Tampilan “House of the Dragon” Terlalu Gelap? Memang Dibuat Seperti Itu

Alicent dan Rhaenyra di House of the Dragon episode 7
Gambar: HBO

Klau kamu menonton serial House of the Dragon episode 7 dan merasa tampilannya terlalu gelap β€” terutama ketika malam β€” kamu tidak sendiri. Namun apa daya memang seperti itulah serial ini dibuat.

Ada banyak hal menarik dan dramatis di episode ini. Repotnya, beberapa adegan itu terjadi malam hari. Misalnya usaha Aemond mengendarai Vhagar atau pertemuan Rhaenyra dan Daemon di pantai.

Kejadian itu menciptakan efek karambol yang lebih jauh seiring serial berjalan. Garis pemisah antara pihak Green dan Black semakin jelas. Juga siapa saja yang mendukung masing-masing pihak.

Alasan House of the Dragon Terlalu Gelap

Sayangnya β€” sekali lagi β€” berbagai adegan penting di episode 7 ini mungkin sulit kamu lihat dengan jelas.

Tapi memang seperti itulah serial ini dibuat. Akun HBO Max di Twitter menyatakannya, ketika membalas kritik dari beberapa pemirsa. Itu adalah keputusan kreatif.

Kritik ini bukan kali pertama terjadi. Kalau kamu ingat, kritik yang sama juga muncul di episode “The Long Night” serial Game of Thrones. Pertempuran Westeros melawan invasi Night King seharusnya seru, namun semua tampak terlalu gelap.

Yah, mungkin kamu akan sedikit maklum jika tahu kalau sutradara episode itu dan serial House of the Dragon orang yang sama, yaitu Miguel Sapochnik. Saat itu, ia menyatakan kalau kegelapan di episode “The Long Night” memang seperti yang ia niatkan.

Di sisi lain, tim produksi House of the Dragon jelas melakukan preview serial buatan mereka melalui media dan format yang berbeda dengan apa yang kita gunakan.

Kita, yang menonton melalui layanan streaming atau tv kabel, menghadapi konsekuensi penurunan kualitas gambar akibat kompresi. Dengan begitu, banyak rentang warna hilang.

Mungkin ada di antara kamu yang bertanya kenapa tim produksi tidak mempertimbangkan media umum yang digunakan pemirsa. Yah, itulah misterinya.

BACA JUGA  Serial House of the Dragon, Prekuel GoT, Akan Tayang 2022

Bagaimana dengan tontonan lain?

Ada beberapa tontonan lain yang juga mendapat kritik soal tampilan visual yang gelap. Misalnya film-film Batman atau DC. Film tersebut sering menampilkan warna dan nuansa yang gelap. Namun toh kita tetap bisa melihatnya dengan cukup jelas.

Bicara soal pengalaman menonton, Christopher Nolan termasuk salah satu yang rajin memastikan pengalaman menonton pemirsa.

Ia menanam suara detik jam sepanjang film 1917 agar pemirsa merasakan ketegangannya. Ia juga menganjurkan penonton menyaksikan filmnya di bioskop untuk mendapat pengalaman yang terbaik.

Selain itu, Tom Cruise juga pernah mengingatkan kita untuk mematikan fitur motion smoothing di TV. Hal ini agar gerakan obyek di TV sama seperti kondisi aslinya.

Tapi nampaknya memang Miguel Sapochnik dan tim produksi House of the Dragon punya pertimbangan kreatif soal tampilan visual ini.

Jadi kalau kamu merasa episode 7 β€” atau episode sebelumnya β€” serial House of the Dragon terlalu gelap, bersiaplah sibuk mengatur tingkat kecerahan layar.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: