Mengejutkan! James Gunn Mengatakan Kalau DCEU Akan Menghubungan Serial TV dan Film Ke Depannya

james gunn akan menggabungkan serial tv dan film dceu

DCEU atau DC Extended Universe mulai melakukan terobosan baru. Franchise film yang dibuat Warner Bros sebagai pesaing Marvel Cinematic Universe (MCU) dari Marvel ini memang belum menunjukkan taring sebagai pesaing MCU sejak dimulai pada 2013.

Meski sudah mengeluarkan 12 film, popularitas film-film yang didasarkan karakter komik DC ini masih stagnan. Film yang barusan rilis terakhir, Black Adam masih juga belum menunjukkan ledakan popularitas.

Oleh karena itu, Sutradara James Gunn yang merupakan sutradara film The Suicide Squad dan serial TV The Peacemaker mengungkapkan sebuah terobosan. Bahwasanya DCEU akan menghubungkan serial tv dan film untuk proyek-proyek ke depannya.

James Gunn

Hal ini diutarakan oleh James Gunn bersama dengan salah satu produser DCEU, Peter Safran. Mereka berdua akan menempati posisi baru di DCEU sebagai wakil CEO DC Studio (DC Film).

Tugas Gunn dan Safran adalah mengawasi seluruh arah kreasi dan cerita franchise superhero yang ada di film, TV, dan animasi di bawah satu banner.

Artinya, DCEU akan memiliki kontinuiti yang konsisten dan diawasi. Hal ini adalah salah satu jawaban atas kritik yang sering dilontarkan pada DCEU, bahwasanya DCEU kekurangan direksi, arah, dan kontinuiti cerita.

Keputusan ini juga sebagai jawaban atas pesaing mereka, MCU yang mengambil langkah sama sejak fase 3 berakhir dengan Avengers: Endgame pada 2019 lalu.

Serial TV seperti Wandavision, Loki, dan Hawkeye memiliki kontinuiti yang berhubungan langsung dengan film. Tokoh-tokoh utama di serial tersebut adalah karakter-karakter yang sudah dikenal audiens lewat film.

Berbeda dengan serial TV Marvel sebelumnya seperti Daredevil dan Agent of SHIELDS yang sama sekali tidak menunjukkan hubungan langsung dengan kontinuiti film. Tokoh-tokoh di serial tersebut tidak berhubungan dengan tokoh-tokoh di film, sehingga menampilkan kesan dunia yang terpisah.

Saat ini, baru ada serial TV yang baru tayang dari DCEU adalah Peacemaker. Nantinya, Warner Bros berencana akan menayangkan serial tentang John Constantine, Amanda Waller, dan Justice League Dark.

Banner kontinuiti yang sama akan menghasilkan koneksi yang lebih konsisten antar proyek. Bukan sekedar cameo seperti pada serial TV The Flash di mana karakter Flash yang diperankan Grant Gustin bertemu dengan karakter Flash yang diperankan Ezra Miller.

BACA JUGA  Intip Tampilan Perdana Serial Superhero Horor Marvel Helstrom

Para penggemar juga mendapati banyaknya karakter sama yang diperankan aktor berbeda di berbagai proyek. Sebagai contoh karakter Batman yang saat ini masih diperankan oleh Robert Pattinson, Ben Affleck, dan Warren Christie pada serial TV Batwoman.

Karakter Superman juga mengalami perlakuan yang sama. Henry Cavill masih merupakan aktor yang memerankan Superman di layar lebar. Sedangkan di serial TV Supergirl, aktor Tyler Hoechlin adalah yang memerankan putra terakhir Krypton tersebut.

Beberapa inkonsistensi itu akan perlahan dikurangi oleh keputusan penggabungan kontinuiti ini.

Seorang fan bertanya pada Gunn di Twitter, “Apakah anda akan berencana menampilkan lebih banyak karakter DC dari serial TV yang memberi dampak cerita pada DCEU?” dan Gunn menjawab mantap, “Ya, pastinya.”

Twit James Gunn

James Gunn sendiri sudah mengetuai berbagai proyek dari dua sisi tersebut. Dia sudah menjadi sutradara film The Suicide Squad, dan sutradara serial TV Peacemaker.

Meski mengumumkan akan menggabungkan kontinuiti, Gunn menambahkan kalau sebagian proyek animasi DC akan tetap memiliki kontinuiti tersendiri.

Gunn dan Safran diangkat sebagai kepala DC Studio di akhir Oktober dan memulai pekerjaan di posisi mereka mulai awal November. Duet ini akan mengepalai dan mensupervisi berbagai adaptasi DC dan bertanggungjawab akan rencana 10 tahun ke depannya.

Meski memiliki jabatan baru, Gunn menegaskan kalau dia tetap akan menjadi sutradara untuk beberapa proyek seperti sekuel Peacemaker dan serial TV tentang Amanda Waller.

Meski dibumbui optimisme baru, DCEU sempat diserang berbagai ombak permasalahan sebelum diangkatnya Gunn dan Safran. Salah satunya adalah batal tayangnya film Batgirl dan mundurnya mantan presiden DC Film, Walter Hamada. Di tengah badai permasalahan , keputusan berani ini diharapkan menghadirkan angin segar bagi DCEU.

Bagaimana menurut kalian soal masa depan DCEU nantinya?

%d blogger menyukai ini: