3 Perbedaan Drakor “The Penthouse” dan “SKY CASTLE”

Penasaran gara-gara sering dibilang mirip, ini dia perbedaan lengkap antara drakor “The Penthouse” dengan “SKY CASTLE.” Menegangkan mana?

Kalau bicara soal drakor makjang, rasanya nggak bakal jauh-jauh dari kata ‘menjengkelkan’ ya. Apa pun yang ada di drakor genre satu ini pasti terasa menjengkelkan. Mulai alurnya yang mayoritas nggak bisa ditebak, sampai akting karakternya yang super menyebalkan.

Sampai sekarang sudah nggak terhitung berapa drakor makjang yang sudah tayang di Korsel. Tapi kalau bicara drakor makjang terpopuler, pasti yang terlintas di benak banyak orang adalah “The Penthouse” dan “SKY CASTLE.”

Dua drama ini sama-sama menyebalkan dan menegangkan. Makanya nggak heran kalau mereka berdua sering dibilang mirip. Tapi sebenarnya “The Penthouse” dan “SKY CASTLE” punya perbedaan yang cukup signifikan lho, apalagi kalau kamu jeli banget.

Penasaran apa saja perbedaannya? Yuk, langsung saja baca ulasannya berikut ini.

Intensitas Plot Twist dan Adegan Menegangkan

Pertama kita bahas soal poster resminya. Kedua drakor ini memang terlihat mirip. Semuanya didominasi oleh karakter-karakter dewasa. Sama sekali nggak ada karakter remaja di foto posternya. Terlihat sama ya?

The Penthouse – Sumber : Brunch

Tapi kalau kamu sudah nonton kedua drakor ini sampai tuntas, kamu baru akan merasakan perbedaannya. Ya, nggak bisa dipungkiri kalau “The Penthouse” dan “SKY CASTLE” sama-sama punya banyak plot twist.

Namun mayoritas penggemar drakor sepakat kalau “The Penthouse” punya lebih banyak plot twist. Selain itu, “The Penthouse” juga menyajikan lebih banyak adegan menegangkan dibanding “SKY CASTLE.”

Contohnya adegan saat Oh Yoon Hee ternyata adalah orang yang membunuh Min Seol Ah, dan itu menegangkan banget! Ada juga adegan saat Cheon Seo Jin dan Joo Dan Tae kena karmanya. Sebelum mereka akhirnya mati dengan cara yang mengenaskan, sempat terjadi adegan super menegangkan.

Yah, tentunya itu cuma secuil dari banyaknya adegan menegangkan dan tak terduga dalam “The Penthouse.”

SKY CASTLE – Sumber : Brunch

Kalau “SKY CASTLE,” dia punya alur yang lebih mudah dipahami. Walau begitu, sang sutradara telah berhasil mengemas dengan rapi alur cerita drama ini. Jadi walau alurnya mudah dipahami, penonton tetap saja selalu berhasil dibikin penasaran.

BACA JUGA  Drakor "The Good Detective" Dikonfirmasi Bakal Dibuat Season 2

Konsep Alur Cerita

Secara umum, alur cerita dari kedua drama ini hampir mirip. Mereka sama-sama punya misteri untuk mengungkap kematian seseorang. Nah untuk memecahkan misteri itu, setiap karakter bakal dilibatkan dalam urusan rumah tangga yang sangat pelik.

Nggak cuma itu, mereka berdua juga sama-sama menampilkan obsesi para orang tua yang ingin anaknya bersekolah di sekolah bergengsi.

The Penthouse – Sumber : Twitter

Tapi kalau mau yang ceritanya benar-benar lengkap, mungkin kamu bisa nonton “The Penthouse.” Drakor ini dikemas jadi tiga musim. Setiap musim bakal menampilkan alur cerita yang berbeda. Contohnya musim pertama fokus ke kematian Min Seol Ah, musim kedua balas dendam Shim Soo Ryeon, musim ketiga menceritakan karma dari seluruh antagonis drama.

Gimana dengan “SKY CASTLE?” Ini dia kelebihan drakor ini. Ceritanya juga menarik dan nggak ada rasa tergesa-gesa dalam menuntaskannya. Ajaibnya walau alur ceritanya sangat melelahkan, tapi sutradara berhasil mengemas drakor ini dalam satu musim saja.

SKY CASTLE – Sumber : PopMags

Satu lagi yang bikin kedua drakor ini beda. Alur cerita “The Penthouse” memang menegangkan, tapi alurnya sering nggak masuk akal. Contohnya saat beberapa karakter sudah divonis mati, namun tiba-tiba hidup lagi. Sedangkan “SKY CASTLE” alur ceritanya lebih terasa natural dan masuk akal.

Kamu ngerasa kaya gitu nggak?

Rating

Bicara soal drakor dengan rating tertinggi sepanjang masa, “The Penthouse” adalah jawabannya. Dari pertama tayang sampai sekarang, drakor ini nggak pernah absen dari rating dua digit.

Sebelumnya, rekor ini dipegang oleh “SKY CASTLE.” Namun “The Penthouse” berhasil menggesernya dengan angka 28,8% di musim pertama.

Di episode pertama, “SKY CASTLE” banyak diragukan penonton. Namun perlahan sampai episode-nya tamat, penonton justru dibikin ketagihan sama alur cerita yang disajikan. Rating tertinggi yang pernah dicatatkan drakor ini adalah 23,7%.

Sementara buat “The Penthouse,” dari episode pertama sampai sekarang, drama ini terbilang selalu konsisten. Perlahan tapi pasti, ratingnya terus mengalami peningkatan.

BACA JUGA  5 Drakor yang Tayang Bulan Agustus 2021 (Ada "Police University")

Tapi bohong kalau rating drakor ini nggak pernah turun, dia pernah turun kok. Tepatnya saat di musim ketiga saat kemunculan Alex Lee, kakak Logan Lee. Setelah itu, rating “The Penthouse” kembali menanjak.

%d blogger menyukai ini: