Review Film The Trial of the Chicago 7: Dongeng Sejarah yang Keren

Kembali lagi dengan konten review film Popculture.id. Kali ini saya akan review film terbaru berjudul The Trial of the Chicago 7 garapan Aaron Sorkin. Sebelum mulai, buat kamu yang belum menonton, film ini tersedia di situs streaming Netflix.

Trial of the Chicago 7 adalah film yang mungkin bisa menyelamatkan rasa haus kita pada film-film kelas Oscar. Setelah menonton film ini saya cukup mengamini prediksi kalau film berdurasi dua jam ini akan masuk nominasi Oscar. The Trial of the Chicago diadaptasi dari kisah nyata yang dieksekusi dengan mengagumkan.

Edukasi Sejarah Amerika

The Trial of the Chichago 7 adalah film yang bertema sejarah Amerika Serikat. Tepatnya sebuah peristiwa besar pada tahun 1968. Film dibuka dengan perkenalan 4 kelompok ‘leftist’ yang berencana pergi ke kota Chicago untuk berdemonstrasi di depan konvensi partai Demokrat.

Kelompok-kelompok ini antara lain Black Panther yang diketuai Bobby Seale, Student Democracy Society yang dipimpin Tom Hayden, organisasi kaum Hippies yang diwakili Abbie Hoffman dan Organisasi Anti-Perang Vietnam yang diketuai David Dellinger. Mereka semua berangkat ke kota Chicago dengan satu tujuan; menghentikan perang Vietnam sekaligus berkabung atas kematian Martin Luther King.

Demonstrasi tersebut berakhir ricuh. 11 orang dinyatakan meninggal dunia dan ratusan orang mengalami luka ringan dan luka berat. 5 bulan pasca demonstrasi tersebut, negara menggugat 8 orang pemimpin organisasi dan mensidang mereka di pengadilan. Dari sini cerita sebenarnya dimulai.

Semua hal mengenai pengadilan, politik, pengacara, jaksa, sistem juri dan hakim disuguhkan dengan detail dan mudah dimengerti oleh penonton. Saya sendiri nggak familiar dengan hukum Amerika dapat memahami dan menikmati drama yang terjadi dalam sidang tersebut.

Aaron Sorkin dan Para Bintang

Review film The Trial of the Chicago 7 terasa kurang lengkap jika saya nggak membahas orang yang terlibat dalam project ini. Yup, dia adalah Aaron Sorkin yang menulis skenario sekaligus menjadi sutradara film ini.

Aaron Sorkin sendiri terkenal sebagai penulis skenario yang mendetail, sederhana namun jelas dan lugas. Sebelum film ini ia bahkan menyulap cerita pembentukan facebook lewat film Social Network. Dalam proyek tersebut Aaron Sorkin menulis skenario dan bekerja sama dengan David Fincher. Lewat film pula Aaron Sorkin diganjar penghargaan sebagai penulis skenario terbaik. Nggak hanya itu Aaron juga pernah mendapat penghargaan di Emmy Awards.

Selain Aaron, yang membuat film ini menarik adalah orang-orang yang membintangi film ini. Mereka antara lain pelawak Sacha Baron Cohen, Eddie Redmayne, Joseph Gordon-Levitt, Yahya Abdul Mateen II, Jeremy Strong, Mark Rylance, Frank Langella, Michael Keaton, John Caroll Lynch dan J. C Mackenzie.

Meski diperankan oleh bintang ternama, film ini mampu menyeimbangkan setiap porsi pemeran yang membuat The Trial of the Chicago 7 nggak memiliki karakter yang menonjol sama sekali. Setiap pemeran memainkan karakternya dengan baik dan mampu menciptakan nuansa demonstrasi dan pengadilan yang menarik.

Dagelan yang Jadi Kelebihan

The Trial of the Chicago 7 adalah film yang menceritakan soal pengadilan. Tentu saja 70 persen film ini diisi oleh dialog dan percakapan di satu tempat. Jeniusnya, dialog dalam film ini mengalir, mendetail, penuh metafora dan mengocok perut. Ya film ini mengingatkan kita pada film sejenis seperti 12 Angry Men atau The Man From Earth.

Selain itu kelebihan film ini adalah menampilkan visual sederhana dengan bridging menarik yang terus mengisi kelanjutan cerita. Alih-alih membayangkan kejadiannya sendiri, penonton di bawa pada flashback kejadian demonstrasi yang sederhana namun menggambarkan dan melengkapi imajinasi penonton itu sendiri.

Terakhir, The Trial of the Chicago 7 berhasil memperlihatkan pada kita bahwa memang persidangan tersebut adalah lelucon yang dibuat oleh Amerika Serikat pada para terdakwa. Setiap tawa yang keluar dari mulut kita saat menonton film ini adalah kebenaran soal dagelan tersebut dan keberhasilan Aaron Sorkin dalam menyampaikan apa yang ingin ia ceritakan

Relate dengan Kondisi Indonesia Hari Ini

Beberapa waktu kebelakang, kondisi Indonesia memanas karena pengesahan Undang-Undang Omnibus Law Cipta Kerja. Buruh, pelajar, mahasiswa dan elemen-elemen rakyat turun ke jalan berdemonstrasi demi menyuarakan aspirasinya.

Peristawa demonstrasi ini berlangsung di banyak kota di Indonesia. Dibeberapa tempat seperti Bandung, Jakarta dan Yogyakarta demonstrasi berakhir ricuh. Bahkan di Jakarta sejumlah fasilitas umum rusak dan dibakar. Kontroversi terjadi. Negara menjegal para demonstran dengan beragam cara, persis seperti apa yang terjadi di film The Trial of the Chicago 7.

Lewat film ini kita bisa lihat bahwa sebuah demonstrasi besar atau perlawanan rakyat terhadap penguasa tidaklah sederhana. Akan selalu ada konflik dan gesekan yang terjadi di lapangan. Sedikit saja tersulut maka akan terjadi kericuhan yang menimbulkan korban jiwa. Ya semoga saja film ini bisa membuka mata dan pemikiran kita dalam melihat secara objektif soal demonstrasi dan perjuangan masyarakat di waktu yang akan datang.

Ringkasan
The Trial of the Chichago 7 dapat menyuguhkan sejarah persidangan dengan nuansa dagelan yang kental sekaligus mendetail
9.5
Mantul!
banner cybersport

Latest Reviews

More Stories
Disney Tunjuk Sutradara Barry Jenkins Untuk Sekuel Lion King
%d blogger menyukai ini: