Mengenal SWORD, Organisasi Yang Muncul di Serial “WandaVision”

Pada 2 episode awal WandaVision, muncul beberapa easter egg yang mengindikasikan kehadiran organisasi baru bernama SWORD. Apa sih organisasi itu sebenarnya?

Serial WandaVision mulai tayang pada tanggal 15 Januari 2021 di Disney+. Episode pertama boleh kita anggap sebagai perkenalan pada “dunia baru” Wanda Maximoff dan Vision layaknya sebuah komedi situasi tahun 50-60an. Episode kedua mulai menunjukkan beberapa hal yang menarik.

SWORD di WandaVision

Kalau kamu perhatikan, di akhir episode pertama dan di awal episode kedua, terdapat adegan yang menunjukkan seseorang menonton acara itu di sebuah ruangan yang terlihat seperti ruang editing. Di sana terdapat logo bergambar pedang di layar sebelah kiri dan di buku catatan.

Di episode kedua, logo yang sama muncul di mainan helikopter yang jatuh di halaman. Tepatnya di bagian moncong sebelah kiri helikopter.

Di episode yang sama, logo itu juga di punggung peternak lebah misterius yang muncul dari lubang selokan di jalan.

Reaksi Wanda yang nampak takut sampai kemudian mengubah realitas di episode ini sangat menarik dan menambah misterius serial ini.

Tentunya membawa pertanyaan apa yang sebenarnya terjadi? Siapa peternak lebah ini? Apa organisasi di balik logo pedang itu?

Apa itu SWORD?

SWORD (tepatnya ditulis S.W.O.R.D) pertama kali hadir di komik Astonishing X-Men karya Joss Whedon pada tahun 2004. Saat itu, SWORD merupakan singkatan dari Sentient World Observation and Response Department. Menariknya, di MCU kepanjangan SWORD berubah menjadi Sentient Weapon Observation and Response Division.

Walau kepanjangannya berubah, kata “sentient” yang bisa diartikan sebagai makhluk berakal atau punya kesadaran ini jadi inti penting. Jadi SWORD bisa kita bayangkan sebagai organisasi yang mengawasi dan menindak lanjuti semua fenomena yang berhubungan dengan makhluk lain beserta kemampuannya (merujuk kata “weapon“), entah dari planet lain, dari dimensi lain, atau dari alur waktu lain.

SWORD dan Perkembangan Fase 4 MCU

Di serial WandaVision, salah satu tokoh yang disebut punya hubungan erat dengan SWORD adalah “Geraldine” (Teyonnah Parris). Ia dikatakan memiliki identitas asli Monica Rambeau, seorang agen SWORD. Monica Rambeau sebelumnya sudah kita temui di film Captain Marvel ketika masih anak-anak.

Kemudian hadir pula suara lewat radio bertanya “Who’s doing this to you, Wanda?” yang mengindikasikan ada sesuatu yang tidak wajar di dunia WandaVision. Kita tahu pendekatan yang mirip pernah muncul di awal serial Agents of SHIELD dengan misteri kembalinya Phil Coulson.

Lalu, kita tahu kalau Wanda Maximoff akan muncul di film kedua Doctor Strange, yaitu Doctor Strange in the Multiverse of Madness. Tentu kemungkinan besar cerita akan berhubungan dengan dimensi lain semesta Marvel. Sesuatu yang juga diindikasikan di film Spider-Man mendatang.

Seiring MCU mengembangkan semestanya lebih luas, SWORD nampaknya akan berkaitan erat dengan perjalanan MCU ke depan mulai dari fase 4 ini.

More Stories
Sailor Moon the Movie Tayang di U.S
%d bloggers like this: