Yang Perlu Kamu Tahu Untuk Nonton Serial “Shadow and Bone” di Netflix

Serial “Shadow and Bone” merupakan salah satu serial yang layak kamu tonton di Netflix. Tapi kalau kamu baru mulai dan masih meraba-raba dunia di serial itu, kamu mungkin perlu mengetahui beberapa informasi supaya lebih kenal lagi.

Dalam beberapa waktu terakhir (sebelum artikel ini ditulis), “Shadow and Bone” termasuk salah satu serial yang banyak diperbincangkan, selain “The Irregulars” di Netflix dan “The Nevers” di HBO. Tentunya selain serial Marvel seperti “WandaVision” dan “The Falcon and the Winter Soldier.”

Jadi apa saja yang perlu kita ketahui untuk lebih memahami dunia di serial ini?

Cerita “Shadow and Bone”

Serial ini memiliki latar kerajaan Ravka, sebuah kerajaan yang dilanda perang dan dikacaukan oleh Shadow Fold yang memisah bagian Timur dan Barat Ravka. Alina Starkov, anak seorang pembuat peta, menemukan bahwa ia ternyata adalah seorang Grisha (punya kemampuan sihir) dengan kekuatan cahaya. Kekuatan yang bisa membebaskan dari Fold.

Alina pun bergabung dengan pasukan Grisha di bawah Jenderal Kirigan, yang bisa memanggil bayangan. Namun, ia menemukan kalau baik kawan maupun lawan tidak lah berbeda. Ada pihak berbahaya lain yang ikut berperan dalam konflik, termasuk sekelompok kriminal. Lebih dari sekedar sihir untuk bisa bertahan hidup.

Diangkat Dari Buku

Kisah serial “Shadow and Bone” diangkat dari novel, yaitu trilogi “Grisha” dan duologi “The Six of Crow.” Kedua novel itu dikenal dengan Grishaverse dan merupakan buah karya Leigh Bardugo.

Trilogi “Grisha” sendiri terdiri dari “Shadow and Bone” (2012), “Siege and Storm” (2013), dan “Ruin and Rising” (2014). Sementara duologi “The Six of Crows” terdiri dari “Six of Crows” (2015) dan “Crooked Kingdom” (2016).

Rilis di Netflix

Serial “Shadow and Bone” mulai tayang di Netflix pada tanggal 23 April 2021. Sejauh ini baru berjalan musim pertama yang memiliki 8 episode.

Judul 8 episode “Shadow and Bone” itu adalah:

  1. “A Searing Burst of Light”
  2. “We’re All Someone’s Monster”
  3. “The Making at the Heart of the World”
  4. “Otkazat’sya”
  5. “Show Me Who You Are”
  6. “The Heart is an Arrow”
  7. “The Unsea”
  8. “No Mourners”

Tokoh dan Pemeran

Sejauh ini paling tidak ada 7 tokoh utama di dalam serial, yaitu:

  • Alina Starkov, diperankan oleh Jessie Mei Li
  • Malyen “Mal” Oretsev, diperankan oleh Archie Renaux
  • Kaz Brekker, diperankan oleh Freddy Carter
  • Inej Ghafa, diperankan oleh Amita Suman
  • Jesper Fahey, diperankan oleh Kit Young
  • General Kirigan / Aleksander / The Darkling, diperankan oleh Ben Barnes
  • Baghra, diperankan oleh Zoë Wanamaker

Fun Facts

  • Leigh Bardugo menciptakan kerajaan Ravka berdasar kekaisaran Rusia di abad 19. Namun banyak pembaca Rusia yang tidak senang dengan penggambaran Bardugo di novel ini.
  • Bahasa yang ada di serial Grishaverse ini dikembangkan oleh David J. Peterson, seorang pakar bahasa yang sebelumnya membuat bahasa Valyrian dan Dothraki di serial “Game of Thrones.”
  • Di buku, petualangan Alina dan gerombolan Kaz Brekker, walau berada di dunia yang sama, berjalan tidak berhubungan.
  • Tokoh penting di buku, Nikolai Lantsov dan Wylan Van Eck, tidak akan muncul di musim pertama.
  • Gamelan disebut sebagai salah satu alat musik yang dipakai oleh Joseph Trapanese untuk membuat musik di serial “Shadow and Bone.”
  • Musim perial “Shadow and Bones” mendapat rating 85% dari kritikus dan 94% dari penonton umum di Rotten Tomatoes, dan mendapat skor 70 dari 100 di Metacritic.
More Stories
5 Pemenang Emmy Awards 2020 Diprediksi Masuk Nominasi Oscar 2021
%d bloggers like this: