan ecchi di sini. Yang jelas, bisa jadi hiburan ringan kalau sedang suntuk.

Kalau kamu suka komik ini, kamu juga boleh coba manhua berjudul Tamen De Gushi (SQ Begin With Your Name) atau 19 Days.

Latest Reviews

More Stories
sam raimi
Sam Raimi Dipertimbangan untuk Sutradara Film Terbaru Doctor Strange
%d blogger menyukai ini: