Siapa ‘Meteor Man’ di Serial “The Rings of Power” Sebenarnya?

Serial “The Rings of Power” di Prime Video menampilkan satu misteri menarik, yaitu ‘the Stranger’ atau ‘Meteor Man.’ Siapakah sosok misterius itu?

Sebelum terjun lebih jauh, harap diingat kalau cerita “The Rings of Power” bukanlah kanon (cerita resmi). Hal ini berhubungan dengan hak tayang dan kontrak antara keluarga Tokien dan Amazon.

Dengan begitu, ada banyak pengembangan kreatif tersendiri yang lahir. Beberapa menciptakan kontroversi, sebagian lainnya menghadirkan misteri yang menarik.

Salah satu misteri yang hadir di serial “The Rings of Power” ini adalah karakter ‘the stranger’ atau ‘meteor man.’

The Stranger / Meteor Man

Pada episode 1, ada meteor jatuh di dekat pemukiman kaum Harfoot. Nori dan Poppy menemukan kalau meteor itu ternyata adalah sesosok pria (manusia).

Pria itu agak susah ditebak usianya. Namun jelas ia sudah tidak muda lagi. Ia juga punya rambut panjang yang lusuh dan punya brewok.

Sosok misterius ini kemudian terlihat punya kemampuan bicara dengan kunang-kunang. Ia juga bisa menerawang (ia menunjukkan rasi bintang dengan kunang-kunang itu).

Nori juga menyebutnya sebagai sosok yang penting. Walau begitu, sosok misterius ini tampak belum mengenal siapa ia sebenarnya, masih belajar memahami bahasa, dan bahkan belum bisa mengungkap apa tujuannya datang.

Karakter Yang Mungkin Meteor Man

Untuk bisa tahu siapa sosok misterius ini, kita harus tahu beberapa faktor soal serial “The Rings of Power” terlebih dulu.

Kisah serial ini memiliki latar Masa Kedua di Middle Earth. Sebuah masa ketika kerajaan Numenor masih ada, ketika cincin-cincin sakti dibuat, dan ketika Sauron mulai menancapkan kukunya di Middle-earth.

Dengan begitu, pilihan untuk berspekulasi bisa sangat banyak (jika mencomot tokoh belum dikenal) atau justru sebaliknya sangat sedikit (dari tokoh yang pernah muncul).

Tapi mari kita coba lihat beberapa kemungkinan dari karakter yang pernah muncul di film “The Hobbit” dan “The Lord of the Rings.”

Gandalf

Gandalf aslinya adalah seorang Maiar dari Valinor (nama aslinya Olórin). Ia diutus sebagai salah satu Istari (wizard berwujud manusia) di Middle-earth untuk membantu mereka yang memerangi Sauron.

Gandalf punya kemampuan berbicara pada hewan (kita melihatnya bicara pada ngengat) dan dekat dengan kaum Hobbit. Ia juga memegang salah satu cincin sakti Elf, Narya. Gandalf juga memiliki kekuatan api, seperti terlihat pada pertempurannya dengan Balrog di Moria (Khazad Dum).

Tapi Gandalf merupakan Istari terakhir yang datang ke Middle-earth. Ia ‘jatuh’ di Havens of Mithlond pada awal Masa Ke-3.

Jadi, kecuali tim produksi menggeser kedatangan Gandalf jadi lebih awal, kelihatannya meteor man itu bukanlah Gandalf.

Radagast

Sama seperti Gandalf, Radagast adalah salah satu Istari yang dikirim ke Middle-earth. Ia lebih memilih dekat dengan alam daripada terjun di tengah konflik. Oleh karena itu, ia kurang banyak tampil.

Tapi, Radagast — yang punya nama asli Aiwendil — datang tidak lama sebelum Gandalf. Jadi masih di awal Masa Ke-3. Lagi-lagi, kecuali tim produksi memberi twist tersendiri, nampaknya Radagast bukanlah meteor man.

Saruman

Saruman — nama aslinya Curumo — juga merupakan salah satu Istari yang datang ke Middle-earth, selain Gandalf dan Radagast. Ia adalah Maiar yang menawarkan diri dan merupakan Istari pertama di Middle-earth.

Lagi-lagi, meskipun yang pertama, Saruman datang sekitar tahun 1000 di Masa Ke-3. Sekali lagi, kecuali tim produksi menggeser waktunya, ia bukanlah meteor man.


Yah, jika mempertimbangkan tokoh yang pernah muncul, memang hanya Istari yang mungkin masuk dalam kemungkinan sebagai the stranger. Karena mereka adalah Maiar yang mengambil penampilan sebagai manusia setengah baya.

Tadinya saya mau memasukkan Sauron ke daftar di atas. Namun melihat cara pendekatan Sauron yang lebih licik dan memakai pendekatan infiltrasi, kelihatannya kok tidak mungkin.

Seperti kamu lihat di atas, jika kita berpijak pada mitologi LOTR, jelas tidak ada yang masuk. Tapi jika kita memutuskan kalau tim produksi ‘agak nakal’ dan menggeser waktunya, dugaan terbesar adalah meteor man itu sebenarnya Gandalf.

Tentu, hal ini masih berupa spekulasi. Siapa meteor man sebenarnya masih perlu kita lihat lagi di serial “The Rings of Power.”

Yuk, lanjut baca
Suka Cobra-Kai? Udah Nonton Film Tentang Karate Terbaik Ini Belum?
%d blogger menyukai ini: