Inilah Nama 6 Era Saga Star Wars dengan Film dan Serial di Dalamnya

Setelah lama nggak memiliki sebutan resmi, akhirnya nama era dalam seluruh saga Star Wars diumumkan. Hal ini membuat sejarah Star Wars berubah drastis. Penamaan ini dilakukan berkat perilisan buku, komik dan novel grafis The High Republic.

Berkat perilisan tersebut akhirnya para penggemar tahu setidaknya ada 6 nama era Star Wars yang kini telah resmi. Tenang, ini bukan buatan fans atau prank. Pengumuman ini benar-benar resmi. Hal ini pertama diketahui dari sebuah unggahan oleh akun Twitter @keldorjedii

Pada unggahan tersebut kita bisa melihat ada timeline beserta nama-namanya. Ada era The High Republic yang merupakan cerita baru. Lalu ada juga penyebutan era-era dari mulai peristiwa The Phantom Menance sampai The Rise of Skywalker.

Terus ada apa aja sih? Nah ada 6 era yang sampai sekarang kita ketahui dari semua saga Star Wars. Ini bisa bertambah mengingat Star Wars adalah waralaba yang sangat potensial untuk dikembangkan. Bahkan setelah 43 tahun saga ini berjalan, banyak materi yang belum tersentuh.

era di cerita star wars

Pertama ada era High Republic yang berjalan 200 tahun sebelum kejadian dalam film The Phantom Menace. Era ini mungkin jadi asal muasal beragam sekte, ras, kerajaan dll.

Lalu ada era The Fall of The Jedi yakni latar untuk film The Phantom Menace, Attack of the Clones, Revenge of The Sith dan serial TV Clone Wars.

Selanjutnya Reign of the Empire. Era yang menceritakan film tahun 2018 Solo: A Star Wars Story dan serial yang baru diumumkan, The Bad Batch.

Dari sana, masuklah pada era The Age of Rebellion yang mencatut Star Wars: A New Hope, Empire Strike Back dan Return of the Jedi. Selain itu ada film Rogue One dan Star Wars Rebel.

Serial The Mandalorian menjadi satu-satunya entri dalam era The New Republic. Mungkin akan bertambah mengingat masih ada Ashoka Thano dan cerita yang akan datang.

Lalu terakhir ada era Rise of the First Order yang menggabungkan semua sekuel Resistance sekaligus penutup saga Skywalker.

Jika ditelaah, ada sedikit kesenjangan waktu antara Reign of the Empire dan Age of Rebellion. Mungkin ini adalah era dimana perjuangan bawah tanah dan pembentukan organisasi pemberontak untuk melancak harapan menang.

Waktu inilah yang jadi latar dalam serial Obi-Wan Kenobi dan Cassian Andor kelak. Ya semoga saja bisa Disney+ dan Lucasfilm bisa mengeksplorasinya lebih jauh.

More Stories
hideo kojima
Hideo Kojima Bakal Bikin Sekuel Death Stranding?
%d bloggers like this: