Rekomendasi 10 Film Detektif Terbaik, Hadirkan Misteri dan Plot Berani

Film Detektif Terbaik

Seringkali, film detektif sulit ditemukan. Tetapi, mencari yang terbaik lebih sulit untuk ditemukan. Ditambah lagi, banyak platform streaming di era modern seperti sekarang, membuat pencarian film genre ini makin sulit.

Fenomena ini membuat beberapa film detektif terbaik malah tersembunyi di balik spotlight dan radar pencarian, tenggelam di tumpukan pilihan film yang ada di platform streaming.

Karena itu, dalam kesempatan ini kami mencoba menyusun rekomendasi film yang layak kamu tonton. Harap diperhatikan kalau list ini tidak berdasarkan ranking, dan hanya sekedar penomoran.

Rekomendasi Film Detektif Terbaik

1. Prisoner

Film yang menakutkan bagi para orang tua. Karena tema yang diangkat, film ini sangat berat ditonton untuk beberapa orang. Tetapi, film ini sekaligus juga menjadi salah satu film yang paling memikat di daftar rekomendasi ini.

Sutradara Denis Villeneuve yang sedang naik daun lewat film terbarunya Dune dan Arrival, membawa kisah mind-blowing di tengah karir cemerlangnya.

Prisoners menceritakan detektif Loki (Jake Gyllenhaal) yang bekerja keras tanpa henti untuk memburu penculik dua gadis. Tetapi, salah satu ayah dari gadis yang diculik, Keller Dover (Hugh Jackman), merasa kalau polisi tidak maksimal dalam usahanya. Keller akhirnya memutuskan untuk terjun langsung menyelesaikan kasus ini.

JudulPrisoners
Tahun Rilis2013
SutradaraDenis Villeneuve
PemeranJake Gyllenhaal, Hugh Jackman, Viola Davis
IMDB Rating8.1

2. The Silence of the Lambs

Film klasik, dan banyak yang menganggap film ini sebagai salah satu film terbaik sepanjang masa. The Silence of the Lambs adalah film yang tak bisa dilupakan.

Film ini juga dikenang karena memperlihatkan salah satu karakter ikonik dunia perfilman, Hannibal Lecter (Anthony Hopkins). Di film ini, Lecter diwawancarai dan ditanyai oleh seorang petugas FBI muda bernama Clarice Starling (Jodie Foster).

BACA JUGA  4 Film Sci-Fi Jepang Underrated dengan Alur Cerita Memukau

Jodie mencoba mempelajari dari Lecter tentang perilaku dan apa yang membuat seseorang menjadi pembunuh untuk menangkap seorang pembunuh berantai baru bernama Buffalo Bill (Ted Levine).

Film ini terkenal dengan kesan creepy layaknya ada serangga yang merayap di leher saat menonton. Tetapi, film ini pantas disebut sebagai salah satu film detektif terbaik.

JudulThe Silence of the Lambs
Tahun Rilis1991
SutradaraJonathan Demme
PemeranJodie Foster, Anthony Hopkins, Ted Levine
IMDB Rating8.6

3. Gone Girl

Gone Girl bukanlah film detektif seperti kebanyakan. Sutradara David Fincher yang terkenal dengan suspense-nya kembali membawakan ciri khasnya di film ini.

Menceritakan tentang Nick Dunne (Ben Affleck) yang harus mati-matian mencari istrinya. Amy (Rosamund Pike), istrinya, menghilang dan sebagai akibatnya Nick dituduh media membunuhnya.

Bagaimana film ini memperlihatkan berbagai susunan peristiwa membuat audiens bertanya-tanya seiring berbagai perspektif karakter yang berganti. Tentunya, hal ini membuat penonton tak tahu siapa yang harus dipercaya, Nick atau Amy.

JudulGone Girl
Tahun Rilis2014
SutradaraDavid Fincher
PemeranBen Affleck, Rosamund Pike, Neil Patrick Harris
IMDB Rating8.1

4. Knives Out

Bisa disebut sebagai film detektif terbaru jika dibandingkan dengan yang lain di daftar ini genre ini dirilis. Tetapi, Knives Out tidak mengecewakan.

Sutradara Rian Johnson yang sempat dibombardir fans Star Wars akibat The Last Jedi, kini muncul dengan ciri khas yang membuatnya dikenal. Membalikkan ekspektasi penonton.

Knives Out menyajikan konsep film “whodunit” yang terasa fresh dan sulit ditemukan di era modern sekarang. Film ini berlangsung tegang, tetapi ada sisipan komedi yang bercampur baik dengan misteri yang ada.

Deretan cast yang menggiurkan bisa menjadi alasan penonton untuk mengecek film ini : Daniel Craig, Chris Evans, Ana de Armas, Jamie Lee Curtis, dan Michael Shannon.

Jangan lupa tonton juga sekuel film ini, Glass Onion: A Knives Out Mistery yang rilis tahun 2022.

JudulKnives Out
Tahun Rilis2019
SutradaraRian Johnson
PemeranDaniel Craig, Chris Evans, Ana de Armas
IMDB Rating7.9

5. Gone Baby Gone

Salah satu film terbaik karya sutradara sekaligus aktor Ben Affleck. Gone Baby Gone adalah salah satu film detektif yang penuh dengan kejutan.

BACA JUGA  10 Film Plot Twist Terbaik, Penuh Kejutan dan Intrik Tersembunyi

Ketika seorang gadis kecil menghilang, polisi dibuat kelabakan dalam mencari kebenaran kasus ini. Bibi gadis ini menyewa dua detektif, yang memiliki pengetahuan berlebih soal wilayah Boston, untuk mencari tahu kebenaran kasus ini.

JudulGone Baby Gone
Tahun Rilis2007
SutradaraBen Affleck
PemeranCasey Affleck, Morgan Freeman, Ed Harris
IMDB Rating7.6

6. Memento

Salah satu film keren karya sutradara Christopher Nolan. Memento adalah salah satu karya awalnya, tetapi sudah terlihat ciri khas dan keunikan film karya sutradara legendaris ini.

Memento mungkin terlihat agak membingungkan karena penceritaannya yang maju-mundur. Tetapi, semua itu ada maksudnya.

Menceritakan Leonard (Guy Pearce) yang memiliki kondisi kehilangan short term memory dalam memburu pembunuh istrinya. Film ini diceritakan dari sudut pandang Leonard, membuat cerita yang berjalan maju dan mundur.

Bagaimana Nolan mampu menggabungkan berbagai plot cerita menjadikan satu kesimpulan yang memuaskan, membuat film ini pantas disebut sebagai salah satu film detektif terbaik.

JudulMemento
Tahun Rilis2000
SutradaraChristopher Nolan
PemeranGuy Pearce, Carrie Anne-Moss, Joe Pantoliano
IMDB Rating8.4

7. Se7en

Tak lengkap rasanya membuat list rekomendasi film detektif terbaik tanpa menyertakan masterpiece karya sutradara David Fincher, Se7en.

Se7en menceritakan detektif Mills (Brad Pitt) dan Somerset (Morgan Freeman) dalam memburu seorang pembunuh berantai yang menggunakan tujuh dosa besar sebagai tema kejahatannya.

Memunculkan kesan kelam sekaligus berani, David Fincher menyajikan cerita thriller detektif yang tidak menahan diri dalam kebrutalannya dan terus menaikkan tensi.

Siapa yang tidak tergetar melihat adegan klimaks di akhir film, yang juga menunjukkan si pembunuh John Doe (Kevin Spacey memerankannya tanpa ditulis di credit title).

JudulSe7en
Tahun Rilis1995
SutradaraDavid Fincher
PemeranBrad Pitt, Morgan Freeman, Kevin Spacey
IMDB Rating8.6

8. The Girl with Dragon Tattoo

Ketika menjelajah untuk mencari film detektif, mungkin akan merasa bosan melihat nama satu sutradara yang terus muncul. Tetapi, sudah terbukti kalau David Fincher adalah sutradara top yang menguasai genre ini.

BACA JUGA  8 Film Horor Komedi Thailand Terbaik. Serem Tapi Lucu, Tertarik Nonton?

The Girl with The Dragon Tattoo menceritakan kisah misteri detektif yang terasa gelap, brilian, sadis, sekaligus disturbing. Mengisahkan jurnalis bernama Mikael Blomkvist (Daniel Craig) yang disewa oleh untuk pengusaha kaya untuk mencari pembunuh keponakannya 40 tahun yang lalu.

Menyadari kalau kemampuannya tidak cukup untuk menangani kasus ini, Blomkvist mendapat bantuan dari hacker anti-sosial bernama Lisbeth Salander (Rooney Mara).

JudulThe Girl with Dragon Tattoo
Tahun Rilis2011
SutradaraDavid Fincher
PemeranDaniel Craig, Rooney Mara, Christopher Plummer
IMDB Rating7.8

9. Blade Runner

Bisa dibilang sebagai salah satu film detektif sekaligus film sci-fi pelopor yang mengubah bagaimana film genre ini ke depannya. Terlihat kelam, gelap, kota penuh neon dan masa depan yang terlihat menyesakkan dan klaustropobik.

Menceritakan seorang inspektur Deckard (Harrison Ford) yang harus memburu para replicant — android yang menyerupai manusia — sebelum para replicant itu lepas kontrol dan menyerang manusia.

Film yang memicu berbagai perasaan seperti tegang dan klaustropobik ini menekankan sebauh pertanyaan yang sudah lama kita abaikan. Apa yang membuat manusia disebut manusia? Apakah tubuh mereka? Apakah pikiran mereka? Kalau mesin tumbuh dan memilii emosi, apakah mereka juga bisa disebut manusia?

Satu hal yang pasti, Blade Runner menyajikan dunia yang imersif untuk membuat audiens merefleksikan berbagai filosofi dan keadaan manusia secara keseluruhan.

Tema yang disajikan membuat Blade Runner juga bisa disebut sebagai salah satu film sci-fi terbaik sepanjang masa.

JudulBlade Runner
Tahun Rilis1982
SutradaraRidley Scott
PemeranHarrison Ford, Rutger Hauer, Sean Young
Rating IMDB8.1/10

10. The Batman

Salah satu sebutan Batman adalah detektif terbaik di dunia. Tetapi, hal ini jarang dieksplor di layar lebar, terlebih di versi live action. Tetapi menariknya, film animasi Batman justru sering menampilkan sisi ini.

Paling tidak sampai film The Batman hadir.

Menceritakan awal Batman sebagai vigilante di Gotham. Bruce Wayne (Robert Pattinson) harus memburu seorang pembunuh berantai yang mengincar pimpinan kota Gotham.

Setiap pecahan misteri membuat Batman menemukan gambaran keseluruhan kasus bersamaan dengan penonton, dan cara sutradara Matt Reeves menampilkannya tak banyak dipuji.

Kita melihat betapa kompleks dan dalam misteri ini, dan meski ditopang otak brilian, Batman tak selalu bisa selangkah di depan pembunuh ini.

JudulThe Batman
Tahun Rilis2022
SutradaraMatt Reeves
PemeranRobert Pattinson, Zoe Kravits, Jeffrey Wright
Rating IMDB7.8

Mana Film Favoritmu?

Demikian daftar rekomendasi film detektif terbaik dari kami. Sudah siapkah kamu menyelam nilai-nilai yang ditunjukkan di balik pembunuhan, dan berbagai misteri yang dalam?

Film mana yang kira-kira menjadi favoritmu? Jangan lupa tuliskan komentar di bawah ya

%d blogger menyukai ini: