10 Adegan Judul Pembuka Serial Yang Paling Ikonik dan Keren

Adegan judul pembuka serial (opening atau title sequence) menjadi hal tersendiri yang menarik di samping jalan cerita yang mengigit. Di antara begitu banyak serial, tidak sedikit yang keren. Kali ini kami memilih beberapa adegan judul serial yang ikonik dan menjadi favorit.

Title sequence merupakan bagian atau metode tempat film atau program TV memperkenalkan judul, beserta para pemeran dan kreator di baliknya. Biasanya informasi itu hadir dengan tampilan visual dan lagu tema khas yang memberikan gambaran tayangan secara keseluruhan.

Tentu ada banyak adegan judul pembuka di sepanjang sejarah serial film. Ada yang dibuat dengan serius dan ada yang “B” ajah. Lalu nampaknya tren tampilan visual pun ikut berubah seiring jaman. Mungkin kamu akan memperhatikannya dari daftar di bawah ini.

Anyway, inilah beberapa adegan title sequence alias judul pembuka serial TV (juga streaming) yang menurut kami ikonik dan keren.

Friends

Adegan dan lagu pembuka title sequence serial “Friends” sangat ikonik. Anak 90-an pasti langsung mengenalinya (bahkan ikut tepuk tangan mengikuti lagu). Kalau kamu membuka YouTube, kamu juga akan menemukan banyak tribute untuk adegan pembuka ini.

Lagu pembuka ini dibuat oleh David Crane, Marta Kauffman, Michael Skloff, dan Allee Willis. Kemudian lagu “I’ll Be The For You” itu dibawakan oleh band The Rembrandts.

Game of Thrones

Siapa yang tidak kenal dengan adegan pembuka satu ini? Title sequence dari serial “Game of Thrones” tidak hanya ikonik, tapi juga punya tampilan visual dan lagu yang keren.

Miniatur istana atau bangunan khas di peta menampilkan perjalanan cerita serial tersebut. Sisi visual adegan pembuka ini digarap oleh tiga tim, yaitu Elastic, a52, dan Rock Paper Scissors. Sedangkan lagu tema “Game of Thrones” merupakan gubahan Ramin Djawadi.

Oya, kamu juga bisa melihat bagaimana gitaris top dunia membawakan lagu tema “Game of Thrones” waktu rilis gitar Fender edisi khusus di YouTube.

Money Heist (La Casa de Papel)

Money Heist” sebagai sebuah serial yang populer juga punya presentasi judul yang keren. Tampilan visual itu mungkin mempresentasikan judul asli serial ini “La Casa de Papel” yang berarti “rumah kertas” (house of paper).

Sedangkan lagu tema “Money Heist” yang berjudul “My Life is Going On” dibuat oleh Manel Santisteban dan dinyanyikan oleh Cecilia Krull.

Spongebob Squarepants

Hehehe… Siapa juga yang nggak kenal sama lagu di adegan pembuka ini? Kalau tampilan visualnya sendiri sih ya memang khas Spongebob ya.

Lagu tema “Spongebob Squarepants” ini dibawakan oleh si kapten bajak laut di lukisan (Painty The Pirate atau The Captain) bersama sekelompok anak-anak. Si kapten ini sendiri kebanyakan diperankan oleh Patrick Pinney.

The Fresh Prince of Bel-Air

Adegan pembuka serial “The Fresh Prince of Bel-Air” juga sangat ikonik. Anak 90-an juga pasti tahu lagu rap yang dibawakan oleh Will Smith muda ini.

Walau begitu, kalau kamu perhatikan, tema yang diusung di adegan pembuka ini sudah memiliki konsep seperti di serial masa kini seperti “Game of Thrones.” Tentu, tampilan visualnya beda. Namun potongan adegan itu memberikan pengantar bagaimana si tokoh utama sampai ke rumah pamannya di Bel-Air (yang jadi isi cerita).

The Simpsons

Title sequence serial “The Simpsons” juga merupakan salah satu yang paling ikonik dan keren. Selain mengantar penonton pada suasana serial, ada 2 bagian yang sering mendapat improvisasi. Yaitu tulisan yang ditulis Bart di papan tulis dan ketika satu keluarga Simpson masuk dan duduk di sofa.

Animasi adegan pembuka ini dibuat oleh sang kreator Matt Groening. Sementara komposisi lagu tema “The Simpsons” dibuat oleh Danny Elfman (yang ia sebut sebagai karyanya yang paling populer).

The X-Files

Title sequence serial “The X-Files” juga merupakan salah satu yang terkenal. Terutama karena lagu tema buatan Mark Snow yang berkesan misterius dan kalimat yang ada di akhir sequence, “The Truth is Out There.”

Sebenarnya, selain nuansa yang misterius (yang menggambarkan isi serial), tidak ada yang benar-benar istimewa dari sisi visual. Selain Mulder dan Scully, berbagai potongan gambar yang muncul bukanlah dari serial itu.

The Wheel of Time

Opening titleThe Wheel of Time” juga tidak mau kalah dengan serial fantasi pendahulunya, “Game of Thrones.” Animasi di adegan pembuka ini menggambarkan jalinan rumit dunia magis, mengantarkan kita pada 7 warna Ajah dari Ais Sedai.

Tampilan visual adegan pembuka “The Wheel of Time” ini merupakan hasil karya Imaginary Forces. Sedangkan komposer musik tema serial ini adalah Nikhil Koparkar.

True Detective

“True Detective” merupakan serial drama antologi yang bercerita soal penyelidikan kriminalitas. Tiap musim memiliki tema dan ceritanya sendiri.

Selain itu, tiap musim juga memiliki title sequence dengan gaya tampilan visual dan lagu tema masing-masing yang sangat artistik. Motion design serial ini digarap oleh tiga studio, yaitu Elastic, Antibody, dan Breeder.

Bagaimana dengan lagunya? Lagu tema “True Detective” season pertama berjudul “Far from Any Road” dari The Handsome Family, season kedua berjudul “Nevermind” dari Leonard Cohen, dan season ketiga berjudul “Death Letter” dari Cassandra Wilson.

Westworld

Serial “Westworld” juga memiliki opening sequence yang keren. Adegan pembuka dari ke-empat season yang sudah tayang ini memiliki beberapa elemen yang sama, namun punya perbedaan tersendiri.

Motion design dari serial “Westworld” merupakan hasil karya Elastica. Sedangkan lagu temanya merupakan gubahan Ramin Djawadi, yang juga membuat lagu untuk “Game of Thrones.”

Yuk, lanjut baca
Gemes Banget! 5 Second Couple Drama Korea dengan Chemistry Terbaik
%d blogger menyukai ini: