10 Film Animasi Disney Terbaik, Termasuk Yang Kartun dan 3D

gambar berbagai karakter film animasi disney

Jika kamu mencari hiburan keluarga, film animasi Disney jelas menjadi pilihan utama. Baik untuk orang dewasa, terlebih lagi untuk anak-anak.

Membuat daftar rekomendasi ini pun bukan perkara mudah. Film pertama Disney, Snow White and the Seven Dwarfs, rilis pada tahun 1937. Hingga kini, film Disney sudah berjumlah lebih dari 800 buah, baik animasi maupun live action (dari situs resmi).

Perkembangan Film Kartun Disney

Walau ada film animasi terbaik lain secara umum, jika kita bicara soal tontonan keluarga, Disney memang tidak terkalahkan. Toh Disney pun mengalami pasang surut dalam perjalanannya.

Film Disney memang dimulai sejak yahun 1930-an. Namun walau inovatif, film kartun Disney kala itu tidak serta merta membawa kesuksesan.

Film-film itu memang akhirnya menjadi tontonan klasik. Tapi baru di tahun 1990-an lah film kartun Disney menjadi blockbuster.

Kemudian, untuk menghadapi perkembangan teknologi, Disney pun mengadaptasi animasi 3D. Salah satu yang terlihat jelas adalah perubahan yang muncul di film Tangled.

Rekomendasi Film Animasi Disney Terbaik

Sekali lagi, tidak mudah memilih film untuk menjadi rekomendasi. Walau begitu, berikut rekomendasi film animasi Disney dari kami.

1. Lilo and Stitch

film kartun disney lilo and stitch

Lilo and Stitch

Dirilis saat era animasi tradisional masih populer, Lilo and Stitch menceritakan tentang cerita keluarga ketimbang romance. Kisah Lilo dan Stitch yang berawal dari teman kemudian saling menganggap satu sama lain sebagai keluarga ini dinominasikan untuk mendapat penghargaan Oscar.

Tahun Rilis2002
StarringDaveigh Chase, Chris Sanders, Tia Carrere
IMDB Rating7.3

2. Moana

film animasi disney moana
Moana

Moana adalah film bertema mitologi dari Disney. Ber-setting di pulau pasifik dengan bumbu elemen petualangan dan hero’s journey.

Menceritakan Moana yang harus berjuang menyelamatkan anggota sukunya dengan bertualang bersama dewa bernama Maui.

BACA JUGA  Cari Film Korea Terbaru? Ini Rekomendasi 8 Film Korea Terbaik 2020
Tahun Rilis2016
StarringAuliʻi Cravalho, Rachel House, Dwayne Johnson
IMDB Rating7.6

3. Tangled

film animasi 3d disney tangled
Tangled

Mayoritas film animasi modern Disney bersumber dari ide original. Tetapi, ada juga yang masih mengandalkan kisah dongeng klasik, salah satunya adalah Tangled.

Dengan visual yang modern, musik yang bagus, dan kisah cinta yang menyentuh, Tangled menjadi interpretasi modern kisah Rapunzel.

Tahun Rilis2010
StarringMandy Moore, Zachary Levi
IMDB Rating7.7

4. Mulan

Mulan

Sebelum pergantian millenium, Disney kembali merilis film legendaris dan disenangi para fans. Salah satu daya tarik Mulan adalah tokoh utama wanitanya yang tak hanya memikirkan soal cinta, tetapi juga heroik.

Menceritakan tentang Mulan, seorang gadis yang terpaksa menyamar menjadi prajurit lelaki untuk bisa menyelamatkan Ayahnya. Humor dan musik yang memorable membuat Mulan masih dikenang sampai sekarang.

Tahun Rilis1998
StarringMing Na Wen, Eddie Murphy, BD Wong
IMDB Rating7.6

5. Beauty and The Beast

Beauty and The Beast

Sebuah film terobosan yang membawa kesuksesan Disney ke tingkatan atas. Kisah Beauty and The Beast pantas berada di daftar top 10 film animasi Disney terbaik karena tema yang diangkat sangat universal dan dikenal sepanjang masa.

Cerita romance memang menjadi daya tarik, tetapi yang banyak membuat penonton jatuh hati adalah animasi yang indah, scene yang memorable, dan musik yang fantastis. Beauty and The Beast sangat populer dan sukses sehingga menjadi film animasi pertama yang dinominasikan di Oscar.

Tahun Rilis1991
StarringPaige O’hara, Robby Benson, Jesse Corti
IMDB Rating8.0

6. The Little Mermaid

film kartun disney the little mermaid
The Little Mermaid

Era kebangkitan atau renaisance adalah titik penting untuk Walt Disney Animation Studio. Di era 80-an sampai 2000-an itu, film animasi Disney menjadi hit menurut kritikus dan penjualannya. Era tersebut dimulai dengan dirilisnya The Little Mermaid.

FIlm ini diadaptasi dari kisah klasik karya Hans Christian Andersen. The Little Mermaid menceritakan tentang seorang putri duyung yang mendambakan hidup dengan seorang lelaki di daratan, sampai membuatnya rela membuang segala yang dimilikinya untuk bisa mencapai tujuannya.

BACA JUGA  Rekomendasi 10 Film Kungfu Terbaik, Dunia Beladiri Bercampur Supranatural

Disney kemudian memproduksi versi remake live action The Little Mermaid.

Tahun Rilis1989
StarringJodi Benson, Samuel E Wright, Rene Auberjonois
IMDB Rating7.6

7. Lion King

The Lion King

Disney yang sedang dalam puncak kesuksesannya terus mengeluarkan berbagai film animasi berkualitas. Pada 1994, The Lion King dirilis. Berbeda dengan film-film sebelumnya, tema di The Lion King adalah konsep original dan terhitung menjadi salah satu film tersukses bagi Disney.

Menceritakan tentag perjalanan singa muda, Simba, untuk menjadi raja hutan setelah ayahnya dibunuh oleh pamannya.

Film ini menghasilkan lebih dari 1 miliar Dollar, dan membuat efek domino. Menghasilkan Broadway musical, bahkan sekuel. Pada tahun 2019, Disney membuat remake live-action The Lion King, tetapi tidak bisa dibilang sukses.

Tahun Rilis1994
StarringMatthew Broderick, James Earl Jones, Jeremy Irons
IMDB Rating8.5

8. Aladdin

Aladdin

Setahun setelah Beauty and The Beast, Disney kembali mengeluarkan film klasik lainnya. Aladdin muncul dan menjadi salah satu film favorit anak-anak di era 90-an.

Terinspirasi dari cerita 1001 malam, menceritakan mantan pencuri bernama Aladdin yang menemukan lampu ajaib. Jin yang muncul dari lampu itu mengatakan bisa mengabulkan tiga keinginan Aladdin.

Pada 2019, live action remake dari film ini diproduksi. Tetapi, Disney tak bisa mengulang kesuksesan yang sama. Salah satu penyebabnya mungkin adalah tidak adanya Robin Williams sebagai pengisi suara Jin.

Tahun Rilis1992
StarringScott Weinger, Robin Williams, Linda Larkin
IMDB Rating8.0

9. Tarzan

film kartun disney tarzan
Tarzan

Menceritakan tentang seorang anak yang dibesarkan oleh hewan hutan karena kedua orang tuanya terbunuh. Sepanjang hidupnya, Tarzan selalu merasa berbeda, tetapi dia tetap berusaha yang terbaik untuk keluarga angkatnya.

Tetapi, semuanya berubah ketika ada kelompok ekspedisi manusia datang ke pulau. Tarzan harus menghadapi fakta kalau dia adalah manusia dan membuat keputusan terbesar dalam hidupnya.

Tahun Rilis1999
StarringTony Goldwyn, Minnie Driver, Brian Blessed
IMDB Rating7.3

10. Frozen

film animasi disney frozen
Frozen

Tak lengkap daftar rekomendasi film animasi Disney terbaik ini kalau tidak ditutup dengan film animasi terlaris sepanjang masa, Frozen.

Menceritakan Elsa, seorang putri yang memiliki kekuatan es yang tak terkendali. Kekuatan ini membuat Elsa mengasingkan diri bahkan dari adiknya sendiri, Anna.

BACA JUGA  Apa Kabar Proyek X-Men Pasca Akusisi Fox oleh Disney..

Elsa memutuskan untuk tidak terlibat dengan manusia, karena takut melukai mereka, terlebih Anna. Tetapi, Anna memiliki pemikiran lain. Dia bertekad untuk menemui kakaknya kembali dan hidup normal seperti sedia kala.

Tahun Rilis2013
StarringIdina Menzel, Kristen Bell, Jonathan Groff
IMDB Rating7.4

Mana Film Favoritmu?

Demikian daftar rekomendasi film animasi Disney terbaik yang bisa kamu tonton. Film yang mana favoritmu? Tuliskan komentarmu di bawah ya

%d blogger menyukai ini: