Syuting Film Rampung, Ini 5 Fakta Superhero Indonesia Sri Asih

Kabar baik datang dari industri film Indonesia. Lewat laman Instagram pribadinya, Pevita Pearce, pemeran tokoh superhero Sri Asih mengatakan kalau proses syuting film tersebut telah rampung. Fakta bahwa proses pengambilan gambar selama 3 tahun film superhero Sri Asih membuat banyak pecinta film nggak sabar.

Sosok Sri Asih mungkin sudah nggak asing lagi di telinga sebagian orang, apalagi superhero ini sempat muncul di akhir cerita film Gundala. Pertanyaannya, seberapa kenal sih kita dengan Sri Asih? Nah buat kamu yang mungkin belum tahu seluk beluknya, Popculture.id telah merangkum 5 fakta menarik soal superhero asli Indonesia ini. Yuk langsung simak selengkapnya di bawah ini!

Sejarah Sri Asih

Sri Asih adalah karakter ciptaan sekaligus karya pertama dari R.A Kosasih, Bapak Komik Indonesia sekaligus, Stan Lee-nya Indonesia Wkwk. Komik ini pertama kali diterbitkan Madjalah Komik pada tahun 1954 oleh penerbit Melodie kota Bandung. Nggak hanya menyediakan cerita dan karakter superhero perempuan pertama, Sri Asih juga menjadi tonggak kebangkitan komik superhero di Indonesia. Hal yang membuat komik ini keren adalah cara Kosasih menggabungkan beragam referensi budaya pop dan kebudayaan lokal. Keren kan?

Identitas dan Penampilan

Dalam versi Komik, Sri Asih sendiri memiliki nama asli Nani Wijaya, seorang perempuan lugu yang merupakan reinkarnasi dari Dewi Sri. Berbeda dengan Gundala yang berasal dari kaum miskin, Nani Wijaya adalah keturunan orang kaya. Menariknya Nani Wijaya memiliki dua kepribadian; Kepribadian yang percaya diri dan kepribadian lugu yang kerap dianggap remeh oleh teman-temannya.

Sebagai superhero asli Indonesia, Sri Asih berpenampilan nusantara banget. Ia mengenakan kemben, mahkota dan kain selendang. Kendati begitu, pasti akan ada perubahan dan penyesuaian kostum pada film adaptasinya kelak. Mungkin corak nusantara Sri Asih akan dikolaborasikan dengan gaya modern.

Kekuatan

komik superhero indonesia sri asih

Sri Asih sendiri merupakan adisatria atau superhero perempuan pertama di Indonesia. Sebagai reinkarnasi Dewi Sri, ia memiliki kekuatan bernama Triwikrama, kemampuan utama titisan Dewa Wisnu. Sri Asih mampu menggandakan dirinya sebanyak mungkin dan memperbesar ukuran tubuhnya.

Menariknya Sri Asih juga memiliki tubuh yang kebal dengan tenaga yang nggak main-main. Disebutkan Sri Asih punya kekuatan setara 250 laki-laki dengan kemampuan bela diri di atas rata-rata. Ia juga dapat terbang yang diperlihatkan saat ia menyelamatkan Gundala dalam film garapan Joko Anwar.

Musuh

Sama seperti kebanyakan superhero, Sri Asih memiliki musuh bebuyutannya sendiri. Kalau Gundala harus disulitkan oleh Pengkor, maka Sri Asih kerap berhadapan dengan Serigala Hitam dan Geng Gerombolan Kawa-Kawa. Diceritakan Serigala Hitam pernah membuat Sri Asih lumpuh.

Oiya, menurut Wikipedia, Sri Asih juga memiliki beragam kisah menarik di berbagai lokasi. Nggak hanya berlatar Indonesia, Sri Asih juga sempat menyelamatkan masyarakat Singapura dan Makau. Musuh yang ia hadapi juga berbeda-beda dari mulai penjahat mata seribu sampai bajak laut.

Adaptasi Film

pevita pearce sebagai sri asih

Buat kamu yang belum tahu, komik Sri Asih sendiri bukan pertama kalinya diadaptasi menjadi sebuah film layar lebar. Pada tahun 1954, Sri Asih pernah difilmkan yang disutradarai oleh Turino Djunaedy dan diperankan oleh aktris Mimi Mariani. Karenanya, Sri Asih sendiri merupakan film superhero pertama di Indonesia.

Kini, superhero itu diadaptasi berbarengan dengan digarapnya Bumi Langit Universe. Dengan perkembangan teknologi dan kemampuan sineas yang semakin matang, Upi Avianto memimpin penggarapan film superhero perempuan asli Indonesia ini. Tokoh utama film itu sendiri diperankan oleh aktris kenamaan Pevita Pearce yang kabarnya telah berlatih bela diri agar perannya sebagai superhero terasa otentik.

Nah, gimana menurut kalian Popins? Apakah kalian makin nggak sabar menantikan film superhero Sri Asih ini? Ya semoga saja filmnya cepat selesai ya. Aminn~

More Stories
Ayo Nikmati Serunya Assassin’s Creed Origins
%d bloggers like this: