Sasuke Retsuden, Segala yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Petualangan Sasuke di Redaku

Sasuke Retsuden

Sasuke Retsuden adalah spin off cerita Naruto yang menceritakan petualangan salah satu karakter paling populer di franchise, Sasuke Uchiha di negara Redaku.

Naruto dan Sasuke selalu menjadi dua karakter yang terkuat d dunia Naruto buatan Masashi Kishimoto (Walau perkembangan cerita terbaru makin melemahkan mereka). Awal perjalanan mereka berdua bisa dibilang terjal, tetapi berkat perjuangan mereka yang tanpa henti, mereka menjadi yang terkuat di akhir cerita Naruto.

Kishimoto selalu menjaga dualisme antara Naruto dan Sasuke, menjaga agar keduanya mendapatkan perkembangan dan progres di saat yang bersamaan. Bagaikan Yin dan Yang, jika yang satu bertambah kuat, begitu juga yang lain.

Pada akhir cerita Naruto, keduanya mencapai tingkatan kekuatan yang tak bisa dicapai oleh karakter shinobi lainnya, berkat Hagoromo Otsutsuki, The Sage of Six Paths. Leluhur cakra tersebut memberikan masing-masing setengah kekuatannya pada Naruto dan Sasuke.

Sasuke Uchiha

Karena itu, cerita tentang Sasuke selalu menjadi perhatian, tak kalah dari cerita tentang Naruto yang selalu diekspos. Ketika kisah anak Naruto, Boruto Uzumaki diadaptasi menjadi manga dan anime, fan juga berharap sisi cerita dari klan Uchiha khususnya Sasuke juga makin diperluas.

Beberapa spin-off yang menceritakan tentang kisah Sasuke setelah cerita Naruto berakhir menjadi yang paling populer. Mulai dari manga Naruto Gaiden, yang fokus pada Sasuke, Sakura, dan Sarada sebagai keluarga, dan Novel Sasuke Gaiden, tentang Sasuke yang baru saja memulai perjalanan penebusan dosanya yang nantinya diadpatasi menjadi anime.

Sasuke Retsuden

Manga Sasuke’s Story—The Uchiha and the Heavenly Stardust

Tetapi, Kisah Sasuke di negeri Redaku menjadi favorit para fan sejak rilis versi novelnya tahun 2019. Spin-off light novel yang menceritakan kisah Sasuke ini akhirnya mendapat adaptasi manga mulai Oktober 2022.

Tak hanya itu, kisah ini juga akan diadaptasi menjadi episode di anime Boruto, mulai dari episode 282 yang tayang Desember 2022.

Sasuke Retsudan- yang lebih dikenal dengan judul lengkapnya  Sasuke’s Story—The Uchiha and the Heavenly Stardust adalah salah satu spin-off cerita Naruto yang paling populer. Ber-setting setelah Naruto Shippuden dan sebelum Boruto: Naruto Next Generations.

Cerita ini berfokus pada perjalanan Sasuke untuk menyelamatkan teman baiknya. Light novelnya rilis di Jepang pada Agustus 2019, dan translasi offisial bahasa inggrisnya tersedia tanggal 22 November 2022 dan bisa dipesan lewat Amazon.

BACA JUGA  Film Fate/Grand Order "Paladin: Agateram" Tayang di Indonesia 11 Agustus

Cerita Manga dan light novelnya ditulis oleh Jun Esaka dan ilustrasi manganya dibuat oleh Kimura Shingo oleh pengawasan dari Masashi Kishimoto.

Rangkuman Cerita

Cerita Sasuke Retsuden dimulai saat Naruto, sahabat Sasuke, jatuh sakit oleh sebuah penyakit misterius yang memblokir chakranya. Untuk mencari obatnya, Sasuke menyusup ke sebuah negara asing, dan menyamar sebagai seorang tawanan penjara.

Semua itu demi mendapatkan akses ke sebuah lembaga riset astronomi yang terhubung dengan sebuah penjara. Bersama gurunya, Kakashi, dan Istrinya, Sakura, Sasuke harus mencari cara untuk menyembuhkan Naruto sebelum Konoha berada dalam bahaya.

Mengapa Cerita Sasuke’s Story—The Uchiha and the Heavenly Stardust Terasa Istimewa

Sebagai sahabat terdekat Naruto Uzumaki, Sasuke memainkan peran penting di cerita Naruto dan Naruto Shippuden, bahkan perannya tak kalah penting dengan sang karakter utama. Meski hubungan mereka sekarang bisa dikatakan baik, mayoritas cerita memposisikan Sasuke sebagai salah satu antagonis utama cerita.

Setelah kakak kandungnya, Itachi Uchiha membantai seluruh anggota klan mereka, Sasuke terdorong oleh keinginan balas dendamnya. Keinginan balas dendam dan kegelapan hatinya pula yang membuatnya berseberangan dengan Naruto, bahkan menjadi villain terakhir pada perang Shinobi keempat.

Sasuke pada akhirnya mengakui kesalahannya dan mencoba menebus kesalahannya, kembali pulang ke Konoha.

Keunikan Sasuke Retsuden adalah kita sebagai fan bisa melihat Sasuke bertarung demi Naruto ketimbang untuk dirinya sendiri, hal yang pertama kali terjadi sejak seri Naruto original. Peran Sasuke sebagai protagonis utama di light novel membuat berbagai perkembangan karakternya dan perjalanan penebusan dosanya lebih engaging setelah event di Naruto: Shippuden.

Kesalahan Dalam Adaptasi Animenya

Tak berlangsung lama, cerita Sasuke Retsuden langsung diadaptasi menjadi episode anime di Boruto. Sejak episode 282 pada tanggal 8 Januari 2023, anime Boruto akan menceritakan kisah ini dalam versi animenya.

Para fan langsung mendapati kesalahan dan kontradiksi di animenya. Sebuah kesalahan besar yang mengkontradiksi ending dari Naruto. Para produser rupanya membuat kesalahan dan kelalaian besar yang menafikan salah satu momen ikonik di Naruto.

BACA JUGA  Berikut Ini 5 Plot Twist di Anime Attack On Titan. Bikin Mind Blowing!~

Kesalahan ini mungkin bisa diatributkan pada perbedaan kru dan produser ketimbang yang bekerja di episode biasa di Boruto.

Dua tangan Sasuke di Sasuke’s Story—The Uchiha and the Heavenly Stardust

Ketika episode pertama Sasuke Retsuden ditayangkan, fan langsung menyadari kesalahan fatal tersebut. Di beberapa scene dan frame pada episode 282 anime Boruto, Sasuke terlihat memiliki kedua tangannya.

Scene ini terjadi setelah Sasuke berhasil melakukan infiltrasi ke observatori Tartar, sebuah penjara super ketat yang menyembunyikan rahasia bagaimana Sage of the Six Paths mengalahkan penyakit misterius yang sekarang menyerang Naruto.

Beberapa tawanan langsung mengajak Sasuke berkelahi, dan Sasuke dengan mudah mengalahkan mereka. Tetapi, ada beberapa momen di mana sang protagonis ditunjukkan memiliki kedua tangannya.

Para fan Naruto akan langsung bereaksi pada momen tak mungkin tersebut. Karena Sasuke kehilangan lengan kirinya saat pertarungan dengan Naruto di lembah akhir, dan menolak untuk digantikan atau menggunakan prostetik.

Naruto dan Sasuke di Valley of the End

Bleach : Thousand Year Blood War Lebih Diprioritaskan?

Bleach : Thousand Year Blood War

Walau beberapa fan mengerti kalau kesalahan animasi tersebut berasal dari kelalaian, mungkin dari stress berkepanjangan akibat jadwal padat perilisan anime. Tetapi, ada juga yang mengkritik Studio Pierrot (Studio yang memproduksi anime Naruto dan Boruto) soal kesalahan ini.

Kritik terhadap produksi anime Boruto sudah berlangsung sejak lama. Kesalahan soal Sasuke ini memang tak terhitung lama, tetapi terasa begitu signifikan karena kehilangan tangan kiri bagi Sasuke memiliki arti yang begitu besar.

Sasuke menolak untuk mendapatkan prostetik dan tangan buatan seperti Naruto, menandakan keinginannya untuk menebus dosanya terhadap Konoha.

Lalu, scene saat Sasuke dan Naruto terbaring di tanah, dengan darah dari tangan mereka yang terputus menghubungkan mereka adalah salah satu scene ikonik yang tak akan terlupakan bagi fan. Momen tersebut melambangkan segel rekonsiliasi, menjadi simbol kembalinya hubungan dua sahabat tersebut, sekaligus akhir dari siklus kebencian Uchiha.

Seperti yang sudah diketahui, Studio Pierrot juga sedang sibuk dengan adaptasi Bleach : Thousand Year Blood War. Kembalinya salah satu franchise anime populer setelah 10 tahun tentunya disertai berbagai hype dan antisipasi.

BACA JUGA  5 Pahlawan Anime yang Selalu Menang Meski Tak Melakukan Apa-Apa

Terbukti, respons fans terhadap adaptasi terbaru Bleach : Thousand Year Blood War sangat positif. Animasi terasa sangat mewakili setiap frame manga karya Tite Kubo, dan menjadi adaptasi anime yang sesuai dengan manga-nya.

Tetapi, banyak juga yang berkomentar kalau meningkatnya kualitas produksi Bleach menandakan produksi anime lainnya juga terabaikan. Pierrot yang juga memproduksi Boruto, tentu harus memforsir timnya lewat jadwal yang lebih ketat, menjadikan animator yang sudah bekerja lebih untuk membuat kesalahan.

Versi Novelnya Lebih Detail

Cover Light Novel Sasuke’s Story—The Uchiha and the Heavenly Stardust

Meski demikian, kisah Sasuke Retsuden tetap pantas untuk diikuti, baik lewat versi manga, light novel, atau animenya.

Para fan bisa menyaksikan sisi lain dari Sasuke, serta isi pikiran dan emosinya. Kita juga bisa melihat bagaimana interaksinya dengan Sakura yang jarang terekspos di cerita utama Naruto dan Boruto.

Sasuke bisa terlihat mendambakan kehidupan keluarga normal, bahkan menawarkan untuk memberikan cincin pada Sakura, sesuatu yang tak sempat dia lakukan.

Beberapa scene di light novelnya terlihat lebih detail dalam penggambaran dialognya. Pada suatu scene, Sasuke kebingungan tentang perbedaan kadal dengan dinosaurus. Sakura agak kebingungan menjelaskannya, dan menjadi salah satu momen komedi di novel.

Versi manga cerita Sasuke Retsuden bisa dibaca lewat aplikasi Shonen Jump + mulai Oktober 2022.

%d blogger menyukai ini: