Ini 3 Alasan Kenapa Reply 1988 Itu Drakor Terbaik yang Pernah Dibuat

Sebagian pesar pecinta drama Korea pasti bersepakat kalau serial Reply 1988 adalah drakor terbaik yang pernah dibuat di Korea Selatan. Tentu saja pujian tersebut bukan datang tanpa alasan. Drakor yang tayang sepanjang 2015-2016 ini memang punya cerita yang unik dan bikin penasaran.

Meski banyak yang menyebut bagus, masih banyak orang yang belum yakin untuk menonton serial yang dibintangi oleh Lee Hye-ri, Park Bo-gum, Ryu Jun-yeol, Go Kyung-pyo, Lee Dong-hwi dan Ryu Hye-young ini. Nah buat kamu yang pengin nonton tapi masih ragu, Popculture.id akan memberikan 3 alasan kenapa Reply 1988 adalah drakor terbaik dan wajib banget kamu tonton. Yuk langsung aja~

Nostalgia yang Kuat

Di zaman teknologi seperti sekarang, rasanya kehidupan berlangsung begitu cepat dan melelahkan. Hal ini tentu nggak bisa dipisahkan dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih. Menonton Reply 1988 adalah bentuk eskapisme kita dari hidup yang semakin cepat. Sama seperti judulnya, Reply 1988 berlatar tahun 80-an akhir dan 90-an awal. Tentu ini adalah nostalgia bagi mereka yang merasakan dan pengetahuan bagi mereka generasi X dan Z

Meski nggak tinggal di Korea Selatan, kita di Indonesia bisa relate dengan cerita dan penggambaran latar dalam serial ini. Kaset, televisi tabung, telepon rumah, pager menjadi teknologi yang ditonjolkan Reply 1988.

Nggak hanya soal teknologi, kehidupan sosial 80-an di Korea juga diperlihatkan. Seperti kita tahu, Korea Selatan adalah salah satu negara individualis yang tidak lagi merasakan kehidupan bertetangga. Selain itu, setiap kejadian dan budaya yang terjadi di tahun tersebut diperlihatkan. Dari mulai demonstrasi mahasiswa sampai olimpiade. Tentu ini jadi pengetahuan baru bagi kita selaku penonton di luar Korea.

Persahabatan dan Kekeluargaan yang Menonjol

Drama Korea identik dengan kisah cintanya yang dramatis. Tentu saja drama Korea selalu terjebak dalam konsep serupa yang lama kelamaan menjadi membosankan. Reply 1988 mengerti hal tersebut dan menghindar dari tema cinta yang berlebihan. Serial ini menggunakan kisah cinta seperlunya saja, bahkan sebatas untuk menjalankan cerita dan pesan yang ingin disampaikan.

BACA JUGA  Suzy Siap Gabung di Drakor Adaptasi Webtoon Netflix "The Girl Downstairs"

Lebih dari sekadar cinta menye-menye, Reply 1988 lebih menonjolkan tentang persahabatan, kerukunan antar tetangga dan kekeluargaan. Setiap episodenya, Reply 1988 memberikan pelajaran dan makna hidup. Penonton akan dibawa tersenyum melihat kedekatan sebuah keluarga sampai dibuat menangis karena melihat anak yang mencoba memperlihatkan rasa cinta pada keluarganya.

Persahabatan di antara 5 tokoh utama juga sangat dalam dan menjadikannya hal yang spesial. Nggak ada konflik yang terlalu berat dan mendalam dalam serial ini, namun disitulah letak spesialnya Reply 1988. Drakor ini membuktikan bahwa hal kecil seperti makan bersama tetangga adalah hal yang dirindukan banyak orang hari ini.

Ending yang Sempurna

Terakhir adalah ending. Banyak drama Korea lain yang terjebak dalam ending klise; sad atau happy ending. Reply 1988 menjadi drama Korea yang memberikan alternatif ending yang apa adanya. Nggak ada yang spesial dari ending drama ini. Semuanya serba sederhana dan berjalan begitu adanya.

Maksudnya, penonton nggak perlu merasa bahagia atau menangisi akhir ceritanya secara berlebihan. Reply 1988 memberikan ending yang berkesan dan membuat kita berfikir ulang tentang hidup. Ending Reply 1988 bukanlah konklusi atau pelajaran namun setiap episode serial inilah yang memberikan makna pada penonton.

Nah gimana menurut kalian Popins? Apakah kalian pernah menonton serial Reply 1988 atau belum? Kalau belum, apa kalian sudah yakin untuk menonton drama Korea satu ini?

%d blogger menyukai ini: