Film Mulan Diboikot Demonstran Hongkong

Film Mulan garapan studio Disney diboikot demonstran Hong Kong. Boikot tersebut didasari peristiwa politik di Hong Kong. Sang artis utama  Liu Yifei mengunggah video yang disponsori pemerintah dan berkata “Saya mendukung polisi Hong Kong. Kalian bisa menyerangku sekarang”

Sebelumnya film garapan studio Disney ini dijadwalkan tayang di bioskop pada tanggal 27 Maret 2020 mendatang. Film Mulan ini merupakan adaptasi dari cerita animasi klasik tahun 1998 yang dibuat live-action.

Film ini menceritakan sebuah kisah yang terinspirasi dari puisi naratif berjudul The Ballad of Mulan. Bercerita tentang seorang wanita muda bernama Mulan yang menyamar sebagai seorang prajurit laki-laki untuk mempertahankan keluarga dan negaranya sambil memenuhi keputusan militer kekaisaran.

Status Liu Yi Fei di Weibo
Status Liu Yifei di Weibo

Film Mulan yang diboikot warga Hong Kong bermula saat Liu Yifei mendukung kepolisian Hong Kong yang menyerang para demonstran. Kata-kata Liu Yifei telah menjadi seruan untuk pemerintah China untuk mendukungnya.

Dilansir dari Collider, sebelumnya ada kejadian seorang reporter surat kabar China bernama Fu Guohao yang diikat dan diserang oleh demonstran di bandara Hong Kong. Unggahan Liu Yifei di Weibo yang ditulis dalam bahasa mandarin tersebut semakin membuat panas suasana. Akibatnya muncul gerakan baru #BoycottMulan.

Audisi Ketat Liu Yifei Untuk Peran Mulan

Terlepas dari aksi boikot ini, Liu Yifei sendiri dianggap sebagai aktris yang amat professional menurut sutradara Niki Caro. Seperti umumnya dalam film-film blockbuster (film yang berpotensi mendapat pendapatan besar) tentu membutuhkan proses audisi yang panjang.

Film Mulan tidak terkecuali mengadakan seleksi audisi yang ketat. Sebab studio mesti menemukan aktris yang tepat untuk memerankan tokoh ikonik tersebut. Menjadi pemeran Mulan tidak diharuskan bisa menyanyikan lagu-lagu ikonik, melainkan harus punya kemampuan atletik yang mumpuni. Seperti yang terlihat di trailer film tersebut.

liu yi fei
Liu Yifei

Niki Caro berkomentar tentang Liu Yifei “Angkat beban, push-up, pull-up, semuanya. Dia cerdas di bagian dramatis audisi, dan di bagian fisik dia tidak pernah berhenti, tidak pernah menyalahkan. Saya tahu pada akhirnya hari itu bahwa saya menemukan orang yang cocok untuk mulan”

Mulan juga dibintangi nama-nama besar seperti Donnie Yen sebagai Komandan Tung, Jason Scott Lee sebagai Bori Khan, Yoson An sebagai Cheng Honghui dan Gong Li sebagai Xianniang. Kamu bisa melihatnya di poster karakter film Mulan.

Nah gimana menurut kalian tentang diboikotnya film Mulan? Apakah gerakan tersebut make sense?

More Stories
Ryan Gosling Akan Perankan Film Adaptasi Novel Andy Weir
%d blogger menyukai ini: