[Review] The 355 (2022): Film Spionase Menghibur Tapi Tidak Istimewa

Kalau kamu sedang in the mood of spy movie tapi ingin hiburan yang renyah, film “The 355” yang tayang tahun 2022 ini bisa jadi pilihan. Film spionase ini menghadirkan jagoan-jagoan perempuan dengan berbagai adegan seru.

Jika kamu lihat trailer film ini, kamu pasti mendapat kesan kalau film ini semacam “Avengers” yang mengumpulkan agen rahasia perempuan top dari berbagai negara. Yah, memang garis besarnya seperti itu.

Sinopsis “The 355”

Film “The 355” bercerita tentang perebutan senjata baru yang berupa sebuah program yang bisa mengontrol semua sistem digital di dunia, mulai dari smartphone sampai satelit. CIA (Amerika) dan BND (Jerman) mengirim agen mereka — Mason “Mace” Browne (Jessica Chastain) dan Marie Schmidt (Diane Kruger) — untuk memburu senjata itu.

Namun konflik yang muncul membuat masing-masing agen harus bergerak secara independen dan melibatkan pihak lain, seperti psikolog DNI (Kolombia) Graciela Rivera (Penélope Cruz) dan mantan agen MI6 Khadijah Adiyeme (Lupita Nyong’o). Mereka harus mencegah program itu jatuh ke organisasi lain yang ingin membuat kekacauan dan mampu memicu Perang Dunia 3.

FIlm “The 355” menghadirkan beberapa aktris terkenal, seperti: Jessica Chastain, Diane Kruger, Penélope Cruz, Lupita Nyong’o, dan Fan Bingbing. Juga aktor Sebastian Stan (pemeran Winter Soldier) sebagai Nick Fowler, salah satu agen CIA.

Film Aksi Versi Diskon

Ya, sebagai sebuah tontonan bertema agen rahasia atau mata-mata alias spionase, film ini terhitung ringan. Baik dari sisi cerita, konflik, adegan laga, atau gimmick lainnya.

Memang film agen rahasia terbaik pun — seri “James Bond”, “Mission Impossible”, dll — lebih mengandalkan laga daripada jalan cerita yang dalam. Namun mereka punya kekhasan tersendiri dan menghadirkan sesuatu yang unik atau bombastis.

Di film ini kita memang melihat adegan aksi keren. Tapi kelasnya belum seperti waralaba spionase lainnya. Cukup standar.

Lalu jalan cerita dan konflik yang ada juga disajikan dengan ringkas. Jadi ada beberapa latar belakang tokoh yang kurang jelas. Misalnya seperti hubungan antara Mace dan Nick Fowler yang di awal terkesan biasa saja, namun kemudian terlihat memberi dampak cukup besar pada Mace.

Kemudian, pergerakan plot yang mencakup berbagai negara dunia pun terlihat dipercepat dan tanpa informasi visual yang memadai. Sehingga kamu mungkin heran kenapa seorang tokoh bisa ada di satu tempat pada sebuah adegan dan kemudian sudah ada di tempat lain di adegan berikutnya.

Yang tidak kalah mengganjal adalah (ini sedikit spoiler) bagaimana pimpinan organisasi spionase (baik CIA dan BND) bisa diserang tanpa ada anak buahnya di sekelilingnya. Ini agak tidak masuk akal.

Jessica Chastain Kurang Meyakinkan

Sayangnya, salah satu hal lain yang melemahkan film ini adalah salah satu pemeran utamanya, yaitu Jessica Chastain sebagai Mace. Terus terang, ia kelihatan nggak meyakinkan sebagai agen rahasia dengan berbegai adegan laga.

Hal ini terlihat agak kontras jika kita membandingkan dengan penampilan Diane Kruger sebagai Marie Schmidt atau Lupita Nyong’o sebagai Khadijah. Mereka berdua, baik sebagai karakter yang dimainkan dan aksinya, bisa lebih meyakinkan.

Yah, karena banyak plot cerita yang dipercepat, sebagian besar karakter memang cukup dangkal. Misalnya tokoh Nick Fowler yang diperankan oleh Sebastian Stan atau si penjahat, Elijah Clarke.

Sekedar Hiburan Ringan

Jadi ya, “The 355” memang akhirnya hanya hadir sebagai film yang sebatas hiburan saja. Lewat tanpa kesan yang mendalam. Sungguh sayang jika melihat daftar bintang yang cukup penuh sesak.

Tapi kalau kamu memang mencari tontonan tanpa perlu mikir, film ini sangat cocok. Ritmenya cepat, banyak adegan laga, dan dengan sedikit twist di akhir. Menghibur tapi standar.


The 355
Film Laga Standar
Dengan bintang yang cukup ramai, sayangnya film "The 355" hanya menampilkan cerita dan plot yang standar dan "sedang-sedang saja."
6.5
Biasa
More Stories
the mandalorian
The Mandalorian: Jadwal Tayang Musim Ke-2 dan Kemungkinan Spin-off
%d blogger menyukai ini: