Ngeri! Ini 8 Film yang Jadi Inspirasi Para Penjahat di Dunia Nyata

A 24-year-old man dressed in Batman's Joker costume attacked passengers on a Tokyo train line, injuring 17 people as many partygoers headed into the city center for Halloween gatherings

Film adalah sebuah karya seni yang memiliki pengaruh yang sangat besar. Sama seperti musik, film bisa mempengaruhi perilaku, pemikiran bahkan menginsiprasi seseorang untuk melakukan sesuatu atau mengubah prinsip hidupnya. Namun siapa sangka kalau ternyata film bisa menjadi inspirasi bagi para penjahat di dunia nyata.

Yup, selain punya pengaruh positif dan baik, ternyata ada sejumlah film yang menjadi inspirasi penjahat untuk melakukan tindakan-tindakan kriminal yang berbahaya. Dalam beberapa kasus, ada orang yang sampai melakukan perampokan, pengeroyokan bahkan sampai pembunuhan karena merasa terinspirasi. Emang film apa aja sih yang sampai punya pengaruh sekuat itu? Daripada penasaran, yuk langsung aja simak daftar selengkapnya di bawah ini!

Joker

Pertama ada film baru Joker yang dibintangi Joaquin Phoenix. Siapa sangka film depresif yang berkisah tentang villain ikonis ini mampu menginspirasi seseorang untuk melakukan tindakan jahat yang serupa dengannya. Peristiwa mengerikan ini juga terjadi baru-baru ini.

Pada Selasa, 2 November 2021 ada sebuah kejadian mencekam di Jepang. Pada perayaan Halloween, seorang pria yang menaiki kereta menusuk 17 orang dan membakar gerbong kereta yang ia tumpangi. Menariknya, sang pelaku menggunakan kostum Joker dan merokok setelah melakukan tindakan kriminal tersebut. Kini sang pelaku telah mendapat dakwa untuk hukuman mati. Meski begitu, sang pelaku mengaku nggak menyesal melakukan penusukan massal tersebut.

The Dark Knight

Masih sama dengan peristiwa pertama, sosok villain Joker memang sempat menjadi inspirasi bagi banyak kejahatan di dunia nyata. Apalagi dalam film The Dark Night, Joker diperlihatkan begitu brutal, cerdas, anarkis dan karismatik. Nggak mengherankan kalau banyak orang yang mengikuti tindakan kejahatannya.

Ada beberapa kejadian yang menjadikan Joker The Dark Night sebagai inspirasi utama. Pertama adalah kejadian pembobolan dan pemukulan seorang pria asal Winconsin, Amerika Serikat pada tahun 2010. Ia berdandan layaknya Joker. Pada tahun 2011, seorang murid perempuan di salah satu sekolah Amerika Serikat mencoba menyerang dan melukai gurunya sendiri dengan pisau cukur. Mengerikannya lagi, sang perempuan berdandan terlebih dahulu sebagai Joker sebelum melakukan aksi gila tersebut.

Scream

Ghostface menjadi salah satu pembunuh bertopeng paling mengerikan yang pernah ada dalam film. Tokoh ini muncul dalam film slasher klasik berjudul Scream. Dalam film tersebut, Ghostface melakukan aksi teror dan membunuh orang-orang dengan kejam dan dingin.

Film ini tentu saja merupakan karya fiksi yang nggak seharusnya orang-orang ikuti. Namun film yang rilis pada tahun 1996 ini justru menginspirasi seorang pria bernama Jaradin. Peristiwa nahas ini terjadi pada tahun 2001 kala Jaradin menggunakan topeng Ghostface dan menghabisi perempuan tetangganya sendiri. Jaradin mengaku ia terinspirasi dari film Scream dan juga membunuh perempuan tersebut karena sakit hati cintanya mendapat penolakan.

Twilight

Nggak pernah ada orang yang berpikir bahwa film romansa Twilight akan menginspirasi seseorang melakukan tindak jahat dan kekerasan. Nyatanya, hal ini benar-benar terjadi di dunia nyata. Kejadian ini terjadi di sebuah sekolah di Amerika Serikat. Seorang murid laki-laki kabarnya secara brutal menyerang teman-temannya di bagian leher dengan cara menggigitnya.

Sempat bingung dengan motif dan cara sang murid melakukan hal tersebut, para guru kemudian menangkap dan mengintrogasi sang murid. Si murid nggak mengaku dan memilih untuk diam. Namun, orang tuanya kemudian berkata jujur bahwa anaknya sedang terobsesi dengan film Twilight dan berpikir bahwa ia merupakan vampir layaknya Edward Cullen. Wkwk~

The Town

Selanjutnya ada film The Town yang menginsiprasi 3 orang perampok di New York City saat melakukan aksinya. Buat kamu yang belum tahu, film The Town yang dibintangi Ben Affleck ini berkisah tentang perampokan. Dalam film tersebut adegan ikonisnya adalah saat perampok menggunakan topeng lateks berwujud biarawati saat melancarkan aksinya.

Cerita dan cara tersebut rupanya sangat menginspirasi 3 orang perampok kulit hitam bernama Akeem Monsalvatge, Derrick Dunkley, dan Edward Byam. Mereka membuat topeng lateks dan menyamar menjadi polisi berkulit putih dan melancarkan aksinya. Ketiga orang ini kemudian merampok sebuah toko yang kerugiannya mencapai 2,8 milliar rupiah. Aksi jahat namun unik nan brilian ini menjadi heboh setelah ketiganya ditangkap pihak berwajib. Atas perampokan dan penyamarannya sebagai polisi, ketiganya mendapat hukuman 32 tahun penjara.

Natural Born Killers

Selanjutnya ada film Natural Born Killers yang rilis tahun 1994. Film ini secara singkat berkisah tentang sepasang kekasih yang melakukan beragam aksi kejahatan sambil berkelana. Mereka melakukan hal tersebut demi bertahan hidup.

Siapa sangka, film ini kemudian jadi inspirasi bagi sepasang kekasih bernama Sarah Edmodson dan Ben Darras. Setahun setelah perilisan film tersebut, kedua orang ini melakukan perampokan dan membunuh pegawai toko. Saat penangkapan, sepasang kekasih ini mengaku mereka terinspirasi film Natural Born Killers. Mereka bahkan menonton film garapan Oliver Stone tersebut berkali-kali sebelum melakukan aksi kejahatannya.

American Psycho

American Psycho yang rilis pada tahun 2000 menjadi film provokatif karena mengkritik kehidupan orang-orang borjuis di Amerika Serikat. Sama seperti judulnya, film ini mengisahkan seorang pria psikopat yang membunuh orang demi kepuasan batinnya sendiri. Tentu saja film ini digambarkan begitu mengerikan, brutal dan penuh dengan darah.

Aksi dari tokoh yang diperankan Christian Bale ini kemudian menginspirasi seorang remaja yang membunuh teman sekolahnya sendiri. Dalam keterangannya, sang pemuda bernama Michael Hernandez tersenut mengaku terinspirasi film ini untuk membunuh temannya sendiri. Karena kasusnya begitu mengerikan, ia mendapat hukuman penjara seumur hidup pada tahun 2008 silam.

A Clockwork Orange

Terakhir ada film garapan Stanley Kubrick, A Clockwork Orange. Siapa sangka film adaptasi dari novel ini yang rilis tahun 1971 ini menginspirasi sejumlah pemuda untuk melakukan tindakan kriminal pada tahun 1973. Ada beberapa kasus yang terjadi karena terinspirasi dari film yang penuh kekerasan yang dianggap sebagai film dengan adegan seksual kotroversial ini.

Pertama adalah kejadian pada tahun 1973 ketika sekelompok remaja muda memukuli gelandangan sampai mati. Ini mirip dengan salah satu adegan dalam film. Lalu ada sekelompok orang yang menusuk anak laki-laki yang muda. Nggak sampai disana, sekelompok anak muda di Inggris memerkosa seorang gadis Belanda pada tahun 1999. Mereka kemudian menyanyikan lagu dalam salah satu adegan dalam film tersebut berjudul “Singin’ in the Rain”.

Nah itu dia beberapa film yang ternyatajadi inspirasi penjahat untuk melakukan tindakan kriminal di dunia nyata. Gimana menurut kalian Popins? Apakah kalian pernah terpikirkan untuk melakukan beragam tindakan jahat karena menonton satu film? Kalau pernah, ngeri banget nggak sih~

%d blogger menyukai ini: