Baca Solo Leveling? Ini Semua Yang Perlu Kamu Tahu

sung jin-woo, tokoh di komik solo leveling

Saat ini banyak orang baca komik Solo Leveling. Tidak heran, karena komik ini memiliki kualitas yang baik di segala aspek. Baik cerita yang bikin penasaran, ritme yang rapat, adegan yang epik, dan gambar yang keren.

Kali ini kami menyusun beberapa informasi menarik soal komik Solo Leveling ini. Siapa tahu berguna untuk kamu yang baru mulai membaca. Bisa juga sebagai bahan diskusi seru bagi pembaca lama.

AWAS SPOILER!

Latar Belakang

10 tahun sebelum cerita di komik ini dimulai, dunia nyata terhubung dengan dunia monster melalui portal yang disebut “gate“. Setelah itu, sebagian orang menerima kemampuan khusus yang membuat mereka mampu membasmi monster-monster di dalam gate tersebut. Mereka disebut sebagai “hunter“.

Plot Cerita

sung jin woo "the world weakest"
Sung Jin-Woo “the World Weakest

Komik Solo Leveling bercerita seputar petualangan Sung Jin-Woo. Awalnya ia adalah seorang hunter lemah dengan peringkat paling rendah (E-rank). Begitu lemahnya ia, sehingga mendapat julukan “The World’s Weakest” dari hunter lainnya.

Sebuah kejadian misterius saat pemburuan monster di dalam “gate“, memberinya kesempatan kedua dan kemampuan untuk meningkatkan kemampuannya (penampilannya pun berubah). Sung Jin-Woo pun kemudian memburu monster dan meningkatkan level menjadi hunter paling kuat.

Petualangan Sung Jin-Woo ini memiliki beberapa bagian atau sub-plot (arc). Masing-masing arc memiliki fokus tersendiri yang berperan pada keseluruhan cerita.

Penerbitan

Novel

cover novel solo leveling

Solo Leveling aslinya merupakan sebuah novel dengan judul asli Na Honjaman Lebel-eob karya Chu-Gong. Kisah ini kemudian terbit sebagai serial sampai tamat di Papyrus sepanjang 14 volume dengan 270 bab (chapter).

Novel Solo Leveling kemudian juga tersedia di KAKAO Page dan sudah diterjemahkan ke berbagai bahasa oleh para fans (kamu bisa baca web novel Solo Leveling versi Bahasa Indonesia).

Webtoon

cover komik solo leveling

Jangan salah, webtoon di sini bukan layanan komik online dari LINE. Tapi istilah untuk komik online itu sendiri.

Komik Solo Leveling, yang mengadaptasi novelnya, juga terbit di KAKAO Page dengan jadwal terbit satu bab/chapter tiap minggu. Sayangnya, belum ada versi resmi terjemahan komik ini. Namun beberapa kelompok scanlation sudah menerjemahkan dan merilisnya di internet. Jadi kamu bisa baca webtoon Solo Leveling di berbagai situs scanlation.

Elemen Cerita

Hunter

Seperti sudah disebut di atas, hunter merupakan orang yang mendapat kemampuan khusus untuk memburu monster. Tiap hunter memiliki tipe, peringkat, dan pekerjaan berbeda.

Tipe

  • Fighter / Assassin type
  • Tank type
  • Mage type
  • Support / Healer type

Peringkat

  • E-rank
  • D-rank
  • C-Rank
  • B-Rank
  • A-Rank
  • S-Rank
  • National Level (S+)

Pekerjaan

  • Attack Force – Memburu monster.
  • Mining Team – Menambang batu berharga di dungeon (dalam gate).
  • Collecting Team – Mengumpulkan bangkai monster.

Organisasi

  • Hunter Association — Organisasi yang mengatur dan mengontrol semua kegiatan hunter, termasuk memantau gate. Tiap negara memiliki satu asosiasi dan pemimpin. Misalnya asosiasi hunter Korea Selatan dipimpin oleh Go Gun-Hee.
  • Guild — Kelompok pemburu monster. Biasanya memiliki beberapa tim sesuai peringkat dan tingkat kesulitan gate. Juga punya mining team dan collecting team masing-masing. Dipimpin seorang Guild Master dan dengan seorang Vice Master.

Gate

Gate sebenarnya merupakan portal yang menghubungkan antara dunia manusia dengan dunia monster. Namun kadang gate juga dipakai sebagai istilah pengganti dungeon atau dunia di dalam gate itu sendiri.

Sama seperti hunter, gate memiliki peringkat atau tepatnya tingkat kesulitan. Yang menarik, gate A-Rank biasanya ditangani oleh tim yang memiliki hunter S-Rank. Sedangkan gate S-Rank biasanya ditangani oleh tim yang semuanya terdiri dari hunter S-Rank atau dengan kehadiran National Level hunter.

Monster

Untuk menyederhanakan, saya hanya membagi monster menjadi 2 kategori, yaitu demon dan non-demon.

  • Demon — Monster yang punya dunia sendiri, punya kesadaran (bisa diajak ngobrol), dan yang paling penting tidak bisa dijadikan shadow soldier oleh Sung Jin-Woo.
  • Non-demon — Monster lainnya. Ada yang punya kesadaran seperti High Orcs, ada pula yang sebatas Beast (binatang liar). Namun ada pula Beast tingkat tinggi dan punya kesadaran (misalnya Beru). Monster non-demon ini bisa dibangkitkan menjadi shadow soldier.

Shadow

sung jin-woo dan shadow soldier solo leveling

Shadow / shadow soldier / shadow army merupakan pasukan Sung Jin-Woo yang berupa bayangan (ya eyalaaah). Pasukan ini dibangkitkan dari musuh — bisa monster atau manusia — yang sudah mati.

Kemampuan, disebut skill Shadow Extraction, merupakan hasil dari status Jin-Woo sebagai Shadow Monarch. Tiap shadow bisa berkembang seiring meningkatnya peringkat Jin-Woo. Di antara pasukan bayangan ini, ada beberapa shadow terkuat yang kerap hadir di tiap pertempuran.

Makhluk Lain

  • Ruler — Sejenis malaikat yang mewakili kekuatan baik (light). Aslinya berjumlah delapan. Mewarisi kekuatannya pada beberapa hunter yang mengalami re-awakening.
  • Monarch — Lawan dari Ruler, yang mewakili kekuatan jahat (dark). Aslinya juga berjumlah delapan. Monarch juga mewarisi kekuatannya pada hunter tertentu yang mengalami re-awakening.

Mitologi Ruler dan Monarch inilah yang sebenarnya menjadi penyebab munculnya gate dan cerita seru komik Solo Leveling ini.

Latest Reviews

More Stories
‘The Seeds’ #1, Bukan Kisah Alien Sembarangan
%d blogger menyukai ini: