11 Superhero Marvel dan DC yang Beragama Islam. Udah Tahu?

Dunia superhero selalu menarik untuk di bahas. Apalagi jika pembahasan tersebut menyangkut latar belakang dan motivasi satu tokoh superhero. Seperti kita tahu, ada dua perusahaan besar penghasil superhero-superhero hit, yakni Marvel dan DC. Persaingan keduanya sangat ketat dan terus bereksplorasi. Salah satunya adalah menghadirkan superhero beragama Islam di Marvel maupun DC.

Selama ini kita hanya mengenal beberapa superhero saja. Terutama yang sudah pernah masuk bioskop. Padahal, ada banyak sekali tokoh superhero yang ada di komik. Salah satunya adalah mereka yang beragama Islam. Nah buat kamu yang belum tahu superhero beragama islam baik di Marvel maupun DC, yuk simak daftar rangkumannya di bawah ini!

Ms. Marvel (Marvel Comics)

Pertama ada Kamala Khan alias Ms. Marvel. Kamala adalah seorang remaja berusia 16 tahun keturunan Pakistan-Amerika yang beragama Islam. Diketahui ia merupakan seorang keturunan inhuman yang memiliki kekuatan super. Mengetahui hal tersebut Kamala kemudian mengambil indentitas Ms. Marvel milik Carol Danvers karena ia sangat mengidolakan sang Captain Marvel tersebut.

The Nightrunner (DC Comics)

Paris adalah salah satu kota paling heterogen di dunia. Di kota Paris dalam semesta DC, hidup seorang pemuda beragama Islam keturunan Perancis Aljazair bernama Bilal Asselah. Bilal sendiri dikenal sebagai Batman kota Paris. Berbekat kemampuan parkur dan kebenciannya terhadap polisi dan penjahat, ia kemudian mengenakan topeng dan menamai dirinya sebagai The Nightrunner. Yup pada dasarnya, Nightrunner merupakan seorang anti-hero!~

Josiah X (Marvel Comics)

Lalu ada Josiah X dari Marvel Comics. Josiah X adalah seorang sidekick beragama Islam dari Captain America. Memiliki nama asli Josiah Bradley, Ia merupakan seorang keturunan Afrika-Amerika yang seamat dari eksperimen tentara super. Singkat cerita ia kemudian mengubah namanya menjadi Josiah X dan mulai memeluk agama Islam saat ia melakukan perjalanan ke Afrika. Kembali ke Amerika, Josiah kemudian berperan sebagai seorang pemimpin di organisasi muslim sekaligus menjadi seorang superhero.

Dust (Marvel Comics)

X-Men adalah salah satu komik Marvel yang memiliki semesta yang luas. Nggak mengherankan mereka memiliki mutan beragama Islam bernama Soorayah Qadir. Qadir adalah perempuan yang lahir di Afghanistan dan memiliki kekuatan pasir. Ia kemudian bergabung dengan X-Men dan mulai menggunakan nama Dust. Penampilan dan kekuatan Dust sangat mencolok karena ia menggunakan pakaian khas Islam yang tertutup dengan alasan kesopanan dan kepercayaan yang ia pegang teguh.

Simon Baz, Green Lantern (DC Comics)

Selanjutnya ada tokoh Simon Baz dari DC Comics. Simon adalah salah satu anggota beragama islam pertama dari Green Lantern Corps. Ia memutuskan untuk menjadi Green Lantern setelah ia menyelamatkan nyawa seseorang. Selain itu motivasi yang membuatnya jadi superhero adalah rasisme yang menimpanya pasca kejadian 9/11 di Amerika Serikat. Simon yang beragama Islam kerap dianggap sebagai seorang teroris. Untung aja nggak jadi villain~

Monet St Croix (Marvel Comics)

Superhero beragama Islam selanjutnya datang dari semesta X-Men Marvel. Dia adalah Monet St Croix, seorang mutan dengan beragam kekuatan super. Ia sosok yang kebal, mampu beregenerasi dengan cepat, tangkas dan cepat. Ia merupakan anggota dari X-Men di bawah Magneto. Salah satu momen epik yang paling menarik dari sosok Croix adalah saat ia mengatakan “Saya Mutan dan saya beragama Islam” pada sekumpulan orang yang membenci Islam dan mutan.

Khalid Nassour, Doctor Fate (DC Comics)

Doctor Fate adalah salah satu penyihir keren dari semesta DC. Superhero satu ini juga memiliki bergam identitas di balik topeng emasnya yang khas. Nah salah satu orang yang pernah memakainya adalah seorang mahasiswa kedokteran bernama Khalid Nassour yang beragam Islam. Khalid secara nggak sengaja menemukan helm Doctor Fate di sebuah musim. Diberkati kekuatan ia kemudian memutuskan untuk menjadi seorang superhero dan bergabung menjadi anggota Justice League Dark bersama Constantine.

Janissary (DC Comics)

Selanjutnya ada superhero dari DC Comics bernama Janissary. Bernama asli Selma Tomon, ia awalnya merupaka seorang anggota Palang Merah Internasional di semesta DC. Selma kemudian mengalami kecelakaan dan terjatuh ke ruang bawah tanah. Di tempat itu ia menemukan buku sihir misteris yang memberinya kekuatan dahsyat. Dengan kemampuan tersebut Selma kemudian memakai kostum superhero yang identik dengan Islam. Ia juga sangat dihormati oleh anggota Justice League karena memiliki tujuan baik melindungi negara asalnya dari beragam kejahatan.

Dr Faiza Hussain (Marvel Comics)

Dr. Faiza Hussain adalah seorang dokter sekaligus superhero Islam dari semesta Marvel. Ia pertama kali diperkenakan dalam serial komik Captain Britain and MI: 13. Faiza Hussain sendiri memiliki kemampuan untuk mengendalian organisme hidup setelah ia terkena serangan laser kaum skrull selama invasi terjadi.

Kemampuannya tersebut menjadikan ia sosok penting dalam pertempuran karena mampu menyembuhkan dan melakukan operasi mendadak pada seseorang yang sekarat. Salah satu ciri khas Faiza selain kemampuan medisnya adalah pakaian jilbabnya dan pedang Excalibur yang merupakan senjata bertarungnya

Iron Butterfly (DC Comics)

Selanjutnya ada sosok Kahina Eskandari yang merupakan seorang perempuan yang berasal dari Palestina. Kahina merupakan seorang superhero dengan nama Iron Butterfly yang punya kemampuan membentuk benda logam sesuka hatinya. Dalam pertarungan ia dilengkapi sayap besar yang membuatnya terbang. Kahina bergabung dengan kelompok superhero bernama Shadow Cabinet dengan tujuan membalaskan dendam keluarganya. Oiya, awalnya superhero ini dibuat oleh Milestone Comics yang kemudian digabungkan ke dalam DC Universe.

Monica Chang, Black Widow (Marvel Comics)

Terakhir ada Monica Chang yang merupakan seorang Black Widow. Yup, selama ini kita hanya tahu bahwa Black Widow adalah Natasha Romanoff. Padahal ada orang lain yang menggunakan identitas tersebut. Monica Chang adalah seorang perempuan beragama islam yang merupakan mantan istri dari Nick Fury. Karena menggunakan identitas Black Widow, Monica juga tergabung dalam Avengers. Selain itu, Ia juga menjabat sebagai direktur S.H.I.E.L.D.

Nah itu dia 11 superhero beragama islam yang ada dalam semesta Marvel dan DC. Gimana menurut kalian? Ternyata memang benar ya kalau dunia superhero itu sangat beragam. Hehehe~

More Stories
Saksikan Imutnya Simba di Teaser Trailer Live-Action The Lion King
%d bloggers like this: