10 Manhwa MC Overpower (OP) Yang Harus Kamu Baca

sung jin-woo, tokoh di komik solo leveling

Saat ini ada banyak komik Korea alias Manhwa dengan tokoh utama (MC) yang overpower (OP). Tapi apa saja yang asik untuk kita baca?

Overpower — biasa disingkat OP — adalah istilah yang menggambarkan kekuatan seorang tokoh/karakter yang jauh melebihi tokoh/karakter lainnya. Istilah ini biasa dipakai di kultur populer, termasuk di game dan komik.

Menariknya, kalau di dunia game karakter yang OP kadang dibenci karena membuat gameplay tidak seimbang, di komik justru menjadi daya tarik tersendiri. Bahkan komik dengan tokoh utama (main character / MC) overpower menjadi tren atau sub-genre tersendiri.

Yah, memang… kadang karakter yang terlalu kuat juga membuat cerita jadi kurang menarik dan membosankan. Tapi ada juga penulis yang mampu membuat cerita tetap menarik.

Kali ini kami menghadirkan rekomendasi beberapa manhwa dengan MC overpower yang menarik untuk kamu baca.


Dungeon Reset

dungeon reset

Sinopsis

Ditarik ke dalam dungeon, Dawoon harus memperjuangkan hidupnya dalam sebuah permainan mematikan, tempat ia melawan monster dan menghadapi jebakan maut. Parahnya, ia hanya menjadi seorang crafter tanpa kemampuan bertarung.

Setelah Dawoon jatuh ke dalam sebuah jebakan dan tidak masuk dalam system reset, ia mendapat skill unik. Ia pun memanfaatkan skill itu secara kreatif untuk menaklukkan permainan maut ini.

Yang Menarik

Manhwa ini mengambil pendekatan ala game crafting dan survival. Kemampuan konstruksi Dawoon yang terus meningkat, bahkan sampai membuat pengawas level jadi kaki tangannya, cukup unik bila dibanding komik lainnya.

JudulDungeon Reset
Judul Alternatif던전 리셋
GenreAksi, Fantasi
PenulisDaul
IlustrasiAnt Studio
PenerbitKAKAO Page

Fist Demon of Mount Hua

Sinopsis

Dam-Ho adalah seorang murid perguruan Mount Hua yang memiliki kaki pincang. Ia sering menjadi bahan hinaan orang banyak dan murid lain. Namun dalam sebuah kejadian, ia terkurung di dalam gua.

Bertahan hidup dengan makan tumbuhan dan hewan, serta terus berlatih, Dam-Ho mendapatkan kemampuan luar biasa. Berhasil selamat, ia pun kembali ke dunia persilatan dan ke perguruannya.

Yang Menarik

Perguruan Mount Hua selalu dianggap sebagai salah satu perguruan di murin (wuxia) yang berada di jalan kebenaran. Namun nasib yang dialami Dam-Ho membuatnya sering bertindak brutal, kontras dengan ajaran perguruannya.

JudulFist Demon of Mount Hua
Judul Alternatif화산권마
GenreAksi, Fantasi, Martial Art
PenulisUgak
IlustrasiJin Seon-Gyu
PenerbitKAKAO Page

Medical Return

Sinopsis

Kehidupan Kim Jihyun sebagai dokter bedah mengecewakan. Tapi ia mendapat kesempatan kedua untuk memperbaiki hidupnya, saat ia kembali ke masa SMP. Dengan semua pengetahuan yang ia miliki (dari hidup sebelumnya) ia pun berusaha meraih prestasi setinggi mungkin. Ia memutuskan menjadi dokter spesialis kulit (dermatologis).

Yang Menarik

Salah satu manhwa overpower yang bukan termasuk genre aksi. Komik yang berlatar medis ini menunjukkan konflik yang dialami Kim Jihyun, baik dari sisi karir, politik, dan asmara di rumah sakit.

JudulMedical Return
Judul Alternatif메디컬 환생, Medical Rebirth, Medical Reincarnation
GenreDrama, Fantasi, Medis
PenulisYuin
IlustrasiKidari Studio
PenerbitKAKAO Page

Memoir of the King of War

manhwa overpower memoir of the king of war

Sinopsis

Dan Sa Yu selalu dipandang sebelah mata. Nasibnya menjadi lebih buruk ketika desanya di Goryeo (Korea) diserbu gerombolan asal Yuan (Cina), seorang teman masa kecilnya dibunuh, temannya yang lain (noona-nya) diculik, dan ia sendiri hampir mati.

Tapi seorang pendekar sakti menyelamatkan Dan Sa Yu dan mewarisi kesaktiannya. Setelah remaja, Dan Sa Yu pun pergi ke daratan Yuan untuk mencari teman dan anak gurunya. Tentu sekaligus menaklukkan murim.

Yang Menarik

Salah satu manhwa yang menunjukkan MC overpower sejak relatif awal, namun masih menyisakan konflik untuk dikupas lebih jauh. Walau beberapa bab terasa banyak filler dan cukup klise, ceritanya masih cukup bikin penasaran.

JudulMemoir of the King of War
Judul Alternatif전왕전기, Jeonwang Electric, Memoir of the God of War
GenreAksi, Fantasi, Martial Art
PenulisUgak
IlustrasiAt.Kenny
PenerbitKAKAO Page

My Dad is Too Strong

manhwa overpower my dad is too strong

Sinopsis

Di dunia dengan monster datang dari “Rift” yang terbuka, Lee Do-Joon adalah seorang pegawai agensi manajemen “Rift.” Suatu hari ia ditabrak truk dan terlempar ke dunia persilatan (murim), tempat ia kemudian berhasil jadi orang terkuat.

Ketika Do-Joon kembali ke dunia nyata (17 jam setelah ia kecelakaan), ia pun membawa kekuatannya dari dunia murim. Walau ingin hidup tenang, ia mendadak mendapat anak asuh dan mendapat tanggung jawab seorang hunter dari kantornya.

Yang Menarik

Ada banyak kejadian lucu dan seru di dalam manhwa ini. Terutama karena Lee Do-Joon terlalu kuat, namun sudah malas dengan semua pertempuran. Apalagi ketika bertemu hunter yang berlagak.

JudulMy Dad is Too Strong
Judul Alternatif아빠가 너무 강함
GenreAksi, Fantasi, Sci-fi
PenulisGaebyeokS
IlustrasiModain
PenerbitKAKAO Page

Nano Machine

manhwa overpower nano machine

Sinopsis

Cheon Yeo-Woon adalah anggota sekte sesat (Demonic Cult) yang bertubuh lemah dan sering jadi bahan hinaan. Suatu ketika ia kedatangan keturunannya dari masa depan yang memasukkan komputer berukuran nano ke dalam tubuhnya.

Dengan komputer nano itu, hidup Cheon Yeo-Woon berubah. Ia mampu mempelajari ilmu beladiri dengan cepat dan lebih baik. Begitulah ia pun menaiki jenjang di Demonic Cult dengan pesat.

Yang Menarik

Kesaktian ala dunia persilatan tapi akibat teknologi artificial intelligence canggih membuat komik ini unik. Cheon Yeo-Woon pun tidak mendadak sakti. Tapi belajar dan bekerja keras melalui bantuan nano, sang AI. Pertarungan dan intrik di dalam Demonic Cult ini pun menarik diikuti.

JudulNano Machine
Judul Alternatif나노마신
GenreAksi, Fantasi, Martial Art, Sci-fi
PenulisHan-Joong-Wueol-Ya
IlustrasiGuem-Gang-Bul-Gae
PenerbitNAVER Series

Overgeared

Sinopsis

Shin Youngwoo bukan seseorang yang beruntung dan pemain game VR “Satisfy” (dengan nama Grid/Greed) dengan level rendah. Namun ia menemukan item langka yang memberinya status sebagai “Pagma Successor.” Ia pun mampu memiliki kemampuan membuat dan menggunakan senjata dan perlengkapan paling dahsyat di game itu.

Yang Menarik

Manhwa overpower satu ini juga cukup unik, karena kekuatan Greed berasal dari kemampuannya membuat senjata dan armor.

JudulOvergeared
Judul Alternatif템빨, Kekuatan Item
GenreAksi, Fantasi
PenulisLee Dong Wook
IlustrasiTeam Argo
PenerbitKAKAO Page

Return of a Legend

Sinopsis

Akibat krisis ekonomi, perusahan tempat Jang Taesan bekerja bangkrut. Menyelamatkan anak kecil dan mengorbankan dirinya saat keluyuran tanpa tujuan, ia pun diberi kesempatan kedua. Jang Taesan kembali ke 14 tahun sebelumnya.

Berbekal pengetahuan yang sudah ia miliki, Jang Taesan pun masuk ke bursa saham dan menjadi pebisnis. Kali ia ia bertekad menjadi seorang yang sukses.

Yang Menarik

Sama seperti “Medical Return”, manhwa ini bukanlah jenis overpower dalam kekuatan. Tapi dalam ilmu, tepatnya di bidang ekonomi dan bisnis. Yah, mungkin seperti jawaban Batman ketika ditanya apa kekuatan supernya oleh The Flash di film “Justice League”. Jawabnya: “Aku kaya.”

JudulReturn of a Legend
Judul Alternatif회귀의 전설
GenreAksi, Bisnis, Fantasi, Slice of Life
PenulisKim Kwang-soo
IlustrasiSong Jin-woo
PenerbitKAKAO Page

Solo Leveling

solo leveling webtoon

Sinopsis

Sung Jin-Woo adalah seorang hunter lemah dengan peringkat paling rendah (E-rank). Begitu lemahnya ia, sehingga mendapat julukan “The World’s Weakest” dari hunter lainnya.

Sebuah kejadian misterius saat pemburuan monster di dalam “gate“, memberinya kesempatan kedua dan kemampuan untuk meningkatkan kemampuannya (penampilannya pun berubah). Sung Jin-Woo pun kemudian memburu monster dan meningkatkan level menjadi hunter paling kuat.

Yang Menarik

Hm, apalagi yang perlu disebutkan soal salah satu manhwa paling populer ini? Kejutan akan kekuatan Jin-Woo dan berbagai adegan epik pertarungan di manhwa ini memang memberi hype luar biasa.

JudulSolo Leveling
Judul Alternatif나 혼자만 레벨업, Na Honjaman Rebereop
GenreAksi, Fantasi
PenulisChugong, H-goon, KI Soryeong
IlustrasiJANG Seong-rak (REDICE STUDIO)
PenerbitKAKAO Page (Indonesia)

The Max Level Hero Has Returned!

Sinopsis

Davey, seorang pangeran yang terpinggirkan, mengalami koma karena dikerjai oleh saudara tirinya. Selama koma, jiwanya masuk ke sebuah kuil tempat berbagai ksatria berkumpul. Di sana ia mendapat pengetahuan dan latihan selama 1000 tahun.

Ketika ia sadar kembali, ia menjadi jagoan dengan kemampuan maksimal. Davey pun berusaha mengambil haknya kembali sambil membalas dendam.

Yang Menarik

Walau memiliki kemampuan luar biasa baik dari segi pertarungan maupun pengetahuan, Davey melakukan langkahnya secara bertahap dan penuh strategi. Ia tidak membalaskan dendam secara langsung, namun mengambil langkah politis yang menarik.

JudulThe Max Level Hero has Returned!
Judul Alternatif만렙 영웅님 께서 귀환 하신다!, The Max Level Hero Strikes Back
GenreAksi, Fantasi
PenulisDevil’s tail, Yudo
IlustrasiYudo
PenerbitKAKAO Page
More Stories
Bikin Aware, Ini 8 Film Tentang Bullying Terbaik yang Wajib Kamu Tonton
%d blogger menyukai ini: