10 Karakter Detektif Terbaik Di Jagat Anime. Jeniusnya Nggak Nanggung~

Jagat anime adalah tempat dimana muncul karakter-karakter yang beragam dan menarik. Sama seperti dalam film atau serial barat, karakter dalam sebuah anime dibangun secara matang dan difokuskan demi menunjang alur cerita. Dalam kisah misteri, ada sejumlah karakter detektif terbaik dari jagat anime.

Sama seperti Sherlock Holmes atau Auguste Dupin, jagat anime juga dipenuhi oleh karakter-karakter detektif yang nggak kalah ikonik nan jenius. Nah buat kamu yang mungkin belum tahu, Popculture.id telah menyusun daftar 10 detektif terbaik di jagat anime yang nggak kalah jenius dari detektif di film-film. Daripada berlama-lama lagi, yuk langsung aja simak daftar selengkapnya di bawah ini!

Kogoro Akechi

Pertama ada Kogoro Akechi dari anime Rampo Edogawa. Karakter yang diangkat dari novel misteri ini memang memiliki skill detekfi di luar akal sehat. Kemampuannya dalam soal pemecahan misteri begitu hebat sampai-sampai ia nggak tersentuh oleh para penjahat terburuk di Jepang.

Diketahui Akechi sendiri diberikan lencana detektif khusus oleh pemerintah Jepang. Ia menghabiskan hari-harinya menangani kasus paling sulit dan sensitif. Selain hebat di atas kertas dan teori, Akechi juga merupakan detekfit lapangan yang cekatan dengan kemampuan bertarung yang tak bisa dianggap remeh.

Victorique De Blois

Victorique De Blois adalah seorang gadis kecil berusia 15 tahun. Di balik keimutannya, ia adalah seorang gadis dengan kemampuan analisa yang tajam. Ia adalah seorang detektif pemula yang menghabiskan waktunya di perpustakaan dan belajar untuk mengobservasi misteri serta merincikan memori dan membedahnya.

Dektektif dari anime Gosick ini memang telah diajarkan untuk menjadi detektif sejak usianya masih muda. Ia telah menunjukan bakatnya sejak kecil dan siap untuk memecahkan misteri dan kasus-kasus sulit yang ditangani pihak berwenang.

Kyoko Kirigiri

Danganronpa lebih terkenal sebagai film survival game dibandingkan film misteri. Meski begitu, ada sedikit nuansa misteri dan memasukan unsur-unsur detektif dalam salah satu karakternya. Di tengah-tengah permainan yang mematikan dan membuat para peserta lain takut, tokoh Kyoko Kirigiri begitu dingin dan langsung membaca situasi demi memecahkan misteri yang ada di hadapannya.

Nggak cuman hebat dalam analisa, Kyoko juga punya sikap yang proaktif dengan berbaur pada semua orang dan menantang para musuh yang menahannya. Karena hal itulah, Kyoko dianggap sebagai salah satu pemecah misteri terbaik di Danganronpa.

Akane Tsunemori

Selanjutnya kita beralih ke anime Psycho-Pass. Dalam anime ini kita bisa menemukan seorang karakter detektif bernama Akane Tsunemori. Ia adalah seorang perempuan dengan pikiran paling jernih di tengah modernisasi dan teknologi baru yang mengganggu kejiwaan polisi dan para detektif.

Akane bukan hebat soal pemikiran deduktif dan logika saja. Hal yang membuatnya spesial adalah prinsip filosofi hidupnya yang keren dan mampu menyesuaikan dengan zaman. Singkatnya, Akane mampu membawa kemampuannya dalam memecahkan misteri tanpa mengubah kompas moralnya dalam berbagai situasi yang berubah-ubah.

Houtarou Oreki

Detektif adalah seseorang yang mengenakan lencana dan bekerja untuk pihak berwajib. Namun, kemampuan analisa detektif bisa muncul pada siapa saja. Pengamatan dan pikiran cemerlang adalah modal awal bagi mereka yang bercita-cita jadi detektif. Dari sini kita bisa menemukan tokoh Houtarou Oreki dari anime Hyoka.

Ia adalah seorang siswa SMA yang punya rasionalisasi di atas karakter-karakter lainnya. Saat teman-teman satu sekolahnya dihebohkan dengan misteri gadis hantu, ia bisa membongkar misteri tersebut hanya beberapa menit. Yup, kemampuan berfikir cepatnya yang membuat Houtarou jadi detektif paling disenangi para penggemar anime.

Kouichi Zenigata

Arsene Lupin adalah pencuri terkenal yang sangat cerdas. Namun Arsene Lupin punya musuh bebuyutan yang sama cerdasnya dengan dia, yakni inspektur Kouichi Zenigata. Ia adalah seorang detektif yang tanggung dan berdedikasi untuk mengalahkan Lupin.

Meski dalam beberapa kesempatan Lupin berhasil membodohi sang inspektur, semua pengalaman Kouichi saat mengejar Lupin membuatnya jauh lebih berpengalaman sebagai detektif. Ia bahkan beberapa kali sempat menangkap sang pencuri yang terkenal karena kemampuannya menyamar dan bersembunyi.

Heinrich Lunge

Monster menjadi salah satu anime misteri terbaik yang pernah dibuat. Dalam seri ini, kita bisa menemukan seorang detektif terbaik bernama Heinrich Lunge. Ia adalah seorang yang gigih dengan kemampuan kejam. Lunge nggak pernah segan untuk melukai musuhnya jika memang diperlukan.

Kendati begitu banyak orang yang kurang suka dengan Heinrich Lunge karena sifatnya yang keras kepala. Kendati begitu, kemampuan deduktifnya nggak bisa dipungkiri. Ia jadi satu-satunya detektif yang paling dekat dengan konspirasi internasional dalam serial anime ini.

Ciel Phantomhive

Seorang detektif biasanya punya latar belakang cerdas karena hidupnya yang ia dedikasikan untuk belajar. Nah salah satu detektif dengan privilege bangsawan adalah Ciel Phamtomhive dari anime Black Butler. Meski ia seorang bangsawan, Ciel juga berprofesi sebagai detektif swasta.

Ciel sendiri punya tujuan sendiri dalam menjalani pekerjaannya. Ia ingin membongkar konspirasi yang membunuh kedua orang tuanya. Di tengah-tengah hal tersebut, Ciel menangani berbagai kasus paling sensitif di Inggris dari mulai pembunuhan sampai konspirasi mengerikan. Ciel Phantomhive juga sangat ditakuti oleh Ratu Inggris karena kemampuannya.

Conan Edogawa

Mustahil rasanya membahas detektif tanpa membawa nama Conan Edogawa. Ia adalah seorang detektif paling ikonik dari semesta anime. Seperti kita tahu, Conan adalah seorang detektif yang diubah menjadi anak berusia 7 tahun.

Sedikit trivia, Conan sendiri selalu menangani kasus-kasus aneh dan unik. Nama Conan sendiri diambil dari nama penulis Sherlock Holmes, Arthur Conan Doyle sebagai bentuk penghargaan pada sang penulis novel detektif terbaik sepanjang masa tersebut. Sebenarnya nama asli Conan adalah Shinichi Kudo.

L

Terakhir dan yang paling jenius adalah L dari serial Death Note. L sendiri adalah seorang detektif yang mampu memecahkan berbagai kasus besar bertaraf internasional. Saat kasus Death Note muncul, ia bahkan mengalahkan Light dalam kemunculan pertamanya

L sendiri punya jalan pikiran yang unik dengan logikanya yang terperinci. Logikanya tersebut bahkan bisa digunakan untuk membedah hal-hal supernatural yang bertentangan dengannya. Saat menyelidiki kasus Light Yagami, L sudah hampir mengetahui kebenaran. Sayang ia dibunuh secara kejam oleh Light yang telah menjadi sahabatnya. Setelah kematian L, nggak ada satupun detektif yang bisa membongkar kasus Death Note sebelum akhirnya muncul sosok Near yang membongkar semua kejahatan Light Yagami.

Nah itu dia beberapa karakter detektif terbaik di semesta anime. Gimana menurut kalian Popins? Adakah karakter detektif jenius favorit kalian dalam daftar di atas? Atau kalian punya detektif favorit kalian sendiri? Yuk tulis di kolom komentar~

More Stories
Edisi Ilutrasi Baru Buku Harry Potter untuk Ulang Tahun ke 20
%d blogger menyukai ini: