Sejarah Pembuatan Topeng Michael Myers Di Film Halloween

Bagi mereka para penggemar film horror thriller, pasti udah nggak asing lagi dengan topeng Michael Myers atau “The Shape” di film Halloween. Topeng ini menjadi salah satu topeng pembunuh ikonik dalam dunia perfilman.

Nah bagi kamu yang belum tahu, ternyata ada cerita menarik di balik pembuatan topeng Michael Myers di film Halloween ini. Dalam salah satu video di YouTube, sang pencipta topeng mempraktekkan bagaimana sejarah pembuatan topeng ini (ada di akhir artikel).

Film original Halloween yang tayang pada tahun 1978 menjadi awal mula kemunculan topeng ini. Sang pembuat topeng Tommy Lee Wallace membuat topeng ini dalam waktu 45 menit. Ia membuatnya dari karakter Captain James T Kirk yang diperankan oleh William Shatner di film Star Trek.

FYI, selain topeng Kapten Kirk, ada pula topeng lain yang dicoba. Yaitu topeng wajah Mr. Spock dan Presiden Amerika Richard Nixon. Topeng Kapten Kirk akhirnya dipilih karena tidak ada identitas wajah yang unik dan tanpa ekspresi. Dengan begitu mudah dimodifikasi.

Tommy Lee Wallace membuat topeng replika wajah William Shatner dan membuat beberapa perubahan pada topeng tersebut, seperti pada rambut, bagian mata yang dilebarkan, alis dan jambang yang dihilangkan dan beberapa detail warna putih yang dominan.

Video tersebut memperlihatkan kita bagaimana sederhananya membuat topeng Michael Myers di film Halloween. Namun kesederhanaan tersebut justru berbalik menjadi sesuatu yang ikonik. Keren kan?

Saking ikonik dan menyeramkannya topeng tersebut, dalam film Bride of Chucky yang tayang pada tahun 1998, di dalam sebuah loker terdapat topeng Michael Myers, Topeng Jackson dan Leather Face dari Texas Chainshaw. Itu berarti topeng ini telah berada satu kelas dengan topeng-topeng ikonis lain.

Namun topeng tersebut bukan satu-satunya topeng dalam waralaba Halloween, kini sudah terdapat 5 topeng berbeda yang dibuat untuk film ini, mempertimbangkan relevansi dan kebaruan cerita.

Dalam film Halloween terbaru di tahun 2018, kita melihat bahwa sang sutradara, David Gordon Green membuat gaya topeng yang asli namun diberi beberapa efek penuaan. Mengingat film tersebut mengambil latar 40 taun setelah peristiwa di film aslinya.

BACA JUGA  Trailer Film Halloween Kills, Cerita Di Balik Sosok Michael Myers

Nah Kesimpulan dari cerita pembuatan topeng ini ialah kreativitas, kecerdikan dan skill akan mengalahkan uang. Kamu nggak perlu menggunakan banyak anggaran untuk membuat sebuah topeng ikonis yang menakutkan untuk film horror. Dengan kesederhanaan, kamu bisa membuat ‘monster’ lain di masa depan.

Yah video tentang pembuatan topeng tersebut cukup menghibur kita sembari menunggu tanggal 16 Oktober 2020 dimana film terbaru Halloween Kill akan tayang. Gimana Popins, topeng Michael Myers mana yang jadi favoritmu?

%d blogger menyukai ini: