Baca Manga 20th Century Boys, Komik yang Memprediksi Masa Kini?

Setelah lama nggak merekomendasikan buku, komik dan manga, kali ini Popculture.id akan menuliskan ulasan sekaligus memberikan sedikit alasan kenapa kamu wajib baca manga seinen legendaris berjudul 20th Century Boys. Manga satu ini sempat kembali jadi perbincangan banyak orang setelah kemunculan virus Covid-19. Banyak orang yang kemudian mengaitkan book of prophecy dalam manga ini yang sukses memprediksi masa depan.

Sebelum membahas lebih jauh, 20th Century Boys sendiri merupakan manga yang rilis pada tahun 1999 sampai 2006. Manga ini punya 22 volume yang berisikan 249 chapter. Manga 20th Century Boys merupakan magnum-opus dari mangaka Naoki Urasawa. Meski belum pernah diadaptasi jadi anime, manga ini pernah mendapat adaptasi film live-action yang sayangnya kurang maksimal.

Nah daripada berlama-lama lagi, yuk langsung aja simak ulasan sekaligus alasan kenapa kamu harus banget baca manga 20th Century Boys karya Naoki Urasawa di bawah ini!

Plot yang Kompleks

Pertama kita akan bicara soal plot cerita. Manga 20th Century Boys berfokus pada kisah seorang pria lajang bernama Endo Kenji. Kenji sendiri adalah pria yang masih hidup dengan ibunya. Sehari-hari ia menjaga toko klontong peninggalan keluarganya. Ia menjalani hidup dengan normal sebelum akhirnya ia menemukan sesuatu yang mengerikan. Saat itu, ia mengetahui fakta bahwa ada seseorang yang menggunakan simbol pertemanan masa kecilnya untuk membuat sebuah aliran agama baru. Lebih menakutkannya lagi, simbol tersebut kerap terlibat dengan konspirasi-konspirasi serta kejahatan seperti pembakaran, perampokan sampai pembunuhan.

Seiring cerita berjalan, Kenji kemudian semakin yakin bahwa simbol pertemanan masa kecil mereka digunakan oleh orang yang nggak bertanggung jawab. Menariknya lagi, sebuah buku catatan yang ditulis oleh Kenji dan teman-temannya semasa kecil tentang bagaimana mereka menghancurkan dunia, direalisasikan. Singkatnya, ada seseorang yang ingin menghancurkan dunia berdasarkan imajinasi anak kecil.

Tugas Kenji dan teman-temannya kemudian adalah mengingat-ngingat masa kecilnya untuk mencegah kehancuran dunia. Karena ada hubungan antara masa depan dan masa lalu, plot manga 20th Century Boys menjadi sangat kompleks. Ada banyak cerita sampingan yang tentunya masih tersambung dengan cerita utama. Semakin chapter berjalan, semakin banyak fakta-fakta baru yang terungkap. Hal ini yang membuat 20th Century Boys sangat menarik untuk kamu baca dan selesaikan.

Gabungan Misteri, Action dan Psikologis

Meski genre bukan sesuatu yang penting untuk kita bicarakan, namun kita poin ini sepertinya cukup penting untuk membahas 20th Century Boys. Pasalnya, serial manga ini memberikan banyak pengalaman bagi para pembacanya. Kita bisa merasakan sisi psikologis, sisi misteri sampai sisi action dalam manganya. Semua bergabung menjadi satu yang membuat kita sebagai pembaca merasa terkagum-kagum.

Kamu akan dibuat penasaran dengan sosok di balik topeng sang villain utama yang terus menjadi misteri sampai akhir serial, kamu akan sangat terkesima dengan adegan-adegan aksi yang dilakukan Kenji dan sahabat-sahabatnya untuk mencegah kehancuran dunia. Emosi kalian juga akan teraduk saat membaca dan merasakan tekanan dan sisi psikologis dari setiap karakter yang terlibat dalam cerita 20th Century Boys.

Karakter-Karakter yang Berkesan

Salah satu yang membuat manga 20th Century Boys sangat keren adalah pembangunan karakter-karakter yang ada di dalamnya. Meski ada banyak karakter yang muncul, semuanya terasa begitu berkesan dan penting. Sebab secara nggak sengaja kisah hidup mereka tersambung dengan cerita besar dan konflik yang terjadi di dalamnya. Beberapa tokoh seperti Endo Kenji, Endo Kanna, Otcho, God, Yoshitsune, Yukiji, Maruo, Mon-Chan dan Donkey adalah sedikit karakter yang punya banyak peran terhadap kelangsungan cerita.

Setiap karakter begitu berkesan karena punya kemampuan masing-masing. Seperti Kenji yang sangat pemberani dan juga mencintai musik, lalu ada Otcho yang sangat kuat dalam pertarungan, ada God yang bisa melihat masa depan, ada Yohitsune yang merupakan pemimpin alami yang baik hati serta masih banyak yang lainnya. Selain itu, mereka begitu berkesan karena pembaca mengikuti kehidupan mereka sejak dari kecil, remaja, dewasa bahkan sampai mereka telah menjadi kakek-kakek. Kapan lagi coba kita membaca manga yang memperlihatkan pembangunan karakter dari masih bocil sampai kakek-kakek? Wkwk~

Menggambarkan Masa Kini

Alasan terakhir dan yang paling menarik adalah manga ini disebut-sebut sukses meramal masa depan. Sedikit spoiler, manga satu ini bercerita tentang upaya seorang pria bernama “Friend” menghancurkan dunia. Caranya adalah menggunakan buku ramalan masa depan yang merupakan imajinasi liar anak-anak. Menariknya, dalam buku tersebut, manusia harus dihancurkan dengan cara mengirimkan virus mematikan.

Hampir semua kejadian besar dalam manga ini melibatkan penyebaran virus. Tujuannya tentu untuk mendapatkan kekuasaan. Kejadian ini dianggap sangat akurat menggambarkan kondisi hari ini. Kita sedang tinggal di dunia penuh virus. Siapa sangka 20th Century Boys yang rilis tahun 1999 bisa menggambarkan dunia penuh distopia hari ini dengan sangat baik. Prediksi ini mirip dengan penggambaran masa depan dalam buku 1984 karya George Orwell.

Nah itu dia ulasan sekaligus beberapa alasan kenapa kamu harus banget baca manga 20th Century Boys. Gimana menurut kalian Popins? Apakah kalian tertarik untuk membaca magnum-opus Naoki Urasawa ini? Kalian bisa mencari komik resminya di berbagai toko online. Tentu saja komik ini punya terjemahan Bahasa Indonesia.

Deskripsi
Komik
Tipe
Manga
Penulis
Naoki Urasawa
Ilustrator
Naoki Urasawa
Judul Alternatif
20世紀少年
Genre
Seinen
More Stories
Girlgroup Korea SOLIA Bubar 5 Hari Setelah Debut. Ini Penyebabnya!
%d blogger menyukai ini: