10 Anime Strategi Perang Terbaik. Dari Latar Kerajaan Sampai Modern

Sebagai salah satu bentuk hiburan yang disenangi banyak orang di seluruh dunia, anime memiliki banyak genre. Anime shounen, seinen, strategi, perang dan drama adalah beberapa genre terbaik yang disenangi banyak orang. Bukan tanpa alasan, beragamnya genre dalam serial anime dibuat agar para penonton nggak merasa bosan.

Hari ini banyak penggemar anime yang senang dengan serial shounen dan kehidupan anak SMA. Bukan tanpa alasan, dua genre tersebut selalu menarik dari segi cerita, karakter dan juga visual. Sebut saja Jujutsu Kaisen dan Tokyo Revengers yang jadi primadona akhir-akhir ini. Nah buat kamu yang mungkin bosan dengan dua genre di atas, nggak ada salahnya untuk menonton anime dari genre lain. Salah satu yang dijamin asyik adalah anime strategi perang. Nah buat kamu yang tertarik, berikut ini rekomendasi 10 anime strategi perang terbaik versi Popculture.id. Yuk langsung aja simak di bawah ini!

Joker Game

Pertama ada anime Joker Game. Meski judulnya nggak merepresentasikan perang, anime ini sebenarnya berkisah tentang strategi perang yang realistis. Joker Game berlatar saat Perang Dunia II dimana mata-mata menjadi fokus utama serial ini.

Sebelum perang pecah, anime ini menyoroti bagaimana cara negara melakukan permainan informasi. Beberapa detil antara lain seperti cara memecahkan sandi, mencari informasi, memanipulasi informasi, menyebarkan kabar palsu dan lain-lain. Singkatnya, anime ini menyoroti ‘informasi’ sebagai salah satu senjata penghancur dalam peperangan.

Fang of The Sun Dougram

Fang Of The Sun Dougram adalah anime mecha yang dirilis pada tahun 1981. Anime ini berkisah tentang kelompok pemberontak yang mencoba membebaskan planet mereka dari pengaruh penjajahan. Para pemberontak kemudian mengambil langkah perang bersenajta demi menggulingkan diktator kejam dan melakukan kudeta.

Meskipun terdengar medioker, anime ini sangat berbeda dengan anime mecha lain lo. Pasalnya, Fang of The Sun Dougram begitu detail dan realistis dalam menggambarkan konflik. Meski menggunakan robot raksasa sebagai daya tarik utama, unsur-unsur lain dalam peperangan seperti perekrutan prajurit, moral publik, pasokan makanan dan amunisi sampai perjuangan politik juga mendapat porsi yang sama besarnya.

Kingdom

Selanjutnya ada anime epik Kingdom. Pada dasarnya, anime ini diangkat dari sejarah saat negara-negara berperang di Tiongkok. Latar sosial dan politik yang begitu kental jadi tema dalam serial anime satu ini. Para penggemar perang kolosal, pasti bakal senang banget deh sama anime satu ini.

Bukan hanya memperlihatkan peperangannya saja, strategi perang dan politik juga sangat kental dalam anime ini. Intrik, drama memainkan peran besar. Pembangunan karakter yang berujung perang spektakuler akan membuat kamu terkesima. Para penggemar sejarah nggak boleh ketinggalan untuk nonton anime satu ini!

Vinland Saga

Vinland Saga adalah anime yang sempat menarik perhatian banyak wibu di Indonesia. Anime ini berkisah tentang sejarah bangsa norse atau viking di masa jayanya. Mengingat anime ini terinspirasi dari sejarah, Vinland Saga memperlihatkan banyak peperangan dan strategi perang dari karakter utama dan kelompoknya.

Hal yang kemudian menjadi brilian adalah adegan-adegan perang yang brutal dimana penggunaan pedang, kapak, perisai dan panah jadi pilihan utama. Hal ini semakin bagus dengan fakta kalau bangsa viking terkenal nggak punya belas kasihan. Pokoknya, keren banget deh anime yang satu ini!

Arsland Seki

Masih berlatar kerajaan, selanjutnya ada anime Arslan Senki. Anime ini sebenarnya bergenre fantasi. Namun, alih-alih memperlihatkan sihir, pedang dan panah, anime ini lebih banyak berkisah tentang strategi suatu kerajaan yang sedang dalam posisi berbahaya.

Secara singat, serial anime ini seperti drama perang dan politik dimana pengkhianatan dan intrik jadi sorotan utama. Kalau boleh menyamakan, Arslan Senki cukup mirip dengan serial Game of Thrones secara tema. Cobain nonton deh~

Sora No Woto

Selanjutnya ada anime Sora No Woto. Anime ini berkisah tentang serangkaian konflik perang yang merusak akhirnya selesai dan menemukan pemenangnya. Secara utuh, anime ini menceritakan upaya tokoh utama untuk memperbaiki keadaan planet bumi yang hancur karena iklim dan peperangan tersebut.

Kalau kamu berfikir anime ini menceritakan tentang perang, kamu salah. Sora No Woto justru berkisah tentang para manusia yang mengambil tempat setelah perang yang merusak berakhir. Singkatnya, kita akan melihat bagaimana perang mempengaruhi masyarakat dan lingkungan. Baik dalam penggambaran positif maupun negatif.

Legend of the Galactic Hero

Legend of Galactic Heroes adalah serial anime strategi perang paling ikonik yang pernah ada. Nggak ada anime yang bisa menandingi stategi, intrik dan politik dalam anime ini. Dengan total 110 episode, kita akan disuguhi bagaimana kehidupan para karakter kuncul dalam konflik galaksi yang nggak berujung.

Peperangan besar antar armada, pengkianatan, karakter ambisius, karakcer cerdas sampai tentara kuat akan menghiasi setiap episode dari serial anime satu ini. Buat kamu yang mungkin belum nonton, inilah saatnya. Dijamin deh, kamu nggak akan nyesel nonton Legend of Galactic Heroes. Recommended banget!

Code Geass

Selanjutnya ada Code Geass. Anime satu ini memang erat kaitannya dengan strategi perang dan peperangan itu sendiri. Dua unsur tersebut memang menjadi daya pikat anime ini disamping karakter Lelouch dan kekuatan utamanya untuk memerintah orang lain.

Lewat karakter Lelouch, kita akan dibawa pada gambaran strategi perang yang brilian. Sebagai seorang pemberontak, Lelouch memang punya kecerdasan tingkat tinggi dalam peperangan. Hal ini terbukti dengan suksesnya peperangan yang ia lakoni. Selain itu, plot twist anime ini juga sangat ikonik banget!

GATE

GATE menjadi anime yang paling unik dalam daftar kali ini. Pasalnya, anime ini menggabungkan unsur fantasi seperti sihir, monster abad pertengahan dan unsur sci-fi yang modern. Hasilnya, kamu akan melihat peperangan yang sangat unik karena dua unsur yang menyatu ini.

Stategi dan peperangan modern mencoba menahan serangan musuh dari abad pertengahan yang mengandalkan strategi perang yang berbeda. Tentu saja, tayangan menarik ini sangat sayang kalau dilewatkan. Coba tonton GATE deh!

Attack On Titan

Terakhir ada anime Attack On Titan. Jika dilihat dari luar, anime yang berkisah tentang hidup Eren Yaeger ini memang seolah-olah menceritakan tentang para raksasa yang membunuh manusia. Tapi sejak awal sebenarnya film ini telah menunjukan tentang strategi peperangan.

Hal ini semakin dipertegas setelah musim terakhir Attack On Titan. Kita melihat strategi perang, pemberontakan dan perebutan kekuasaan yang semakin dominan. Yup, Titan hanyalah penghias dari tema besar dari anime ini: peperangan dan kemanusiaan.

Nah itu dia 10 anime strategi perang terbaik versi Popculture.id. Gimana menurut kalian Popins? Apakah ada judul yang kalian tonton? Atau kalian punya anime strategi perang favorit kalian sendiri? Yuk tulis di kolom komentar~

More Stories
Jokowi Respon Cepat Surat Terbuka Dari Pelaku Industri Film Indonesia
%d blogger menyukai ini: