WandaVision Episode 8: Scarlet Witch dan Vision Putih

Ritme serial WandaVision boleh dibilang naik turun dan punya puncak-puncak hype kecil di beberapa episodenya. Setelah episode 7 menguak salah satu tabir misteri di serial ini, episode 8 WandaVision lebih seperti penjelasan soal apa yang terjadi.

Pada kisah kali ini, kita mengikuti kisah Agataha Harkness dan juga Wanda Maximoff sendiri. Selain itu, episode ini juga membahas identitas dan kekuatan Wanda. Termasuk yang paling vital, yaitu nama superhero-nya: Scarlet Witch.

Lalu, karena sudah kembali ke alur MCU, bukan di “fenomena Westview” lagi, episode 8 WandaVision juga memiliki adegan tambahan di credit title.

Inilah beberapa detil menarik kali ini.

Masa Lalu Agatha Harkness

Marvel memutuskan mengambil titik penting masa lalu Agatha Harkness di kejadian Salem Witch Trials pada tahun 1693. Di sini terlihat “kenakalan” Agatha mempelajari sihir gelap membawanya pada eksekusi yang dipimpin ibunya sendiri. Ini berbeda dengan versi komik yang menceritakan kalau Agatha-lah dalang dibalik Salem Witch Trials.

Episode ini menyebutkan kalau Agatha mengkhianati kelompoknya dan “mencuri pengetahuan yang melebihi usia dan posisinya, juga mempraktekkan sihir paling gelap.”

Selain itu, kekuatan ibu Agatha yang memunculkan “tiara energi” nampaknya memberi referensi tokoh penyihir Zhered-Na di komik. Tokoh ini juga memiliki buku yang disebut Tome of Zhered-Na yang mungkin merupakan buku yang ada di ruang bawah tanah Agatha di episode 7.

Masa Lalu Wanda

Episode 8 WandaVision mengukuhkan asal usul Wanda yang berbeda dengan versi komik. Di komik, Wanda dan Pietro adalah anak dari Magneto. MCU mengambil plot yang berbeda. Hal ini merupakan hasil kesepakatan 20th Century Fox (sebelum dibeli Disney) dan Marvel soal Quicksilver.

Pietro (Quicksilver) di X-Men tidak boleh berkaitan dengan Avengers. Sementara Wanda dan Pietro di MCU tidak boleh berkaitan dengan Magneto. Lucunya, Bryan Singer menyebutkan kalau adik Quicksilver di X-Men:Days of Future Past bukanlah Wanda, dan film X-Men: Apocalypse memperkenalkan anak Magneto yang lain, Nina.

Begitulah Wanda dan Pietro hadir dari orang tua yang biasa saja (walau belum terlalu jelas juga). Mereka menjadi korban serangan bom (buatan Stark Industries) dan besar di markas Hydra.

Kekuatan Wanda

Selain menceritakan masa lalu Wanda, episode ini juga mengindikasikan status Wanda sebagai penyihir, termasuk kekuatannya. Ini menarik, karena sebelum ini penggambaran kekuatan Wanda dan Pietro di MCU lebih sebagai mutan hasil eksperimen Hydra.

Namun di episode 8 ini, kita melihat kalau Wanda mungkin sudah punya kekuatan sihir sebelum jadi bahan uji coba Hydra. Terlihat pada bom buatan Stark Industries yang tidak jadi meledak. Agatha menyebutnya sebagai “probability hex” yang memang merupakan salah satu kemampuan Scarlet Witch.

Penampakan Identitas Wanda

Di markas Hydra, Wanda menjadi bahan uji coba menghadapi kekuatan Mind Stone yang ada di tongkat yang dulu dipegang Loki. Di sini kelihatannya Mind Stone memacu kekuatan Wanda. Mind Stone juga memperlihatkan identitas Wanda di masa depan.

Pada penampakan itu, terlihat sosok yang memakai kostum Scarlet Witch seperti di komik (perhatikan tiaranya). Tapi walau punya sosok mirip, kostum ini kelihatannya berbeda dengan versi di malam Halloween pada episode 5.

Paparan kekuatan Mind Stone pada Wanda ini mungkin juga sedikit menjelaskan ikatan yang muncul antara Wanda dan Vision. Bagaimanapun juga Mind Stone berada di kepala Vision.

“Fenomena Westview”

Di episode ini juga menjadi jelas bahwa Wanda-lah yang menciptakan Westview. Hal ini juga menjelaskan kenapa “fenomena Westview” alias “serial WandaVision” juga memiliki nuansa sitkom dari masa ke masa. Hal itu dipicu masa kecil Wanda yang hobi nonton tayangan sitkom Amerika.

Lalu fenomena ini juga muncul akibat Wanda melihat Vision dirombak (Wanda tidak bisa merasakan kehadiran Vision). Hal ini menjadi puncak depresinya yang sudah kehilangan keluarganya.

Menariknya, berbeda dengan ucapan Hayward sebelumnya, Wanda tidak mencuri tubuh Vision. Hal ini menunjukkan kalau ada yang tidak konsisten. Kalau tubuh Vision tetap ada di markas SWORD dan yang ada di Wesview adalah ciptaan Wanda, kenapa Hayward bilang ia melacak keberadaan Vision di Westview lewat vibranium?

Di sini kita juga melihat kondisi kota Westview dalam kondisi normal. Sebuah kota kecil yang tampak sedih dan murung. Heh, versi Wanda kayaknya malah lebih baik dari kondisi aslinya.

Nama Scarlet Witch Disebut Pertama Kali

Akhirnya setelah sekian lama muncul di MCU, nama superhero Wanda Maximoff disebut untuk pertama kalinya. Agatha mengatakan kalau Wanda menciptakan Westview dengan chaos magic yang bisa menciptakan sesuatu secara spontan. Dengan begitu, Wanda adalah Scarlet Witch yang seharusnya hanya mitos.

Chaos magic memang salah satu kekuatan Scarlet Witch. Dari ucapan Agatha itu, kelihatannya sebagai penyihir, Wanda pun unik dan punya kemampuan lebih. Kevin Feige sendiri pernah membandingkan kekuatan Wanda dan Doctor Strange, juga menyebutkan kalau kekuatan Wanda ini akan mempengaruhi fase 4 MCU.

Vision Lahir Kembali

Di mid-credit title scene, kita melihat direktur Hayward membangkitkan Vision kembali. Berbeda dengan sebelumnya, Vision di sini memiliki badan bernuansa putih. Hal ini kelihatannya merujuk pada komik Vision Quest karya John Byrne di tahun 1989.

Di samping itu, warna menjadi tanda kesadaran Vision. Ketika berada di alat regenerasi buatan Dr. Helen Cho, Vision masih berupa tubuh berwarna abu-abu. Ia berwarna ketika energi petir dari Thor mengisi tubuhnya dan memicu Mind Stone menghadirkan kesadaran. Vision kembali menjadi tak berwarna ketika mati dibunuh Thanos.

Hal ini menunjukkan kalau — untuk saat in — Vision bernuansa putih ini hanyalah berupa android. Menariknya, di komik Vision kembali berwarna ketika bertukar tubuh dengan Vision lain dari paralel lain bumi. Hm, indikasi untuk tema multiverse di fase 4 MCU semakin kuat.

Lalu, Vision putih ini sedikit mengingatkan pada Gandalf dari Lords of The Rings, yang lahir kembali setelah bertarung dengan Balrog sebagai Gandalf The White.

More Stories
Jangan Lewatkan Seri Terbaru Deadpool, Doi Coba “Berbisnis”!
%d bloggers like this: