Top Gun: Maverick Taklukkan Doctor Strange 2 di Box Office Dunia

Dalam beberapa tahun terakhir, blockbuster Hollywood identik dengan film-film superhero (ahem, lebih spesifik lagi, MCU). Toh, Top Gun: Maverick mampu menunjukkan taringnya mengalahkan film-film superhero di jenjang box office dunia.

Dari Box Office Mojo, sampai tanggal 27 Juni 2022, Top Gun: Maverick berhasil meraup pendapatan sebesar $1.006.423.000 (Rp14.899.891.230.400, hampir Rp 15 trilyun) dari seluruh dunia. Pendapatan ini membuatnya duduk di puncak box office.

Film soal pilot pesawat tempur ini bisa mengalahkan film dengan tema yang lebih bombastis, seperti Doctor Strange in the Multiverse of Madness, The Batman, dan juga Jurassic World Dominion.

Doctor Strange 2 meraih pendapatan $947.014.432 (sekitar Rp14 trilyun), The Batman meraih $770.345.583 (sekitar Rp11,4 trilyun), dan Jurassic World Dominion meraih $746.664.000 (sekitar Rp11 trilyun).

top gun maverick nomor 1 di box office dunia

Dengan begitu,Top Gun: Maverick juga menjadi film Tom Cruise yang paling laris. Sebelumnya, rekor ini dipegang oleh film Mission: Impossible – Fallout (Rp11,7 trilyun).

Fakta yang lebih luar biasa lagi, pendapatan Top Gun: Maverick di box office dunia ini tidak mengikutsertakan pangsa Cina dan Rusia (yang punya penduduk banyak). Lalu, film ini lebih menjual nostalgia pada penonton dewasa (mereka yang pernah nonton film Top Gun pertama).

Yang tidak kalah menarik, adegan pesawat di film ini juga mengandalkan pengambilan gambar yang lebih “manual” dibanding pemakaian CGI di film-film superhero.

Memang, dalam waktu-waktu tertentu, adegan laga yang memanfaatkan koreografi bisa mencuri perhatian di tengah hiruk pikuk CGI di berbagai film blockbuster. Lihat saja kesuksesan film John Wick dan The Raid.

Bagaimana dengan pendapatan Top Gun: Maverick di Indonesia?

Di Indonesia, Top Gun: Maverick masih harus mengakui keunggulan Doctor Strange in the Multiverse of Madness dan Jurassic World Dominion. Kehebatan Lt. Pete “Maverick” Mitchell mengendarai pesawat tempur hanya mampu duduk di puncak pada akhir minggu di akhir bulan Mei.

Yah, walau begitu, harus kita akui bahwa film ini adalah fenomena tersendiri. Tentu saja, rekor Top Gun: Maverick di box office ini akan mendapat tantangan besar dari Thor: Love and Thunder di buan Juli dan Avatar: The Way of Water di akhir tahun.

Yuk, lanjut baca
trailer train to busan 2 peninsula
Intip Trailer Film Zombie Korea Peninsula
%d blogger menyukai ini: