5 Tipe Wibu Indonesia yang Sering Muncul Di Media Sosial. Pernah Liat?

Ada satu masa ketika para penggemar anime di Indonesia sering banget kena bully. Seiring berjalannya waktu, menonton anime menjadi hal yang lumrah dan dianggap keren oleh anak-anak muda. Julukan ‘Wibu’ yang berkonotasi negatif mulai bergeser dan seolah menjadi identitas baru. Tipe tipe wibu di Indonesia kemudian muncul dan sering meramaikan jagat sosial media kita.

Dunia fandom memang dunia yang menyenangkan Di setiap fandom, kita selalu melihat banyak tipe-tipe orang, termasuk juga di fandom anime atau manga. Nah buat kamu yang sering banget main sosial media atau aktif di forum-forum fandom, kalian pasti udah nggak aneh lagi dengan tipe tipe wibu di Indonesia. Apa aja? Daripada penasaran, yuk langsung aja cek di bawah. Wkwk~

Wibu Kalem

Pertama adalah wibu kalem nan santai. Mereka biasanya adalah expert di dunia anime dan manga. Mereka adalah tipe orang yang cenderung santai dan friendly namun punya sifat-sifat snob yang bukan main.

Contohnya, mereka nggak ragu menjelek-jelekan satu anime atau judul manga. Meski menjelek-jelekan, mereka tetap memberikan argumen yang berdasar seperti kualitas animasi, kualitas gambar sampai cerita. Beda dengan wibu sumbu pendek yang marah-marah nggak jelas kalau anime favoritnya di hina.

Wibu Meme dan Teoritis

Selanjutnya adalah wibu yang punya selera humor tinggi. Mereka adalah para pecinta anime atau manga yang berekspresi menggunakan meme. Biasanya mereka akan membuat meme dengan bahan anime atau manga untuk mengaitkannya dengan hal yang sedang ramai di perbincangkan di sosial media.

Selain humoris, biasanya mereka juga adalah orang-orang yang aktif di forum dan kerap membuat teori-teori tentang anime atau manga yang sedang on going. Hati-hati, mereka ini tukang spoiler!

Wibu “Trendingkan dan Salah Sendiri Nggak Baca Manganya”

Lalu ada tipe wibu annoying yang selalu muncul di kanal-kanal streaming atau forum-forum diskusi anime. Pertama adalah wibu yang selalu menyebut “trendingkan” di setiap video anime yang tayang di kanal-kanal streaming umum dan gratis seperti YouTube, IQIYI atau Video. Mereka juga sering menggunakan kata tersebut di kanal-kanal streaming bajakan

Selain menggunakan kata “trendingkan” yang super annoying, mereka juga biasanya tukang spoiler yang sangat membuat orang lain nggak nyaman. Mereka dengan terang-terangan memberikan spoiler lewat kolom-kolom komentar. Saat orang-orang protes dan membalas komentarnya, dia akan menggunakan kalimat pamungkas yang sama-sama membuat darah naik; “Salah sendiri nggak baca manganya!”.

Wibu “Halu Garis Keras”

Selain media sosial seperti Facebook, Twitter dan Instagram, para wibu juga bergerilya dan mulai menguasai platform TikTok. Meski sering disebut ‘no life’, para wibu ini sangat kreatif dalam membuat konten. Tema yang sering digunakan untuk membuat konten adalah halu.

Para wibu perempuan biasanya halusinasi berkencan dengan chara laki-laki dari anime. Sementara kaum lelaki berfantasi ria dengan waifu hayalan mereka. Kalau bertemu mereka, kalian nggak perlu khawatir atau merasa cringe, mereka pada dasarnya harmless. Mereka cuman butuh kasing sayang doang. Wkwkwk

Wibu “Jangan Lupa Beli Komik Resminya”

Terakhir ada wibu manga garis keras yang snob-nya kebangetan. Mereka biasanya nongkrong di situs-situs baca manga yang ada di internet. Saat bertemu di forum, mereka selalu merendahkan orang yang menonton anime tanpa membaca manga. Ya, mereka menganggap kalau membaca manga jauh lebih esensial dan lebih mulia daripada menonton. Snob banget nggak tuh?

Selain itu kalimat andalan mereka yang paling nyebelin adalah “Jangan lupa beli komik resminya”. Mereka selalu menggunakan kalimat ini pada komik-komik yang sedang ramai diperbincangkan orang. Mereka sepertinya ingin terlihat mendukung author sekaligus menyindir mereka yang baca di wesbite ilegal. Padahal, dia sendiri juga baca di website ilegal. Wkwk~

Nah itu dia beberapa tipe wibu yang ada dan eksis di Indonesia. Gimana menurut kalian? Apakah kalian pernah lihat satu di antara mereka? Atau pernah lihat semuanya? Wkwkw~

More Stories
Rekomendasi 8 Tontonan Netflix Original Yang Tayang Agustus 2021
%d blogger menyukai ini: