7 Kota Fiksi Terbaik dan Paling Ikonik. Ada Favoritmu Nggak?

Latar tempat adalah hal yang sangat penting dan krusial bagi sebuah cerita epik. Baik dalam cerita novel, game, komik, serial, film atau anime kota fiksi terbaik selalu memberikan kesan mendalam bagi mereka yang menikmatinya. Biasanya kota-kota fiksi jauh lebih menarik daripada kota-kota asli yang selama ini kita tahu dikehidupan nyata.

Di kesempatan kali ini, Popculture.id telah merangkum setidaknya 8 kota fiksi terbaik yang diambil dari beragam medium; komik, anime, film, serial sampai game. Kota-kota ini dipilih agar daftar jauh lebih beragam. Daripada berlama-lama lagi, yuk langsung aja simak daftar selengkapnya di bawah ini!

Los Santos

Siapa sih yang nggak tahu Los Santos? Orang Indonesia pasti sudah nggak asing lagi dengan kota tempat tinggal Carl Johnson dalam gim Grand Theft Auto: San Andreas ini. Los Santos sendiri menjadi kota fiksi yang paling memorable dan ikonik dari seluruh waralaba GTA. Menariknya lagi, Los Santos adalah kota fiksi yang terinspirasi dari kota Los Angeles di California, Amerika Serikat.

Gotham

Apa yang membedakan Batman dengan superhero lain? Batman adalah superhero yang konsisten dan sangat mencintai kotanya sendiri; Gotham. Batman alias Bruce Wayne tinggal di kota para bandit, koruptor dan penjahat ini seumur hidupnya. Ia bahkan menghadapi sebagian besar musuhnya di kota ini. Di siang hari, Gotham terlihat seperti kebanyakan kota lainnya, namun saat gelap datang, kota ini amat mencekam. Di waktu-waktu tertentu langit Gotham akan memperlihatkan lambang sang manusia kelelawar yang siap beraksi menumpas kejahatan.

Racoon City

Racoon City adalah kota fiksi paling ikonik bagi mereka pecinta zombie. Kota fiksi ini merupakan asal muasal segala hal yang terjadi dalam waralaba Resident Evil. Racoon City nggak memiliki populasi sama sekali karena kota ini telah dihuni oleh para zombie. Kalian nggak akan mungkin bisa tinggal di kota besar ini. Bahkan para karakter utama Resident Evil saja berlomba-lomba untuk keluar dari kutukan ‘rumah’ dari Umbrella Coporation ini.

Madripoor

Para superhero Marvel biasanya tinggal di kota-kota besar yang juga eksis di dunia nyata. Berbeda dengan para penjahat Marvel yang tinggal di kota kriminal bernama Madripoor. Kota ini telah muncul dalam serial The Falcon and the Winter Soldier dimana para penjahat kelas atas tinggal. Madripoor terbagi menjadi dua distrik yakni Hightown dan Lowtown. Di samping para penjahat, diceritakan juga para mutan dalam pelarian seperti Wolverine pernah tinggal di kota para kriminal ini.

Neo Tokyo

Tokyo adalah kota metropolitan dengan teknologi super canggih yang eksis di dunia saat ini. Kota ini juga dimanifestasikan oleh Katsuhiro Otomo lewat karyanya Akira. Dalam film tersebut kita bisa melihat kota Tokyo yang telah bobrok dan berganti nama menjadi Neo Tokyo. Kota ini menjadi sangat penting karena menjadi cikal bakal dan inspirasi penggambaran kota-kota Cyberpunk yang muncul setelahnya. Gokil!

Logue Town

Kehidupan bajak laut tentu nggak bisa dilepaskan dari kota-kota yang mereka singgahi. Salah satu serial terpanjang yang membicarakan petualangan bajak laut adalah One Piece. Di antara banyaknya kota yang pernah disinggahi bajak laut topi jerami, sekiranya kita harus memberikan penghargaan bagi Logue Town, kota pertama di Grandline yang menjadi cikal bakal cerita One Piece. Meski terlihat damai dan penuh aturan, Logue Town adalah tempat dimana sang raja bajak laut, Roger dieksekusi sekaligus tempat dimulainya era bajak laut.

Liberio

Para penggemar Attack On Titan pasti sudah nggak asing lagi dengan kota Liberio. Pada awalnya kita mengira bahwa insiden dalam manga garapan Hajime Isayama tersebut bermula di Shingashina, Pulau Paradis. Namun seiring berjalannya waktu, kita tahu bahwa akar permasalahan dalam serial ini adalah kota penuh penindasan Liberio.

Kota ini adalah tempat hidup para ras Eldia di kerajaan Marley. Kepedihan kota Liberio inilah yang membentuk para pejuang-pejuang bernyali besar seperti Reiner, Annie, Zeke, Piecek, Berthold. Nggak mengherankan kalau para penggemar Survey Corps kegirangan saat Liberio dihancurkan oleh Eren dalam satu malam saja mengingat kota ini adalah kota yang dipenuhi dendam dari luar maupun dalam.

Nah itu dia 8 kota fiksi terbaik dan ikonik versi Popculture.id. Sebenarnya ada banyak kota-kota fiksi lain yang layak dimasukan. Terlepas dari itu, adakah kota fiksi favorit kalian di daftar di atas? kalau nggak ada apa kota fiksi yang paling membekas untuk kalian pribadi? Yuk tulis di kolom komentar~

More Stories
Alasan Drama Korea The King: Eternal Monarch Wajib Ditonton
%d bloggers like this: