Menguak 5 Kisah dan Misteri Siapa Sebenarnya Joy Boy di One Piece

One Piece adalah salah satu manga paling populer di dunia. Meski sudah berjalan 1000 chapter lebih, masih banyak hal yang dirahasiakan oleh Eiichiro Oda. Salah satu yang kembali banyak dibicarakan adalah misteri siapa sebenarnya tokoh Joy Boy di serial One Piece.

Dalam chapter 1014 nama Joy Boy kembali disebut. Kaido menyebut nama Joy Boy sambil melihat Luffy yang jatuh ke dalam lautan setelah kalah bertarung dengannya. Tentu saja hal ini membuat banyak penggemar semakin bertanya-tanya. Siapa sebenarnya sosok Joy Boy di serial One Piece ini? Kenapa Kaido menyebutkan namanya? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Popculture.id telah merangkum setidaknya 5 kisah Joy Boy yang penuh kabut misteri. Yuk simak!

Identitas Joy Boy

Misteri yang pertama adalah identitas dari Joy Boy sendiri. Nggak banyak informasi yang diketahui terkait sosoknya. Meski nggak ada informasi pasti tentang usianya, Joy Boy diketahui hidup sekitar 900 tahun di dunia One Piece. Hal ini diketahui dari Poneglyph dari Klan Kozuki yang berusia 800 tahun. Joy Boy menuliskan permintaan maaf saat usianya menginjak 100 tahun.

Berdasarkan teori umur tersebut, Joy mungkin saja adalah seorang raksasa. Meski begitu teori ini bisa dipatakahkan mengingat ras manusia di One Piece juga bisa berumur sampai ratusan tahun. Contohnya adalah Kureha, seorang dokter yang tinggal di Drum Island sekaligus guru dan ibu angkat Chopper.

Meski Joy Boy hidup 900 tahun silam, diramalkan ia akan kembali di masa sekarang. Hal ini diungkap lewat cerita flashback Oden ketika Joy Boy akan kembali mengguncang peradaban dunia. Penggemar mengaitkan reinkarnasi dengan Luffy meski belum ada informasi pasti mengenai hal ini.

Joy Boy dan Fishman Island

Joy Boy adalah sosok yang sangat penting di serial One Piece. Sosoknya pertama kali disebutkan di arc Fishman Island. Joy sendiri punya hubungan yang sangat kuat dengan bangsa manusia ikan. Saat Luffy mengunjungi pulau tersebut, Nico Robin menemukan sebuah pesan dalam poneglyph yang ditinggalkan oleh Joy Boy.

Pesan tersebut merupakan permintaan maaf Joy Boy pada Poseidon (Mermaid Princess). Kisahnya bermula saat Kapal Noah yang besar rusak dan hampir menimpa Fishman Island. Kapal besar bernama Noah tersebut adalah alat yang akan digunakan oleh Joy Boy untuk mengangkat pulau manusia ikan ke permukaan laut dengan bantuan Poseidon yang mampu mengendalikan Sea Kings.

Ras manusia ikan memang memiliki cita-cita besar untuk terbebas dari diskriminasi dan bisa tinggal di permukaan laut. Sayangnya janji tersebut nggak bisa ditepati Joy Boy. Sampai sekarang, manusia ikan tetap percaya dan menunggu Joy Boy menuntaskan janji mulia tersebut.

Joy Boy dan Ancient Kingdom

Salah satu aspek menarik One Piece adalah misteri sejarah abad kekosongan dan konflik yang telah berlangsung di masa lampau. Salah satu yang terkenal adalah pertempuran Ancient Kingdom. Kisah ini ditemukan dalam Poneglyph yang menceritakan perang besar antara Ancient Kingdom melawan 25 kerajaan di seluruh dunia. Perang ini terjadi karena banyak kerajaan yang iri pada teknologi milik Ancient Kingdom.

Kendati begitu, masih belum diketahui pihak mana yang dibela oleh Joy Boy sendiri. Ada teori yang menyebut kalau bisa jadi Joy Boy merupakan raja dari Ancient Kingdom. Hal ini berkaitan dengan artefak topi jerami berukuran raksasa yang ada di Marijoa yang disinyalir milik Joy Boy. Jika memang benar wajar kiranya Kaido sang pemimpin bajak laut Beast menyebut Luffy sebagai Joy Boy wannabe karena menggunakan topi jerami. Ditambah lagi, Kaido pernah bertemu dengan pemakai topi jerami sebelumnya dari mulai Gol D Roger (yang tahu makna topi tersebut) sampai Akagami Shanks. Diketahui pula keduanya merupakan kapten bajak laut hebat.

Joy Boy dan Harta Karun One Piece

One Piece adalah manga yang punya premis sederhana. Seorang pemuda bercita-cita ingin menjadi raja bajak laut dengan menemukan harta paling besar di dunia bernama One Piece. Harta karun yang ditinggalkan Gol D Roger disimpan di sebuah pulau bernama Raftel.

Para penggemar kembali dikagetkan dengan fakta yang menyebut bahwa pulau Raftel berasal dari kata ‘Laugh Tale’ dimana Roger menemukan harta karun Joy Boy di pulau tersebut. Hal ini jadi menarik karena ternyata One Piece yang dicari oleh seluruh bajak laut di dunia bukan harta yang sederhana. Di sana ada dua sejarah yang bertabrakan yakni sejarah dari Joy Boy dan Roger itu sendiri. Tentu saja misteri harta karun masih tetap dirahasiakan Oda dan membuat para penggemar gregetan.

Musuh Joy Boy Sebenarnya

Sama seperti setiap tokoh lain di One Piece, Joy Boy juga memiliku musuh. Informasi yang bisa kita simpulkan dari seluruh cerita adalah Joy Boy berperang melawan 20 raja yang pada akhirnya menciptakan Pemerintah Dunia. Singkatnya, Joy Boy adalah musuh dari otoritas yang berkuasa di dunia One Piece sendiri.

Nggak bertarung sendirian, Joy Boy memiliki aliansi dan pasukannya sendiri. Salah satu yang paling setia adalah klan Kozuki sampai pada akhirnya Joy Boy kalah dan meninggal. Sayang belum ada informasi soal bagaimana sang sosok misterius mati. Yang pasti, pertarungan Joy Boy dengan Pemerintah Dunia akan kembali terjadi. Bisa jadi pertarungan ini akan menutup kisah One Piece itu sendiri.

Nah itu dia 5 kisah dan misteri tentang siapa sebenarnya sosok Joy Boy di semesta One Piece. Gimana menurut kalian Popins? Semakin penasaran dengan sosok Joy Boy ini nggak? Yuk tulis pendapat dan teorimu mengenai Joy Boy di kolom komentar. Mari diskusi~

More Stories
Kabar Duka, Pemain “Snowdrop” Kim Mi Soo Meninggal Dunia
%d blogger menyukai ini: