“Dolittle” Jadi Film Pertama yang Gagal di Tahun 2020

film dolittle

Walau sekarang berada di posisi ke-2 di bawah Bad Boys for Life, pendapatan film Dolittle jauh dari yang diharapkan. Sebuah indikasi kuat kalau Dolittle akan jadi film gagal pertama di tahun 2020.

Dolittle bercerita tentang seorang dokter yang menemukan ia bisa bicara dengan hewan. Ia bersama teman-teman hewannya harus melakukan perjalanan untuk mencari obat guna menyembuhkan Ratu Victoria.

Film ini memiliki berbagai nama besar berdiri di belakangnya. Ada sang Iron Man, Robert Downey Jr. sebagai Dr. Dolittle. Kemudian ada pula Tom Holland, Antonio Banderas, Emma Thompson, Remi Malek, John Cena, Kumail Anjani, Ralph Fiennes, dan Selena Gomez sebagai pengisi suara para binatang.

Sayangnya, sejauh ini, film ini tidak memiliki performa seperti yang diharapkan. Mari kita lihat angka-angka yang ada.

sebuah adegan film dolittle

Film Dolittle disebut memiliki nilai produksi sebesar $175 juta Dollar. Sampai saat ini, film tersebut “baru bisa mendapatkan” pemasukan sebesar $57,3 juta Dollar secara global. $28,3 juta Dollar di Amerika dan $29 juta Dollar dari pasar internasional.

Itu dari sisi box office. Dari sisi rating dan review film ini pun mendapat hantaman besar. Dolittle meraih 5,6/10 di IMDB, 27 di Metacritic, 18% Tomatometer di Rotten Tomatoes (tapi 76% dari audiens). Untungnya, Cinema Score memberinya rating B (bukan F seperti The Grudge).

Dolittle memang masih akan hadir di bioskop dan bahkan baru akan hadir di beberapa negara, seperti Cina, dalam beberapa waktu mendatang. Namun, kelihatannya hal itu tidak akan membantu banyak. Apalagi melihat film Bird of Prey, dengan Margot Robbie, akan segera hadir di awal Februari.

Kalau memang Dolittle tidak berhasil di box office, dan kelihatannya begitu, maka ini menjadi ke-2 Universal Studios setelah film Cats.

More Stories
Segera Terbit! Origin Story Captain Marvel: The Life of Captain Marvel
%d bloggers like this: