Nama Asli Baby Yoda dan Catatan Penting The Mandalorian Episode 5

Sejak tanggal 30 Oktober sampai sekarang, hari Jumat adalah hari yang paling dinantikan oleh para fanboy Star Wars terutama fanboy The Mandalorian. Di hari tersebut para penggemar akan menghilangkan rasa penasarannya atas kelanjutan kisah Djin Djarin dan Baby Yoda. Di minggu ini, The Mandalorian episode 5 justru menambah kehausan para penggemar.

Dalam The Mandalorian episode 5 kita telah menyaksikan beragam fakta baru sekaligus menikmati pertarungan ala Jedi yang telah lama nggak kita lihat. Selain beberapa fakta dan keindahan pertarungan, episode baru juga memberi catatan-catatan penting yang merupakan tanda kemana serial ini akan mengarah.

Star Wars adalah semesta yang luas. Sejak kemunculannya di akhir 70-an waralaba ini telah lekat dengan cerita peperangan Empire vs Republic dan keterlibatan para Jedi. Berbeda dengan premis tersebut, The Mandalorian justru muncul dengan menceritakan kisah seorang bounty hunter.

Hal ini yang membuat banyak fanboy Star Wars mengolok-ngolok Mandalorian karena dianggap bukan cerita Star Wars yang asli. Dan semua anggapan tersebut kini telah luntur. Jedi Order telah kembali dan konflik soal Empire dan Republikan mulai diperuncing kembali.

Nama Baby Yoda Adalah Grogu

Dalam episode baru, ada hal menarik yang membuat para penggemar senang. Setelah 13 chapter berlalu, akhirnya kita bisa mengetahui nama asli dari Baby Yoda. Sang makhluk yang mirip dengan Jedi Master Yoda tersebut bernama Grogu.

Menurut Ashoka Tano yang ditemui Mando di Corvus, Grogu adalah Padawan yang diajarkan soal Force oleh banyak Jedi Master. Grogu juga adalah penyintas Operation 66 (pembantaian Jedi). Grogu disembunyikan selama mungkin dan kehilangan ingatannya.

Informasi lain belum diungkap secara detail. Bahkan sampai sekarang kita belum mengetahui ras Grogu dan Yoda atau dari mana mereka berasal. Kemungkinan besar ras ini memiliki keterikatan kuat dengan force.

Kemungkinan Munculnya Jedi Baru?

Petualangan Djin Djarin dan Grogu akan berlanjut mengingat Ashoka Tano menolak melatih Grogu karena takut dark side akan menguasai makhluk kecil tersebut. Ashoka memberikan saran pada Djin Djarin untuk pergi ke reruntuhan kuil Jedi yang berada ke planet Tython.

Di reruntuhan kuil tersebut Grogu akan memilih jalannya sebagai Jedi. Jika Grogu bisa melampaui force, maka keberadaannya akan dirasakan oleh Jedi lain yang masih hidup. Jika hal ini terjadi maka akan ada kemungkinan tokoh Jedi lain yang muncul dalam serial. Baik itu Jedi biasa atau pengguna dark side. Ini tentu akan mengubah arah cerita ketika kita akan melihat keterlibatan seorang Mandalorian di konflik para Jedi.

Misteri dan Villain

Terlepas dari kemungkinan-kemungkinan lain, masih banyak hal yang masih jadi misteri sampai sekarang. Pertama adalah kejelasan soal bangsa Mandalore dan Mandalorian fanatik agama. Kita masih menantikan penjelasan lengkap soal ini (termasuk asal usul bangsa Mandalore) dan misteri seputar sosok Boba Fett di episode pertama.

Selain itu episode terakhir juga memberikan cerita soal kemungkinan villain lain. Dalam serial ini kita hanya tahu ada satu villain besar saja yakni Moff Gideon yang memiliki dark saber (senjata ciptaan Mandalorian). Kini kita mendengar Ashoka yang menyebut Grand Admiral Thrawn.

Akhir kata, memang sudah sepatutnya para penggemar The Mandalorian berbahagia hari ini. Sebab selain mendapat banyak informasi, adegan-adegan dalam episode kali ini didedikasikan untuk beberapa referensi seperti pertarungan pedang di film Sanjuro dan Yojimbo karya Akira Kurosawa serta adu tembak koboy ala Lucky Luke. Pokoknya episode minggu ini keren banget!

More Stories
Menikmati Bermain Final Fantasy XV di Smartphone, Yuk!
%d bloggers like this: