Rekomendasi Serial Bertema Sejarah yang Bisa Buka Wawasanmu!

Menonton film, serial atau anime adalah aktivitas hiburan. Kendati begitu, tontonan baik serial ataupun film bisa jadi sebuah pembelajaran. Salah satu yang bisa pelajari adalah hal berbau sejarah. Atas dasar itu, Popculture.id telah merangkum rekomendasi serial bertema sejarah yang bisa membantu pembelajaran.

Nah buat kamu yang ingin mencari hiburan sembari mempelajari sejarah, Popculture.id telah merangkum beberapa judul menarik yang bisa membuka wawasanmu. Kami merangkum beragam serial dengan beragam tema sejarah dari mulai sejarah modern, medieval sampai sejarah monarki. Daripada penasaran, yuk langsung simak aja daftarnya di bawah ini!

Chernobyl

Pertama ada serial Chernobyl. Serial besutan HBO ini adalah tontonan wajib buat kamu yang ingin mengenal Uni Soviet dan permasalahannya berdasarkan kisah nyata. Sama seperti judulnya, serial ini mengisahkan tragedi nuklir di kota Chernobyl yang terjadi pada tahun 1986 silam beserta dampaknya pada ilmu pengetahuan dan kehancuran Uni Soviet sebagai sebuah negara.

Vikings

Kalau kamu senang menonton serial yang mengusung tema brutal dan darah, kamu wajib banget nonton serial Vikings. Series ini sangat menarik karena menggabungkan beberapa kejadian nyata dan fiksi tentang bangsa Viking yang perkasa. Mengambil latar saat masa keemasan, kamu akan menyelami beragam budaya, taktik perang sampai kepercayaan bangsa Viking pada dewa-dewa nordik.

Timeless

Timeless adalah sebenarnya adalah serial fiksi-ilmiah yang mengambil tema perjalanan waktu. Hal yang menjadi menarik adalah para karakter utama pergi ke beragam waktu spesifik dimana peristiwa-peristiwa bersejarah terjadi. Menurut beberapa pengulas, serial ini sangat subversif dan memiliki sudut pandang unik dalam melihat peristiwa sejarah.

Rise of Empire: Ottoman

Sama seperti judulnya, Rise of Empire: Ottoman adalah serial besutan Netflix yang mengisahkan maju-mudurnya kekaisaran Islam Ottoman yang ada di Turki. Meski muatan sejarahnya bisa diperdebatkan, serial ini sangat bagus untuk kamu yang ingin mengenal lebih dalam era keemasan Islam melalui kekaisaran Ottoman ini. Seperti kita tahu, berkuasanya Kekaisaran Ottoman sangat berpengaruh pada peristiwa-peristiwa lain setelahnya.

Marco Polo

Siapa sih yang nggak kenal Marco Polo? Pria kelahiran Italia ini dikenal sebagai seorang penjelajah paling mahsyur yang pernah berjalan di bumi kita. Sambil berdagang dan memberikan informasi, banyak petualangan Marco bertemu dengan beragam suku, ras dan bangsa. Nah buat kamu yang pengin tahu soal Marco, serial besutan Netflix Marco Polo bisa jadi gerbang untuk mengenal sang petualang mahsyur ini.

BACA JUGA  Rekomendasi Drama China Tentang Game & eSport, Dijamin Seru!

The Last Kingdom

Lalu ada tontonan sejarah yang dirilis pada tahun 2015 yang diadaptasi dari novel berjudul The Saxon Stories karya Bernard Cornwell. Serial ini awalnya dirilis oleh BBC sebelum Netflix mengambil hak tayangnya. The Last Kingdom ini menceritakan tentang seorang pria Saxon abad ke-9 yang dibesarkan oleh bangsa Viking. Konflik muncul saat ia harus dihadapkan dengan perseteruan antara bangsanya dan kaum Viking

Band of Brothers

Kalau kamu menyenangi sejarah Perang Dunia II, mini series berjudul Band of Brothers yang dibintangi Tom Hanks dan diproduseri Steven Spielberg bisa jadi pilihan menarik. Serial ini membawa vibes Saving Private Ryan. Band Brothers mengisahkan kehidupan Kompi Easy, Batalyon ke-2 Resimen Infantri Parasut ke-506 dan keterlibatakan mereka selama Perang Dunia II. Kamu akan mengikuti perjalanan dari mulai pelatihan sampai menyerahnya Jepang pada 1945.

The Crown

Terakhir ada serial yang sedang banyak dibicarakan, The Crown. Serial ini bahkan menjadi serial nomor sejarah nomor satu saat ini. Pertama ditayangkan di Netflix tahun 2016, The Crown mengisahkan kehidupan Ratu Elizabeth II saat ia naik takhta. Selain itu, sejumlah cerita dari kehidupan pribadi dan politik Monarki Inggris juga ditampilkan dalam serial ini lewat kacamata sang ratu.

Nah itu dia rekomendasi serial bertema sejarah yang bisa menambah wawasanmu versi Popculture.id. Gimana menurut kamu? Apakah ada serial yang pernah kamu tonton? Atau kamu punya serial sejarah favoritmu sendiri? Yuk langsung aja tulis di kolom komentar~

%d blogger menyukai ini: