Rekomendasi 7 Film Korea Terbaik, Penuh Action dan Drama Psikologi

Rekomendasi 7 Film Korea Terbaik

Sekarang, mencari film Korea terbaik seperti menjelajah internet tanpa google. Di satu dekade terakhir ini, Korea Selatan sudah memantapkan diri sebagai salah satu negara industri perfilman yang paling diminati.

Salah satu contohnya adalah keberhasilan Parasite meraih Oscar dan kepopuleran serial Squid Game di Netflix yang memenangkan penghargan Emmy Awards.

Tetapi, masih banyak yang tersimpan di direktori film Korea Selatan selain dua judul di atas. Korea sudah menghasilkan banyak film bergenre campuran, yang mendorong batasan genre selama bertahun-tahun.

Banyak film-film Korea yang mengandung nilai-nilai satir politik, melodrama, komedi subversif, horor psikologis, dan tak lupa aksi pemacu adrenalin. Dari mana bisa memulai? Di sini, kami akan sajikan rekomendasi film Korea terbaik yang bisa kamu mulai.

Rekomendasi Film Korea Terbaik

1. Oldboy

Oldboy

Oldboy yang diadaptasi dari manga Jepang karya Garon Tsuchiya ini menceritakan seorang pria bernama Oh Dae Su yang disekap selama lima belas tahun.

Tanpa mengetahui apa-apa, kehidupan Dae Su direnggut begitu saja dan kehilangan kontak dengan keluarganya. Setelah lima belas tahun, Dae Su yang dibebaskan bertekad untuk mencari orang yang menyekapnya untuk membalas dendam.

Tanpa mengetahui kalau dia sudah terjebak dalam sebuah konspirasi gelap.

JudulOldboy
Tahun Rilis2003
GenreAction, Drama, Mystery
SutradaraPark Chan Wook
IMDB Score8.4

2. The Wailing

The Wailing

Kata “epik” dan “film horor” terasa salah apabila digabungkan. Film horor seharusnya menyajikan rasa shock yang singkat, tajam, bukan drama slow burn selama dua setengah jam ala The Wailing.

Menceritakan seorang polisi bernama Jong Goo yang menyayangi keluarganya. Ketika ada sebuah kasus pembunuhan sadis di kotanya, Jong Goo harus bertindak sebelum bahaya mendekati keluarganya.

JudulThe Wailing
Tahun Rilis2016
GenreDrama, Mystery, Horor
SutradaraNa Hong-jin 
IMDB Score7.4

3. Parasite

Parasite

Film peraih Oscar ini bisa dikatakan unik dan pantas berada di daftar film Korea Terbaik yang pernah ada. Memadukan social commentary dengan komedi, thriller, dan drama.

BACA JUGA  7 Film Mr Bean "Rowan Atkinson" Terbaik Yang Bisa Kamu Tonton

Mengibarkan tentang konsep kuno yang sudah dikenal: Segmentasi sosial, ketidaksetaraan pendapatan dan status sosial, perilaku untuk melindungi apa yang kita miliki- dan juga merebut apa yang kita percaya milik kita.

Cerita Parasite berpusat pada sebuah keluarga yang tinggal di semi bawah tanah, yang mencoba merangkak naik meninggalkan status sosial mereka dengan berbagai cara.

Film ini akan diadaptasi menjadi serial TV di Amerika Serikat.

JudulParasite, Gisaengchung
Tahun Rilis2019
GenreDrama, Thriller
SutradaraBong Joon Ho
IMDB Score8.5

4. Memories of Murder

Memories of Murder

Masih dari karya sutradara Bong Joon Ho, Memories of murder menceritakan kilas balik tentang pencarian pembunuh berantai pertama di Korea Selatan. Berbagai kejahatan sadisnya selain pembunuhan terus berlanjut selama lima tahun.

Film ini menggambarkan kejompangan kemampuan aparat di pusat dan daerah menyebabkan banyak data dan petunjuk sulit diperoleh. Selain itu, kondisi politik negara juga mempengaruhi mentalitas rakyatnya.

Karena rakyat akan cenderung beralih ke tindak kejahatan apabila kebutuhannya tidak terpenuhi.

JudulMemories Of Murder,  Salinui chueok
Tahun Rilis2003
GenreDrama, Crime, Mystery
SutradaraBong Joon Ho
IMDB Score8.1

5. I Saw The Devil

I Saw The Devil

Entri selanjutnya dari rekomendasi film Korea Terbaik adalah film action thriller tahun 2010, I Saw The Devil.

Sutradara Kim Jee Woon berhasil memanfaatkan konsep brutalnya action tanpa embel-embel lainnya. Menceritakan seorang agen rahasia yang memburu seorang pembunuh untuk membalas dendam.

Hanya saja, ketika berhasil menangkapnya, dia kembali melepaskan pembunuh itu, dan mengejarnya lagi. Dia bertekad untuk membuat pembunuh itu menderita sedemikian mungkin sebelum membunuhnya.

JudulI Saw the Devil, Ang-ma-reul bo-at-da
Tahun Rilis2010
GenreAction, Crime, Thriller
SutradaraKim Jee Woon
IMDB Score7.8

6. Spring, Summer, Fall, Winter… and Spring

Spring, Summer, Fall, Winter… and Spring

Terinspirasi dari berbagai cerita Buddhism. Menceritakan seorang anak laki-laki yang dibesarkan oleh seorang pendeta tua di kuil atas danau. Waktu berlalu, dan tahun demi tahun terasa seperti bergantinya musim.

Tahun berlalu, anak laki-laki itu memutuskan keluar dari kuil. Kemudian, musim berganti lagi, dan dia kembali lagi. Kali ini, membawa status sebagai pembunuh istrinya.

BACA JUGA  Rekomendasi 7 Film Perang Terbaik, Mengajarkan Pelajaran Berharga di Tengah Peperangan
JudulSpring, Summer, Fall, Winter… and Spring,
Bom yeoreum gaeul gyeoul geurigo bom
Tahun Rilis2003
GenreDrama, Romance
SutradaraKim Ki Duk
IMDB Score8.0

7. Train To Busan

Train To Busan

Kami ingin menutup entri rekomendasi film Korea terbaik ini dengan film action zombie ala World War Z, Train to Busan.

Menceritakan tentang sebuah virus yang menyebar cepat di Korea. Virus itu menyebabkan yang menderita berubah menjadi zombie. Seorang investor hedge fund harus menemukan cara menyelamatkan diri dari lautan zombie yang makin meluas.

Untuk menjauh dari virus, pria itu bersama para korban selamat menaiki kereta demi menjauhi episentris virus. Salah satu caranya adalah menaiki kereta dari Seoul ke Busan.

Tetapi, keselamatan mereka pun tidak terjamin di kereta tersebut.

JudulTrain to Busan, Busanhaeng
Tahun Rilis2016
GenreAction, Horror Thriller
SutradaraSang Ho Yeon
IMDB Score7.6

Demikian daftar rekomendasi film Korea terbaik dari kami. Bagaimana menurutmu? Film mana yang kira-kira menjadi favoritmu, apa ada di list ini? Jangan lupa tuliskan komentar di bawah ya.

%d blogger menyukai ini: