5 Rekomendasi Anime Isekai dengan Worldbuilding Terbaik, Bukti Isekai Tak Cuma Power Fantasy

Rekomendasi Anime Isekai dengan Worldbuilding Terbaik

Di artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi anime isekai dengan worldbuilding terbaik. Seri anime yang bisa menjadi santapan kamu yang menginginkan cerita unik dan kompleks serta tidak melulu soal karakter utama mengalahkan musuh dan membangun harem.

Apa itu Isekai

Isekai adalah subgenre cerita fantasi di mana karakter utama tiba-tiba berpindah dunia dari dunia asalnya ke dunia baru. Subgenre cerita ini di dunia barat sudah lama populer.

Konsepnya sudah lama tertanam di dunia literatur barat lewat Alice in Wonderland karya Lewis Caroll, The Wizard of Oz karya Frank L. Baum, dan bahkan Peter Pan karya J.M Barrie.

Karakter utama di cerita isekai, sama seperti Alice di Alice in Wonderland, tiba-tiba mendapati mereka berada di dunia fantasi penuh dengan sihir, pedang, dan petualangan.

Walaupun konsep awalnya sudah eksis sejak ratusan tahun, istilah “isekai” bisa dibilang baru dan baru digunakan satu dekade terakhir ini. Sebelum istilah isekai populer, cerita seperti ini dideskripsikan sebagai manga atau anime soal “terperangkap di dunia lain”.

Di cerita isekai, karakter utama harus berpindah secara fisik atau hanya jiwanya saja ke tubuh yang baru di dunia yang baru. Ia kemudian memiliki kekuatan spesial dan lebih istimewa ketimbang penduduk asli, dan dengan mudah menjalani petualangan mereka dengan mengalahkan penduduk asli dunia baru.

Sekilas, premis yang mengundang para penggemar power fantasy, di mana karakter utama dengan mudah meraih segalanya di dunia baru setelah mengalami kesulitan di dunia asalnya. Tak mengherankan kalau ada banyak anime isekai dengan MC overpowered dan tak tertandingi.

Tetapi, banyak juga yang ditawarkan isekai selain power fantasy dan karakter utama overpowered. Dunia yang berbeda dengan dunia sebelumnya menjadikan banyak pengarang menghadirkan dunia yang unik, imajinatif, dan kompleks.

Di cerita-cerita itu, karakter utama yang kebanyakan menjadi self-insert pembaca lebih dijadikan pelengkap. Dunia baru mereka lebih diperjelas, diperkaya dengan berbagai konsep, tak ubahnya cerita epik fantasi pada umumnya.

Definisi Worldbuilding

Worldbuilding adalah proses membuat dunia, di sini maksudnya dunia imajinari dan sering diasosiasikan dengan dunia fiksi. Mengembangkan setting yang imajinatif dengan berbagai kualitas yang kohesif seperti sejarah, geografi, dan ekologi membutuhkan kerja keras bagi para penulis science fiction atau fantasi.

Worldbuilding di cerita anime isekai cenderung mengikuti pola yang simple. Struktur negara yang simple, dan cara hidup masyarakat yang simple.

Contohnya, mayoritas cerita anime isekai menampilkan adventurer guild, sekolah sihir/ksatria, dan konsep-konsep seragam untuk menghindari membuat struktur dunia yang kohesif.

Rekomendasi Anime Isekai Dengan Worldbuilding Terbaik

1. Honzuki No Gekokujou (Ascendance of the bookworm)

Rekomendasi Anime Isekai dengan Worldbuilding Terbaik
Honzuki No Gekokujou (Ascendance of the bookworm)

Seorang mahasiswi pecinta buku dan literatur hampir mencapai impiannya sebagai pustakawan sebelum mati dalam kecelakaan. Sebelum mati, dia berharap bisa membaca lebih banyak buku lagi.

Seolah mendengar permintaannya, takdir menjadikannya terlahir kembali sebagai Myne, seorang gadis dengan tubuh sakit-sakitan berusia lima tahun, yang hidup di era pertengahan.

Myne langsung menyadari kalau dunia tempatnya tinggal berbeda dengan yang dulu dia tinggali. Mulai dari bahasa sampai sistem tulisan yang ada.

Myne juga frustrasi karena dia terlahir sebagai orang biasa, yang kesulitan untuk mendapatkan buku. Berbeda dengan kaum bangsawan, orang biasa kesulitan untuk sekedar mendapatkan uang kebutuhan sehari-hari.

Tanpa teknologi printing, buku harus ditulis dan dikopi oleh tangan, membuat komoditas tersebut sangat mahal. Oleh karena itu, hanya segelintir kaum bangsawan yang bisa memilikinya. Tetapi, Myne tetap bertekad. Kalau dia tak bisa mendapatkan buku, maka dia tinggal membuatnya sendiri.

BACA JUGA  Cruchyroll Rilis Trailer Perdana Anime Original Tower of God

Anime yang tayang sebanyak 34 episode ini diadaptasi dari light novel karya Miya Kazuki. Miya Kazuki adalah pengarang bertipe seperti Eiichiro Oda, pengarang One Piece.

Kazuki, seperti halnya Oda, sangat gemar membuat setting dunia yang kaya dengan kultur, ekologi, sejarah, dan struktur sosial yang kompleks.

Contohnya, orang biasa seperti keluarga Myne tinggal di bagian kota khusus untuk orang biasa terpisah dari wilayah para bangsawan. Tetapi, wilayah orang biasa itu juga masih di segmentasi lagi.

Wilayah utara untuk para orang biasa berpenghasilan menengah ke bawah dan wilayah selatan untuk para orang biasa berpenghasilan menengah ke atas yang sering berbisnis dengan bangsawan.

Tentunya hal itu berefek ke kebersihan dan penampilan masyarakatnya. Warga wilayah selatan lebih rapi dengan rumah yang lebih besar dan bersih.

Selain itu, dijelaskan juga mengapa dunia ini begitu membutuhkan segmentasi antara orang biasa dan bangsawan, dan mengapa mereka harus tunduk pada bangsawan. Orang biasa sangat membutuhkan bangsawan untuk kebutuhan pertanian, keamanan dan kesejahteraan mereka.

Belum lagi ketika kita masuk ke wilayah bangsawan. Para bangsawan juga tersegmentasi lagi, dengan kriteria segmentasi yang berbeda dengan orang biasa. Ada Archnoble, Mednoble, dan Laynoble. Peran mereka dalam pemerintahan juga berbeda.

Ada bangsawan pemilik tanah dan bukan pemilik tanah. Ada juga perpecahan faksi dan intrik politik layaknya Game of Thrones. Ada action dan magic battle di Ascendance of the Bookworm, tetapi daya tarik utamanya adalah bagaimana Myne bisa mencapai impiannya yang simple di dunia yang super kompleks.

Judul/ Judul AlternatifHonzuki no Gekokujou: Shisho ni Naru Tame ni wa Shudan wo Erandeiraremasen,
本好きの下剋上 ~司書になるためには手段を選んでいられません~
Jumlah Episode34 (3 Season)
StudioAjia-Do

2. Log Horizon

Log Horizon

Mungkin banyak yang bertanya-tanya, “Loh, bukannya Log Horizon cuma genre isekai dengan konsep video game yang sudah banyak contohnya?”

Memang, sekilas Log Horizon adalah cerita transportasi ke dunia lain atau lebih tepatnya ke dunia video game. Tetapi, worldbuilding yang digunakan oleh sang pengarang light novel, Mamare Touno mampu membungkus cerita ini menjadi sajian yang tiada tara.

Dalam sekejap mata, 30000 gamer Jepang ditransportasi dari kehidupan sehari-hari mereka ke dunia MMORPG populer, Elder Tale, setelah update terbaru game tersebut. Ditambah lagi, mereka tak bisa log out. Di antara mereka adalah seorang mahasiswa S2 canggung bernama Shiroe.

Shiroe, sebagai veteran di game Elder Tale, sempat mengalami shock sesaat, dan langsung memutuskan untuk mengeksplor batasan dunia baru yang dia tempati.

Shiroe harus mempelajari cara hidup di dunia baru ini, memimpin pemain lainnya dan bernegosiasi dengan NPC (Non Playable Characters) — yang mendadak memiliki kesadaran — atau penduduk asli dunia ini untuk membawa stabilitas di kota virtual Akihabara.

Teman lamanya, Naotsugu, serta gadis assassin veteran lainnya, Akatsuki, bergabung dengan Shiroe untuk mencapai tujuannya tersebut.

Konsep video game yang melebur menjadi satu dengan dunia nyata dibuat sebegitu kompleks oleh Mamare Touno. Tak mengherankan, pengarang itu sebelumnya pernah membuat cerita dunia yang kompleks dengan konsep ekonomi yang unik lewat novel sebelumnya, Maoyuu Maou Yuusha.

Berbagai batasan video game yang ditemukan Shiroe harus dilalui dengan situasi yang tak terduga atau harus dipaksakan sendiri olehnya. Di antara para pemain yang masuk ke dunia baru juga ada perpecahan. Ada yang panik, ada juga yang masuk ke dunia kejahatan karena tak ada stabilitas dan pemerintahan.

BACA JUGA  Rekomendasi 10 Film Anime Terbaik, Penuh dengan Kisah Haru dan Epik

Konflik dengan para penduduk asli dunia baru juga patut dicermati. Mereka memiliki berbagai faksi dan tujuan tersendiri. Shiroe dan yang lainnya tak bisa semerta-merta memaksakan kehendak, dan mesti mengetahui berbagai intrik untuk bisa bertahan hidup di dunia ini.

Dalam pertarungan juga dicerminkan konsep tersebut. Shiroe bukanlah tipe yang bertarung di garis depan. Dia adalah tipe support yang mengeluarkan sihir support dan menyediakan strategi. Dia harus dibantu teman-temannya, dengan berbagai role yang berbeda seperti Vanguard, Guard, Healer, Assassin, dan lain-lain, untuk bisa mengalahkan lawannya.

Bisa dikatakan, Log Horizon adalah cerita fantasi, petualangan, dan politik yang mengeksplor elemen game lewat master strategist Shiroe yang selalu mencoba menghadirkan solusi terbaik dari segala situasi.

Judul/ Judul AlternatifLog Horizon, ログ・ホライズン
Jumlah Episode62 (3 Season)
StudioSatelight, Studio Deen

3. Mushoku Tensei: Isekai Ittara Honki Dasu

Mushoku Tensei

Bisa disebut sebagai prototype cerita anime, manga, dan light novel isekai modern. Novel karya Rifujin No Magonote ini mulai dipublikasi sejak pertengahan 2000-an, dan berbagai konsep di dalamnya banyak ditiru berbagai pengarang modern.

Menceritakan tentang seorang lelaki hikikomori yang selalu dibulli, dicerca, dan ditindas sepanjang hidupnya. Suatu hari, setelah diusir dari rumahnya, dia kebetulan mendapati sekelompok anak sekolah yang hampir ditabrak truk.

Merasa ingin melakukan satu hal yang benar dalam hidupnya, dia mencoba menyelamatkan mereka, dan hidupnya berakhir tragis. Tetapi, sesaat kemudian dia terbangun di dunia baru sebagai Rudeus Greyrat, memulai hidupnya lagi sebagai anak yang dicintai oleh kedua orang tuanya.

Mendapatkan ingatan dan pengetahuan dari kehidupan sebelumnya, Rudeus dengan cepat beradaptasi di lingkungan barunya termasuk bahasa dan tulisan di dunia yang baru. Dengan pemikiran orang dewasa, dia bisa menunjukkan bakat sihir yang melebihi ekspektasi semua orang.

Ditambah lagi Rudeus dibantu oleh guru sihirnya, Roxy Migurdia, dan instruktur pedang sekaligus Ayahnya, Paul. Rudeus dengan cepat menyerap semuanya, dan menjadi anak berbakat di usia muda.

Rudeus juga bertemu dengan Sylphiette, gadis seusianya yang di-bully karena perbedaan fisiknya sebagai elf berambut hijau.

Di kesempatan hidup yang kedua ini, Rudeus mencoba berbagai kesempatan sekaligus menghapus trauma masa lalunya.

Penggambaran setting di Mushoku Tensei terasa begitu hidup sehingga layak disebut sebagai salah satu anime isekai dengan worldbuilding terbaik. Tak hanya struktur sosial dan rasnya yang beragam dan kompleks, tapi juga geografinya yang tersebar di berbagai benua.

Bahasa serta cara pandang ras yang berbeda juga digambarkan berbeda. Rudeus harus mempelajari bahasa yang berbeda, mengetahui maksud dan intrik tersembunyi dari percakapan ras lain sebelum menyimpulkan sesuatu.

Contohnya, Roxy, guru sihir Rudeus mengajarkan padanya untuk berhati-hati pada ras Supardia karena ras tersebut terkenal barbar dan sadis. Nantinya, ketika Rudeus bertemu dengan anggota Supardia yang asli bernama Ruijerd, Rudeus menyadari kalau ajaran Roxy berakar dari mitos turun temurun akibat kesalahpahaman.

Konsep sihir, ilmu pedang, dan kekuatan juga dijelaskan gamblang. Ada berbagai tingkatan sihir, dan berbagai sekolah ilmu pedang. Lengkap dengan berbagai gaya dan keunikan masing-masing. Tetapi, daya tarik utamanya tetaplah di karakter utamanya, Rudeus.

Karena petualangan baru Rudeus di dunia baru ini bertujuan tak hanya untuk mengeksplor dunia yang kompleks dan beragam, tetapi juga untuk mengeksplor trauma masa lalunya sambil berharap menemukan apa yang tidak dia temukan di dunia aslinya, cinta.

BACA JUGA  Asa Isayama di Musim Ketiga ‘Attack On Titan’. Segera Rilis!
Judul/ Judul AlternatifMushoku Tensei: Jobless Reincarnation, 
無職転生 ~異世界行ったら本気だす~
Jumlah Episode23
StudioStudio Bind

4. Genjitsu Shugi Yuusha no Oukoku Saikenki (How a Realist Hero Rebuilt the Kingdom)

Genjitsu Shugi Yuusha no Oukoku Saikenki

Konsep pahlawan yang dipanggil dari dunia lain untuk mengalahkan “Raja Iblis” sudah banyak ditemukan di manga, anime, dan game bertema isekai. Tetapi, banyak pengarang yang hanya menggunakan template yang sama, menghasilkan dunia yang terasa hambar.

How a Realist Hero Rebuilt the Kingdom adalah contoh cerita isekai dengan worldbuilding yang kompleks. Berbagai karakter dari beragam ras dan wilayah serta negara, berpadu dengan cerita menyeluruh yang menekankan khasnya dunia tersebut.

Setelah kematian kakeknya sekaligus keluarganya satu-satunya, Kazuya Souma, seorang mahasiswa berusia 19 tahun yang bermimpi menjadi pegawai negeri tiba-tiba ditransportasi ke dunia lain.

Souma mendapati dirinya di kerajaan Elfrieden, kerajaan kecil yang sedang mengalami berbagai kesulitan di dunia lain yang berbeda dari dunia yang dia ketahui. Souma dipanggil untuk menjadi “pahlawan”.

Saat ini, di dunia tersebut sedang ada peperangan antara pasukan raja iblis dengan aliansi seluruh negara di benua yang membuat seisi dunia terancam bahaya. Souma dipanggil sebagai persembahan dari Elfrieden pada aliansi dikarenakan krisis ekonomi yang menimpa negara tersebut. Tujuan awalnya, dengan memanggil “pahlawan” maka Elfrieden tak perlu membayar upah bantuan.

Tak mau dijadikan objek persembahan seperti itu, Souma bertekad untuk memperbaiki Kerajaan Elfrieden. Mulai dari menghidupkan ekonomi, memilih komuditas baru, mencari bahan pokok yang mudah dipanen. Souma tak ragu untuk menjual aset negara untuk mendapatkan dana.

Ditemani Putri kerajaan Elfrieden, Liscia dan deretan cast yang berbakat di berbagai sisi pemerintahan, Souma memulai petualangannya sebagai pahlawan yang realis. Bukan pahlawan yang menggunakan pedang dan sihir untuk mengalahkan musuh, tetapi membantu kerajaannya kembali ke kejayaan.

Daya tarik How a Realist Hero Rebuilt the Kingdom adalah di berbagai konsep ekonomi, pertanian, kesehatan, dan filosofi yang berdasarkan konsep asli di dunia nyata. Dunia baru ini juga menyajikan berbagai negara dan ras yang tersebar, lengkap dengan berbagai kepercayaan dan agama yang menyelimutinya.

Judul/ Judul AlternatifHow a Realist Hero Rebuilt the Kingdom,   現実主義勇者の王国再建記~
Jumlah Episode26
StudioJ.C. Staff

5. Saihate No Paladin (The Faraway Paladin)

Saihate No Paladin

Menceritakan tentang seorang anak laki-laki yang meninggal setelah merasa gagal dalam hidupnya. Anak itu terlahir di dunia baru sebagai William G Maryblood. Will kecil diasuh oleh tiga undead sebagai anak mereka sendiri. Blood — si skeleton — mengajarkannya ilmu pedang, Gus — si hantu — mengajarkannya ilmu sihir, dan Mary — si mummy — mengajarkannya agama dan tanggungjawab.

Namun bagi Will, yang terpenting adalah mereka bertiga mengajarkan cinta padanya. Ketika Will tumbuh besar dan mempelajari dunia tempatnya tinggal, tiba saatnya dia harus memulai perjalanan dan petualangannya sendiri. Bagi Will, perjalanan ini adalah janji seumur hidup.

Pada upacara kedewasaan, setiap anak yang beranjak dewasa harus bersumpah pada dewa yang mereka pilih, semakin kuat sumpah terhadap suatu dewa, maka semakin kuat juga blessing yang mereka terima.

Dengan semakin dekatnya perjalanannya, Will harus bersiap menghadapi kebenaran di balik ketiga undead yang menjadi orang tua asuhnya. Will juga harus bersiap memenuhi sumpah yang akan dia buat.

Saihate No Paladin adalah tipe cerita epik layaknya Lord of The Rings karya J.R.R Tolkien. Kita dapat melihat dunia yang kompleks dan penuh dengan berbagai ras seperti elf, dwarf, dan undead.

Kalau kalian menggemari kisah epik ala Tolkien, maka cerita petualangan Will sangat cocok untukmu. Selain itu, dialog dan narasi di Saihate No Paladin seperti menggunakan bahasa puitis layaknya cerita literatur kuno ala Shakespeare atau Beowulf.

Judul/ Judul AlternatifThe Faraway Paladin, 最果てのパラディン
Jumlah Episode12
StudioChildren’s Playground Entertainment

Mana Anime Isekai Favoritmu?

Demikian daftar rekomendasi 5 anime isekai dengan worldbuilding terbaik dari kami. Mana yang jadi favoritmu? Atau kira-kira kalian ada rekomendasi yang lain? Tuliskan komentar di bawah ya!

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: