Dari Cara Kerja Sampai Tugas Utama, Ini 5 Fakta TVA Di Serial Loki

Episode perdana serial Loki berhasil menarik perhatian banyak penggemar superhero. Selain kemunculan kembali sang anti-hero, fakta bahwa organisasi TVA yang muncul di serial Loki menjadi perbincangan yang hangat dikalangan para fanboy. Banyak yang menganggap kalau TVA menjadi salah satu organisasi hebat yang pernah muncul di MCU.

Meski sudah dijelaskan sekilas di episode pertama Loki, kali ini Popculture.id akan membongkar tugas utama, kelemahan bahkan kekuatan TVA sebagai sebuah organisasi. Daripada berlama-lama lagi, yuk langsung aja simak 5 fakta menarik dari organisasi TVA di bawah ini!

Tugas Time Variance Authority

Time Variance Authority alias TVA adalah sebuah organisasi yang pertama kali diciptakan pada tahun 1986. Sama seperti namanya, organisasi ini memiliki tugas untuk mengawasi dan membenarkan segala realitas yang muncul di bumi alias multiverse. Mereka melakukan ini demi menghilangkan kemungkinan berubahnya masa lalu atau masa depan karena seseorang yang keluar dari sacred timeline alias realitas yang telah ditentukan.

Hal-hal berbahaya yang bisa terjadi dan merusak sacred timeline membuat TVA memonitor setiap individu yang ada di dunia. Hal ini dilakukan agar jika sang individu merusak kestabilan, ia bisa langsung ditindak agar tidak menghancurkan stabilitas. Bukan sekedar melumpuhkan atau menghancurkan manusia, TVA bahkan punya wewenang untuk menghancurkan sebuah realita jika memang berbahaya bagi kestabilan alam semesta.

Cara dan Metode Kerja TVA

Sebagai sebuah organisasi penindak, TVA tentu punya metode dan cara kerjanya sendiri. Apalagi TVA bekerja untuk mengawasi banyak timeline yang pastinya melibatkan banyak orang. Nah salah satu metode kerja TVA adalah para Chronomonitors. Diketahui mereka adalah makhluk tanpa wajah dan tanpa emosi yang bertugas melihat timeline dan mempengaruhinya saat dibutuhkan. Mereka tak punya emosi jadi bekerja dengan sangat logis.

Selain metode dari Chronomonitors, beberapa agen, terutama agen lapangan punya pilihan sendiri dalam membuat keputusan. Ya mau bagaimanapun nggak semua agen punya pandangan yang objektif terhadap sebuah peristiwa. Ini jadi metode yang cukup baik dan juga buruk. Faktanya nggak sedikit TVA yang bekerja demi kepentingan dirinya sendiri.

Pengadilan dan Terdakwa

Jika ada hukum pengadilan yang adil, maka TVA adalah organisasi yang menjunjung tinggi keadilan. Pasalnya, organisasi ini berani menghukum bahkan menghancurkan siapa saja yang dianggap bersalah atau melawan TVA karena merusak kestabilan timeline. Mereka akan menangkap siapa saja, tidak memperdulikan siapa mereka atau apa latar belakangnya. Bayangkan saja, Loki yang notabene seorang dewa juga ditangkap dan tetap diadili oleh pengadilan TVA.

Dalam versi komik, sejumlah superhero yang notabene mencoba menyelamatkan dunia dan bekerja demi kebaikan juga pernah ditangkap dan diadili. Beberapa superhero yang pernah diamankan antara lain Jennifer Walters alias She-Hulk karena pergi ke masa lalu dan memperingatkan kematian Hawkeye.

Kelompok Fantastic Four pernah diadili karena membuat senjata untuk mengalahkan Dr. Doom yang dianggap merusak timeline. Deadpool menjadi tahanan favorit TVA karena sering melintasi waktu. Singkatnya, TVA nggak mempedulikan baik atau buruknya seseorang dalam realitas. Jika dia merusak timeline, baik itu demi menyelamatkan dunia, mereka akan tetap diadili.

Kekuatan Dahsyat Time-Keepers

Setiap organisasi pasti memiliki pendiri. Meski dalam versi komik pendiri TVA nggak diketahui, di serial Loki, kita tahu kalau tiga makhluk yang disebut Time-Keepers adalah pemimpin organisasi ini. Hal ini bermula saat ketiga makhluk tersebut mengubah semua multiverse yang acak-acakan menjadi satu timeline utama.

Meski belum diketahui kekuatan pastinya, Time Keepers adalah makhluk yang bertugas menjaga alur timeline. Mereka pasti memiliki kemampuan untuk menjaga kestabilan tersebut. Disebutkan kalau Time-Keepers bisa menghancurkan sepasukan prajurit jadi debu, menambah atau mengurangi umur seseorang atau memunculkan satu monster atau makhluk besar yang ditujukan untuk menjaga timeline utama yang terancam. Singkatnya, 3 makhluk ini memiliki kekuatan terdahsyat yang parnah diperlihatkan dan dibahas di MCU.

Kekuatan dan Kelemahan TVA

Salah satu kekuatan besar yang dimiliki TVA adalah teknologi yang berkaitan dengan waktu. Mereka memiliki alat yang bisa memundurkan waktu seseorang tanpa mempengarhui waktu di luarnya. Mereka juga punya senjata berupa tongkat yang bisa membuat seseorang jadi debu dalam sekali sentuh. Tentu saja ada banyak senjata lain yang pastinya lebih mematikan dari yang sudah diperlihatkan.

Selain itu, kekuatan utama lain adalah para karyawan dan agen TVA. Kebanyakan mereka adalah kloning dari satu orang. Dengan cara klon ini, mereka memiliki agen terbaik yang performanya akan selalu stabil dan tidak pernah menurun. Setiap karyawan memiliki kemampuan bertarung yang sama, tidak penting apa posisinya di TVA.

Di mana ada kekuatan, di situ selalu ada kelemahan. Meski terlihat sangat powerfull, TVA memiliki kelemahan. Mereka adalah sejumlah individu yang telah terbiasa dengan aktivitas time-travel dan manipulasi aliran waktu. Salah satu musuh terbesar TVA adalah Kang The Conqueror. Ia bisa mengelabui bahkan mengalahkan TVA karena kemampuan manipulasinya. Menariknya, Kang The Conqueror sebagai musuh alami TVA akan segera muncul di MCU sebagai villain utama dalam film Ant-Man and the Wasp: Quantumania. Semua tinggal perkara waktu mempertemukan para agen TVA dengan Kang The Conqueror.

Nah itu dia 5 fakta menarik tentang organisasi TVA yang muncul di serial Loki. Gimana menurut kalian Popins? Keren banget kan organisasi satu ini?

More Stories
Yuk Intip Penampakan Perdana Film ‘Gundala’! ​
%d bloggers like this: