Episode 8 (Final Season 1) “Rings Of Power”: Sauron & 3 Cincin Elf

Ceritanya berbeda dengan aslinya

gambar 3 cincin elf di serial rings of power
gambar: Prime Video

Episode 8 yang berjudul “Allloyed” menjadi final dari musim (season) pertama serial Rings of Power sudah tayang di Prime Video. Episode ini akhirnya mengungkap siapa Sauron dan The Stranger sebenarnya, juga menunjukkan tiga cincin elf hasil buatan Celebrimbor.

Sebagai kisah The Lord of the Rings yang tidak menjadi kanon (cerita resmi), Rings of Power memang menyajikan banyak perbedaan dari mitologi aslinya.

Beberapa di antaranya memanfaatkan celah dari bagian yang tidak diceritakan oleh J.R.R. Tolkien atau anaknya Christopher Tolkien. Sebagian lainnya mengubah alur agar sesuai dengan cerita di serial ini.

Perbedaan SIgnifikan

Sepanjang musim serial ini, fans TLOTR mungkin sudah tahu berbagai perbedaan dengan cerita aslinya. Perbedaan ini pin semakin tampak di episode 8 alias episode final season 1 Rings of Power.

Identitas The Stranger

Episode ini dibuka dengan ketiga perempuan misterius (The Ascetic, The Dweller, dan The Nomad) bertemu dengan The Stranger. Namun, ketika The Stanger bersiap diserang, ketiganya berlutut dan menyatakan siap mengabdi padanya, “Lord Sauron.”

Toh ternyata dugaan ketiga perempuan itu salah. Saat tim Harfoot membebaskan The Stranger, Nori mengingatkannya bahwa ia datang untuk menolong. Dalam pertarungan sihir singkat, The Stanger mampu mengalahkan ketiga perempuan misterius itu.

gambar the stranger di episode 8 rings of power
gambar: Prime Video

Namun, sebelum kalah, salah satu dari perempuan misterius itu menyatakan bahwa The Stranger bukanlah Sauron. Ia sempat menyebutkan kalau ia adalah salah satu Istari. Sayangnya, sebelum sempat menyebutkan nama, ia sudah musnah terlebih dulu.

Hal ini tentu menjawab siapa itu The Stranger. Paling tidak kita punya dugaan kuat siapa ia sebenarnya. Kemungkinan besar adalah Gandalf.

Walaupun begitu, jika menurut lini masa TLOTR, para Istari datang di Middle-earth sekitar TA 1000 (tahun 1000 masa ketiga). Sedangkan kisah pembentukan Rings of Power terjadi pada Second Age (masa kedua).

Inilah salah satu perbedaan besar dari serial ini dengan aslinya.

Identitas Sauron

Begitu episode 8 serial Rings of Power menunjukkan siapa yang membantu Celebribor menempa ke-3 cincin sakti Elf, begitu pula identitas Sauron terkuak.

BACA JUGA  Trailer "Rings of Power" Comic-con: Inikah Penampakan Sauron?

Karena memang, jika menurut buku The Silmarillion, Celebrimbor dan Sauron bekerja sama membuat 19 cincin sakti (3 untul Elf, 7 untuk Dwarf, dan 9 untuk manusia). Kemudian, Sauron membuat the One Ring untuk menguasai semuanya.

gambar halbrand dan celebrimbor di episode 8 rings of power
gambar: Prime Video

Di serial ini, Halbrand membantu Celebrimbor menemukan solusi untuk menggabungkan batu sakti, mithril, dan logam lain agar bisa semakin kuat. Dengan begitu, Halbrand-lah Sauron sebenarnya, seperti yang disadari oleh Galadriel kemudian.

Di kisah aslinya, Sauron datang sebagai perwakilan Valar bernama Annatar. Ia ditolak oleh Gil-Galad dan Elrond, namun berhasil menipu para ahli tempa Elf lain. Dengan begitu ia bisa ikut membuat cincin sakti. Ketika ketahuan identitasnya, Celebrimbor membuat 3 cincin Elf sendiri dan Sauron membuat One Ring untuk menguasai semuanya.

Lagi-lagi sebuah perbedaan yang cukup signifikan.

Pembuatan 3 Cincin

Ketika identitas Halbrand ketahuan oleh Galadriel, ia segera pergi. Celebrimbor pun meneruskan membuat 3 cincin sakti Elf. Akhirnya, kita bisa melihat ketiganya: Narya (merah), Nenya (putih), dan Vilya (biru).

gambar 3 cincin elf di serial rings of power
Gambar: Prime Video

Seperti kamu lihat, serial ini menampilkan pembuatan 3 cincin Elf lebih dulu dibanding lainnya. Sementara di kisah aslinya, 7 cincin untuk Dwarf dan 9 Cincin untuk Manusia, dibuat lebih dulu.

Lalu, sebenarnya Galadriel dan Elrond tidak terlibat secara langsung dalam pembuatan cincin-cincin ini.

Celebrimbor memang menerima Nenya dari Celebrimbor. Namun Elrond menerima Vilya sebagai penerus dari Cirdan. Sementara Narya awalnya dipegang oleh Gil-Galad sebelum dipakai oleh Gandalf.

Penutup Musim Pertama

Dengan episode 8 ini, usai sudah season pertama Rings of Power. Tentu, serial ini punya kekurangan dan kelebihan. Apalagi jika kita berbicara soal perbedaannya seperti di atas.

Namun secara keseluruhan, serial ini bisa menyampaikan kisah The Lord of the Rings dengan baik. Porsi antara drama dan aksi cukup berimbang, dan alur ceritanya tetap menarik.

Mungkin dari sisi kepopuleran, serial Rings of Power mendapat tantangan besar dari House of the Dragon. Tapi paling tidak , sebagai tontonan, serial ini tidak memberikan tantangan teknis untuk melihatnya. Ahem, seperti House of the Dragon yang sering terlihat gelap.

BACA JUGA  Siapa 'Meteor Man' di Serial "The Rings of Power" Sebenarnya?

Bagaimana dengan season 2 Rings of Power? Proses syuting sudah mulai dilakukan di Inggris pada tanggak 3 Oktober 2022. Jadi, kita tunggu saja kapan kelanjutan serial ini tayang.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: