Di Balik Efek Muda di Film The Irishman

efek muda Robert De Niro di The Irishman

The Irishman adalah film fenomenal dari sutradara legendaris Martin Scorsese. Di film The Irishman ini, Scorsese menerapkan efek visual yang membuat pemerannya — Rober de Niro, Al Pacino, dan Joe Pesci — menjadi lebih muda.

Seperti kita ketahui, para pemeran utama film The Irishman memang sudah berusia lanjut (begitu pun sang sutradara). Robert de Niro dan Joe Pesci berusia 76 tahun, bahkan Al Pacino sudah berusia 79 tahun. Sementara jalan cerita film tersebut terbentang sejak tokoh yang mereka perankan masih relatif lebih muda.

Efek visual di film sendiri sudah mengalami lonjakan jauh. Terutama karena teknologi digital. Beberapa efek visual yang mengubah wajah aktor secara ekstrim sudah kita lihat di film The Curious Case of Benjamin Button (mengubah usia Brad Pitt) dan Fast Furious 7 (mengubah wajah adik Paul Walker menjadi dirinya).

Tim yang berada di balik pengembangan efek visual film The Irishman adalah Industrial Light & Magic (ILM). Perusahaan ini sudah membuat efek visual di banyak film populer. Misalnya Avengers: Endgame, Aquaman, Ready Player One, dll.

Untuk film The Irishman, tim produksi membangun konfigurasi khusus dengan tiga kamera (dilengkapi dengan kamera infra merah) dan mengembangkan efek visual secara digital. Mereka juga mempelajari semua film lama dari para pemeran untuk menangkap semua aspek karakter.

Film ini, walau mendapat banyak pujian dan disebut berpontensi mendapat Oscar, sering mendapat kritik karena versi muda para pemeran — terutama de Niro — tidak terlalu mirip dengan saat mereka muda di berbagai film terdahulu.

Yang menarik, tim produksi mengembangkan efek untuk versi muda tersebut agar para pemeran terlihat muda sesuai karakter yang mereka mainkan. Jadi bukan semata-mata menyamakan dengan wajah mereka dulu.

Setelah menonton film The Irishman, menurut saya efek muda tersebut tidak begitu membawa efek negatif. Memang, postur tubuh dan gerakan pemeran yang sudah tua tidak bisa bohong. Namun dengan kekuatan cerita, film berdurasi panjang ini tetap bisa kita nikmati. Terutama kalau kamu penggemar Scorsese dan film mafia.

Latest Reviews

More Stories
Fakta Menarik Yang Harus Kamu Tahu Tentang The World of The Married
%d blogger menyukai ini: