Netflix Berencana Garap Drama Korea Adaptasi Serial “Money Heist”

Ada kabar baik bagi para pecinta drama Korea dan pecinta Money Heist. Kabarnya situs streaming terbesar di dunia, Netflix kini sedang mengerjakan adaptasi drama Korea dari salah satu serial internasional besarnya tersebut.

La Casa De Papel sendiri kini sedang dalam tahap produksi di season kelimanya, yang merupakan season terakhirnya. Season sebelumnya yang menceritakan perampokan di bank Spanyol berhasil menarik lebih dari 65 juta penonton dalam jangka waktu 4 minggu sejak peluncurannya pada April 2020 lalu.

Serial yang dibuat oleh Alex Pina ini merupakan serial drama kriminal yang mengikuti serangkaian perampokan yang dilakukan sekelompok perampok yang ‘nyentrik’ dan nggak biasa. Menyaksikan kembali cerita karakter-karakter Money Heist seperti Professor, Berlin, Nairobi, Denver, Rio, Tokyo dan Helsinki telah dinantikan para penggemar di seluruh dunia.

Alex Pina sendiri akan menjadi eksekutif produser pada adaptasi drama Korea Money Heist. Serial ini akan disutradarai oleh Kim Hong-sun, seorang sutradara yang telah terkenal dan banyak menggarap drama TV seperti The Guest, Voice dan Black yang dikenal dengan genre criminal-fantasy.

Kim nggak bekerja sendiri. Ryu Yong-jae akan menulis skenario adaptasi ini. Ryu dan timnya dikenal karena menggarap serial Netflix Holo Love dan serial tVN Psychopath Diary. BH Entertaiment dan Contents Zium akan menjadi produser serial ini.

Ada beberapa alasan Alex Pina sebagai pencipta menyentujui adaptasi ini. Alex perfikir bahwa para pegiat film di Korea telah berhasil mengembangkan budaya dan bahasa lewat media audio-visual mereka sendiri selama bertahun-tahun.

Yup seperti kita tahu, nggak bisa dipungkiri bahwa hari ini Korea Selatan adalah salah satu negara penghasil film maupun serial-serial pencetak hit. Puncaknya kemenangan film Parasite garapan Bong Joon-ho di ajang Oscar sebagai Best Picture Film

“Mereka (kreator Korea) telah berhasil seperti serial kami. Mereka berhasil melampaui batas budaya dan menjadi titik rujukan bagi ribuan pemirsa di seluruh dunia, terutama di kalangan anak muda. Itu adalah asalan mengapa serial La Casa De Papel akan menarik jika diadaptasi ke versi Korea. Selain itu, fakta bahwa rencana latar aksi akan dilakukan di Semenanjung Korea merupakan hal menarik bagiku secara pribadi” ujar Alex Pina dalam salah satu wawancara.

Terlepas dari itu, seperti kita tahu Korea memiliki budaya dan gayanya sendiri dalam menggarap sebuah serial. Banyak yang berharap bahwa serial ini bisa lebih ‘lokal’. Maksudnya, gaya penceritaan, latar, tokoh dan budaya merepresentasikan Korea secara mendalam.

Akhir kata saya bisa membayangkan bagaimana nantinya lagu Bella Ciao dinyanyikan dalam bahasa Korea. Ini harus terjadi dan bukan nggak mungkin dilakukan. Sebab Korea Selatan adalah negara yang memiliki sejarah panjang soal pergerakan rakyat yang menjadi salah satu daya tarik dari serial Money Heist.

More Stories
film ave maryam
(Review) Film “Ave Maryam”: Kisah Cinta Seorang Suster Gereja
%d bloggers like this: