Review Glass Onion: A Knives Out Mystery (2022), Tetap Solid dan Menghibur

glass onion a knives out mystery

Detektif Benoit Blanc kembali beraksi memecah misteri pembunuhan di film Glass Onion: A Knives Out Mystery. Film ini juga tayang eksklusif di Netflix sebagai sekuel Knives Out yang rilis tahun 2019.

Kali ini, Benoit Blanc terlibat dalam pembunuhan di pulau terpencil. Seorang milyuner, Miles Bron, mengundang teman-teman dekat yang ia sebut sebagai The Disruptors pada pesta — lengkap dengan permainan misteri pembunuhan dirinya — di pulau pribadinya. Namun rencananya itu menjadi pisau bermata dua dan menghasilkan pembunuhan sebenarnya.

Seperti film pertamanya, film yang bisa disebut Knives Out 2 ini kembali menghadirkan berbagai aktor terkenal.

Daniel Craig kembali berperan sebagai sang tokoh utama, Benoit Blanc. Di samping itu, ada Edward Norton sebagai Miles Bron, Janelle Monae sebagai Helen/Cassandra Brand, Kathryn Hahn sebagai Claire Debella, Leslie Odom Jr sebagai Lionel Toussaint, Kate Hudson sebagai Birdie Jay, Dave Bautista sebagai Duke Cody, Jessica Henwick sebagai Peg, dan Medelyn Cline sebagai Whiskey.

gambar publikasi pertama film glass onion a knives out mystery

Rian Johnson sebagai sutradara nampaknya juga suka menempatkan gadis cantik sebagai salah satu tokohnya. Kalau di film sebelumnya ada Ana de Armas, di sini ada Medelyne Cline.

Oya, selain para bintang di atas, film ini juga menghadirkan aktor terkenal lain walau cuma sebentar. Ada Ethan Hawke sebagai asisten Miles Bron, Hugh Grant sebagai pasangan Benoit Blanc, dan juga Joseph Gordon-Levitt yang mengisi suara jam (DONG!).

AWAS SPOILER

Glass Onion Punya Pendekatan Berbeda

Rian Johnson membuka film ini dengan cara yang berbeda dengan Knives Out. Jika film pertama dibuka langsung dengan adegan pembunuhan, Glass Onion dibuka dengan adegan tiap teman dekat Miles Bron menerima undangan.

Adegan undangan yang dikemas dengan kotak teka-teki itu juga menarik penonton dalam kondisi waspada, berusaha memperhatikan detil dan karakteristik masing-masing tokoh. Memang, jika kamu cukup jeli, ada beberapa detil menarik di sana.

Begitu juga ketika Benoit Blanc tampil. Jika sebelumnya ia muncul secara misterius mengamati, kini ia muncul dengan lebih apa adanya, yaitu berendam di bak mandi sambil main game Among Us bersama penggiat kisah misteri lain (tokoh yang muncul adalah cameo).

BACA JUGA  Kabar Baik! Film Warkop DKI Klasik Akan Segera Tayang Di Netflix
gambar adegan benoit blanc di awal glass onion

Hal-hal berbeda dengan film sebelumnya ini tentu memberikan nuansa lain yang tidak berkesan formulaicwhich is good.

Uniknya, kita juga bisa melihat struktur cerita tiga babak yang klasik secara lebih gamblang di film ini. The setup (pengenalan), the confrontation (konfrontasi atau benturan masalah), dan the resolusion (resolusi atau penyelesaian). Bahkan konklusinya pun bisa kita sebut berbeda.

Toh, Rian Johnson tetap mengatur plot dan sub-plot dengan jeli, memanfaatkan alur maju dan mundur (flashback) yang rapi.

Plot Twist Tetap Menarik

Bicara soal plot, sudah wajar jika kisah misteri — terutama yang bertipe whodunit (siapa yang melakukannya) — punya plot twist. Toh film kedua Knives Out ini menyajikan plot twist dengan menarik. Terutama di akhir babak pertama dan mulai babak kedua.

gambar permainan misteri pembunuhan miles bron yang gagal di glass onion

Bahkan saat para tokoh sampai di pulau dan hendak mulai acara, plot twist sudah ada. Permainan misteri pembunuhan Miles Bron langsung dipecahkan oleh Benoit Blanc. Sehingga dugaan penonton bahwa permainan itu akan menjadi kendaraan misteri, langsung terpatahkan.

Tentu saja, seperti cerita misteri whodunit lain — termasuk serial Only Murders in the Building — tiap tokoh memiliki twist mereka masing-masing (walaupun ada juga yang lurus-lurus saja sejak awal). Jadi penonton bisa kembali menduga-duga apa sebenarnya yang terjadi.

Mengejutkan, Tapi Bukan Kejutan

Dalam mengolah film sekuel Knives Out ini, Rian Johnson juga menempatkan detil-detil yang mengejutkan. Beberapa hadir dengan sedikit bumbu humor.

Misalnya, ketika Miles Bron mengatakan bahwa hanya geng mereka yang ada di pulau itu, di belakangnya muncul Noah Segan, orang asing yang numpang tinggal di pulau itu (ia juga muncul di film Knives Out).

Begitu pun dengan detil masalah sosial lain. Misalnya soal masker, pelukan, dan pandemi, atau penyebutan berbagai selebritis karena kelompok ini memang termasuk sosialita. Termasuk saus pedas cap Jeremy Renner.

Di sisi lain, secara umum, berbeda dengan film detektif sejenis atau bahkan dengan film pertama, pelaku tidak diungkap secara dramatis di akhir. Permasalahan sedikit bergeser dari masalah pelaku pembunuhan, menjadi ke masalah kebenaran sesungguhnya yang memicu peristiwa ini.

BACA JUGA  5 Alasan Kamu Wajib Nonton Serial Netflix "The Empress"

Jadi, alih-alih membangun cerita untuk puncak di akhir, Rian Johnson kali ini lebih banyak bermain dengan plot dan sub-plot, beserta detil-detilnya. Yah, mungkin hal ini menjadi sedikit anti klimaks bagi yang menunggu penutupan ala cerita misteri pembunuhan klasik.

Akting Para Aktor Memuaskan

Selain masalah plot, struktur, dan detil, hal lain yang menarik dari film Glass Onion ini adalah penampilan para aktornya. Sebagian besar dari mereka tampil memikat sesuai karakter masing-masing.

Terutama untuk Edward Norton, Janelle Monae, dan Kate Hudson. Hehe, begitu juga dengan Daniel Craig, yang kali ini bisa kita lihat menampilkan lebih banyak sisi karakteristik Benoit Blanc.

gambar janelle monae di film glass onion

Yah, paling tidak selama menonton film ini, kita tidak terganggu dengan akting yang canggung dari para pemainnya. Semua terlihat wajar dan menikmati perannya.

Sekuel Knives Out Yang Lebih Berwarna

Secara umum, film Glass Onion memang lebih berwarna dan lebih berlapis dari pendahulunya. Sebagai tontonan, film ini juga solid sebagai hiburan. Baik dari cerita, misteri, dan humor muncul dengan baik.

Film ini juga memang sedikit lepas dari pattern kisah detektif whodunit dengan tidak memberi pemuncak setipe. Sekali lagi, mungkin ending-nya tidak sedramatis film serupa. Walau tetap satisfying.

Jadi, kalau kamu mencari tontonan yang berkualitas dan menghibur, kamu bisa membuka Netflix dan menonton film ini. Selamat menyaksikan.

Glass Onion: A Knives Out Mystery
Misteri Lebih Berlapis, Cerita Lebih Ringan
Glass Onion: A Knives Out Mystery berhasil membawa struktur cerita berbeda, namun tetap mempertahankan daya tarik film sebelumnya.
8
Tonton di
%d blogger menyukai ini: