Rekomendasi 7 Film Perang Terbaik, Mengajarkan Pelajaran Berharga di Tengah Peperangan

Perang, oh perang, apakah gunanya hal itu? Sama sekali tak ada — yah mungkin untuk pembuatan film. Konflik militer sudah menjadi tema utama untuk beberapa film top. Bahkan ada beberapa film perang terbaik yang meraih banyak penghargaan.

Tak mengherankan, tak banyak event dalam kehidupan yang menjadi wadah pertunjukan berbagai drama, suspense, horor, heroisme, dan tes bagi kemanusiaan.

Film perang atau war bisa dikatakan sebagai basis untuk mengeksplorasi berbagai pertanyaan eksistensial. Mengapa kita bertarung? Mengapa orang menjadi prajurit? Mengapa membunuh orang lain? Apa perang ini bisa dijustifikasi? Apakah pada akhirnya ini semua ada artinya?

Meski tak ada jawaban jelas untuk semua itu, film perang akan mencoba untuk membahas perang dari berbagai sisi. Cukup dengan mengajukan pertanyaan dan premis seperti itu sudah menjamin terbentuknya film yang menarik.

Pada kesempatan ini, kami mencoba merangkum rekomendasi film perang terbaik berdasarkan perang yang terjadi secara historis. Mungkin setelah melihat sekilas apa yang disajikan dunia ini, kita semua bisa mengerti lebih lanjut apa yang dialami orang-orang yang terlibat perang tersebut.

Rekomendasi Film Perang Terbaik

1. Hackshaw Ridge

Hackshaw Ridge

Setelah absen selama 10 tahun di dunia perfilman, Mel Gibson kembali menjadi sutradara sebuah film perang brutal tentang kisah heroik dan menggugah seseorang yang taat pada Tuhan.

Hackshaw Ridge diadaptasi berdasarkan kisah nyata seorang prajurit Amerika pada perang dunia kedua, Desmond Doss (Andrew Garfield). Desmond adalah seorang prajurit medis yang sangat menentang pertumpahan darah dan menolak untuk mengambil nyawa orang lain meski berada dalam peperangan.

Kepercayaan Desmond ini berdasarakn nilai agama Kristen yang melekat padanya. Desmond menolak untuk memegang dan menggunakan pistol.

Dari sini kita sudah bisa melihat permasalahan yang dihadapi Mel Gibson. Intinya, misinya sebagai sutradara bisa dikatakan jelas dan tak rumit: Dia harus menghormati cerita kebaikan Doss sekaligus keinginan kuatnya untuk berpegang teguh pada kepercayaannya.

BACA JUGA  Tak Tertebak, Ini Rekomendasi 7 Film Suspense Terbaik

Tetapi, mengatakannya jauh lebih mudah. Karena untuk sukses, film ini harus menunjukkan bahwasanya kepercayaan Desmond bisa terbalaskan dengan hasil terbaik oleh sifat siap berkorbannya di garis depan.

Hackshaw Ridge tidak terlihat begitu kentara dalam pesannya, tapi sangat efektif. Film ini juga menunjukkan berbagai scene paling brutal yang pernah tayang di layar bioskop.

Ketika film sudah masuk ke segmen pertarungan di Okinawa, Hackshaw Ridge menunjukkan pertarungan panjang tanpa henti, tetapi dipandu dengan koreografi yang mumpuni selama kurang lebih setengah dari film.

Bersiaplah untuk melihat banyak darah dan bagian tubuh beterbangan.

JudulHackshaw Ridge
Tahun Rilis2016
SutradaraMel Gibson
StarringAndrew Garfield, Sam Worthington, Luke Bracey
IMDB score8.1

2. Dunkirk

gambar dari dunkirk, salah satu film perang terbaik
Dunkirk

Entri selanjutnya dalam daftar rekomendasi film war ini adalah film karya sutradara Christopher Nolan, Dunkirk.

Peperangan dalam rangka evakuasi 300.000 prajurit gabungan Inggris dan Perancis pada Mei 1940 dari serangan Nazi Jerman terekam sebagai salah satu peperangan bersejarah dan beberapa menyebutnya sebagai keajaiban.

Para prajurit harus berjuang berevakuasi ke Inggris dari kota pelabuhan Dunkirk Prancis seraya menghindari serangan bombardir tanpa henti dari Nazi Jerman. Kekuatan filmmaking Christopher Nolan yang istimewa mampu menunjukkan sebuah film perang yang unik.

Dunkirk terlihat sebagai film perang yang mencoba keras terlihat sebagai film perang, tetapi sukses merepresentasikan nilai-nilainya. Ada semacam sensasi kalau event berdarah dan mengerikan ini terjadi dengan situasi di luar sepengetahuan para karakter yang mengalami.

Ada kesan kalau para karakter menghadapi semacam cosmic horror dan teror di luar kendali mereka. Mengagumkan sekaligus membuat bergidik.

Dunkirk tidak menyajikan banyak dialog lewat tiga chapter film ini. Di setiap momennya, Dunkirk menyajikan berbagai dosis keanehan dan horor dari peperangan.

JudulDunkirk
Tahun Rilis2017
SutradaraChristopher Nolan
StarringFionn Whitehead, Barry Keoghan, Mark Rylance
IMDB score7.8

3. 1917

1917

Entri selanjutnya dari rekomendasi film perang ini adalah 1917. Menceritakan kisah dua prajurit pembawa pesan di peperangan Alberich tanggal 6 April 1917.

BACA JUGA  Rekomendasi 7 Film Korea Terbaik, Penuh Action dan Drama Psikologi

Setelah pasukan Jerman mundur dari garis Hindenburg, sebuah batalion yang sudah berada di dalam garis wilayah musuh harus membuat keputusan. Dua prajurit ditugaskan untuk bertarung melawan waktu dan mengantarkan pesan yang bisa menghentikan 1600 prajurit dari jebakan yang bisa menghabisi nyawa mereka.

Film karya sutradara Sam Mendes ini bisa dikatakan unik, karena ditampilkan dengan one shot scene tanpa henti dari awal sampai akhir film. Teknik yang digunakan Mendes adalah melakukan komposit dari berbagai scene yang di-cut, kemudian digabungkan secara mulus tanpa disadari audiens.

1917 menggambarkan realita perang, kalau pada akhirnya yang menjadi korban adalah para prajurit muda yang memiliki masa depan dan keluarga. Film ini juga menampilkan kemurnian jiwa seseorang yang ternoda ketika terjun ke medan perang.

Judul1917
Tahun Rilis2019
SutradaraSam Mendes
StarringDean Charles Chapman, George MacKay, Daniel Mays
IMDB score8.2

4. Dr. Strangelove

Dr. Strangelove

Seorang jenderal Amerika yang menjadi gila mengeluarkan perintah pengeboman pada Uni Soviet, memicu kemungkinan terjadinya holocaust nuklir yang diperbincangkan di sebuah ruangan penuh politisi dan jenderal yang berusaha mencegahnya.

Sebuah film karya sutradara “maverick” Hollywood, Stanley Kubrick. Film ini adalah film satir, yang menyindir pemerintahan dan militer dalam menghadapi situasi peperangan. Bersetting saat perang dingin antara Amerika Serikat dan Uni Soviet.

Pada peperangan yang bisa dikatakan sebagai perang saling pamer antara dua negara adidaya itu, Dr Strangelove menunjukkan betapa bobrok dan sekaligus lucunya birokrasi pengambilan keputusan yang rumit.

Ketika semua orang yang memegang kendali saling tunjuk dan bingung, tidak tahu informasi mana yang benar dan hanya mementingkan diri mereka sendiri. Apa yang akan terjadi? Tentu hanya ada chaos atau seperti yang Kubrick tunjukkan, hanya ada ledakan di akhirnya.

JudulDr. Strangelove
Tahun Rilis1964
SutradaraStanley Kubrick
StarringPeter Sellers, George C Scott, Sterling Hayden
IMDB score8.4

5. Schindler’s List

Schindler’s List

Entri selanjutnya di daftar rekomendasi film perang terbaik sekaligus bisa dibilang salah satu film terbaik Steven Spielberg ini adalah Schindler’s List. Film yang bisa dibilang menyentuh tema yang gelap tentang perjuangan bangsa yahudi saat Nazi menguasai Polandia.

BACA JUGA  Rekomendasi 6 Film Invasi Perang Dari Kisah Nyata. Udah Nonton?

Menceritakan tentang seorang pelopor industri bernama Schindler (Liam Neeson) yang pindah ke Krakow untuk mengejar karir. Di sana, Schindler menyaksikan pembantaian bangsa yahudi, membuatnya melindungi para karyawannya yang ditarget oleh Nazi.

Meski diproduksi di tahun 1993, film ini ditampilkan dengan gambar hitam-putih untuk memberi kesan realisme pada kondisi perang dunia kedua.

JudulSchindler’s List
Tahun Rilis1993
StarringLiam Neeson, Ben Kingsley, Ralph Fiennes
SutradaraSteven Spielberg
Rating IMDB9/10

6. Saving Private Ryan

Saving Private Ryan

List selanjutnya untuk rekomendasi film perang sekaligus film terbaik Steven Spielberg adalah film ambisius dan ber-budget tinggi bertemakan perang. Berbeda dengan film-film Spielberg dekade sebelumnya yang lebih membahas efek perang pada rakyat biasa, Saving Private Ryan mengeksplor kehidupan prajurit itu sendiri.

Cerita film ini bermula ketika Captain John Miller (Tom Hanks) diberikan misi untuk membebas tugaskan seorang prajurit bernama Ryan (Matt Damon) dikarenakan ketiga saudara Ryan sudah meninggal dalam perang dan Ryan adalah satu-satunya yang tersisa dari keluarga mereka.

Miller harus melewati hadangan pasukan Jerman pada perang dunia kedua untuk menuju tempat pasukan Ryan diposisikan. Film tentang perang, persaudaraan, rapuhnya jiwa, dan sekaligus film yang menomentari efek perang pada seseorang untuk bisa selamat. Film ini diadaptasi dari kejadian asli dan dianggap sebagai salah satu film perang terbaik.

JudulSaving Private Ryan
Tahun Rilis1998
Bintang FilmTom Hanks, Tom Sizemore, Edward Burns
SutradaraSteven Spielberg
Rating IMDB8.6/10

7. Apocalypse Now

Apocalypse Now

Film perang klasik yang menceritakan seorang tentara Amerika yang bertugas di Vietnam bernama Benjamin L. Willard yang ditugaskan untuk membunuh anggota tentara mereka yang membelot.

Tentara yang memberontak itu bernama Walter E Kurtz. Kurtz kini menjadi gila dan menganggap dirinya sebagai dewa.

Film ini membahas tentang kemunafikan imperialisme barat, kekosongan nilai-nilai keamerikaan, dan juga kegilaan sebagai efek dari perang.

JudulApocalypse Now
SutradaraFrancis Cord Coppola
StarringMartin Sheen, Marlon Brando, Robert Duvall, Dennis Hopper, Laurence Fishburne
Tahun1979
IMDB Rating8.5

Mana Film Favoritmu?

Demikian daftar rekomendasi film perang terbaik dari kami. Sudah siapkah kamu menyelam nilai-nilai yang ditunjukkan di balik peperangan dan pertumpahan darah?

Film mana yang kira-kira menjadi favoritmu? Jangan lupa tuliskan komentar di bawah ya

%d blogger menyukai ini: