10 Anime Mecha Terkeren Sepanjang Masa. Desain Robotnya Epik!

Bicara soal anime, ada masanya para penggemar anime sangat menyenangi anime berbau pertarungan robot. Anime mecha dianggap jadi genre terbaik dan terkeren karena menghadirkan pertarungan tak biasa dan mustahil ada dalam kenyataan manusia. Fantasi besar itulah yang menjadi daya pikat sebuah anime mecha.

Nah buat kamu yang mungkin jarang nonton anime mecha dan pengin menjajal judul-judul yang bagus, Popculture.id sudah merangkum beberapa anime baik serial atau film yang cocok kamu tonton. Daripada berlama-lama lagi, yuk langsung aja simak daftar 10 anime mecha terbaik dan terkeren sepanjang masa versi Popculture.id di bawah ini!

Gundam 00

Pertama tentunya ada Gundam. Lebih tepatnya Gundam 00. Buat kamu yang belum tahu, Gundam sendiri memiliki banyak alur cerita dengan karakter yang berbeda-beda. Nah salah satu anime Gundam terbaik adalah Gundam 00. Serial ini berkisah tentang sekelompok remaja laki-laki yang mengemudikan robot besar dan menyerang berbagai lokasi di seluruh dunia.

Bukan hanya jalur ceritanya yang keren, menegangkan dan penuh aksi, Gundam 00 bisa dikatakan salah satu yang terbaiik. Desain cerita dan desain robot dalam anime ini jadi salah satu yang terbaik yang pernah dimiliki Gundam.

King of Braves Gaogaigar

King of Braves GaoGaiGar adalah anime menarik yang berkisah tentang dunia pahlawan yang dipenuhi aksi robot. Anime ini berfokus pada cerita organisasi rahasia bernama Guty Geoid Guard yang berdiri untuk melawan ras alien yang berusaha mengubah manusia menjadi robot.

Hal yang paling spesial dari anime ini adalah King of Braves ditunjukan untuk anak-anak. Jadi singkatnya serial anime ini sangat menghibur dan bisa dinikmati sama saja. Desain mechanya juga sangat keren. Wajar kalau anime ini cukup memikat para penggemar robot pada tahun 90-an. Serial ini juga punya keterkaitan dengan Transformer klasik lo!

Armored Trooper Votoms

Selanjutnya ada anime Armored Trooper Votoms. Anime ini berkisah tentang seorang pilot bernama Chiricho Cuvie dari Federasi Gilgamesh yang ditugaskan untuk melakukan misi spionase. Ia kemudian dikhianati oleh kesatuannya dan diberikan pada pihak musuh.

Dari sinopsisnya saja kita sudah bisa menilai kalau Armored Trooper Votoms adalah anime mecha yang penuh aksi menegangkan karena melibatkan misi-misi militeristik dan unsur-unsur teknologi masa depan. Menariknya kamu akan melihat realisme dalam anime ini karena Armored Trooper Votoms adalah bentuk cyberpunk dari beberapa sejarah perang di dunia.

The Vision of Escaflowne

The Vision of Escaflowne jadi salah satu anime mecha terkeren karena berani menggabungkan unsur robot dan fantasi. Anime ini sangat eksperimental dengan kombinasi aksi, petualangan dan ‘high art’. Serial ini mengambil sudut pandang remaja SMA yang tersesat ke sebuah planet asing yang dilanda peperangan.

Mecha dalam serial ini bernama Escaflowne , sebuah robot mistis yang unik. Terlepas dari itu, The Vision of Escaflowne punya vision yang memukau dengan intrik politik dan adegan peperangan yang intens. Anime ini cocok buat kamu yang pengin nonton lebih dari sekadar anime mecha biasa.

Tengen Toppa Gurren Lagann

Selanjutnya ada anime yang digarap GAINAX, salah satu studio anime yang terkenal karena anime mechanya. Pada tahun 2000-an mereka merilis sebuah anime robot terbaik bertajuk Gurren Laggan. Anime ini berkisah tentang dua orang remaja yang menemukan robot raksasa dan memerangi kekuatan alien. Anime ini nggak akan mengecewakan penontonnya mengingat ia punya segala keseruan dan kegilaan konsep anime mecha yang pernah ada. Coba tonton deh!

Mobile Police Patlabor

Lalu ada serial Mobile Police Patlabor. Anime ini dianggap jenius karena berbeda dengan anime mecha biasa. Anime ini jadi inspirasi sejumlah film robot barat karena konsepnya yang unik dan cukup realistis. Berbeda dengan anime mecha yang hanya mengedepankan aksi saja.

Mobile Police Patlabor lebih banyak memperlihatkan karakter utama yang merawat dan mengajukan laporan pada robot raksasa mereka. Singkatnya, kalian yang suka anime genre komedi dan slice of life, menonton Mobile Police Patlabor adalah surga tersendiri. Gabungan yang sempurna!

Macross Fontier

Macross Frontier adalah waralaba anime mecha yang sempat melalui naik turun popularitas. Nah salah satu judul terbaik dari waralaba ini adalah Macross Fontier yang rilis tahun 2008. Anime ini muncul setelah 50 tahun seri Macross asli yang berfokus pada kelompok kolonisasi. Banyak penggemar yang telah mengakui kalau anime ini jauh lebih baik dari segi popularitas, musik, visua, cerita dan karakternya.

Neon Genesis Evangelion

Hideaki Anno adalah seorang jenius karena menciptakan seri Neon Genesis Evangelion. Seri ini jadi salah satu anime mecha paling populer sekaligus terbaik sepanjang masa. Seri ini bahkan mempengaruhi genre mecha pada umumnya. Menariknya, Neon Genesis Evangelion terus berkembang setelah 26 tahun perilisan film pertamanya.

Anime ini punya lore yang kumplit dan menarik, makna kehidupan dan filosofi yang mendalam. Neon Genesis Evangelion bukan sekadar memperlihatkan pertarungan demi pertarungan mecha melawan ‘malaikat’ yang siap memusnahkan manusia. Namun ia bercerita soal karakter, ketuhanan dan ideologi masing-masing karakternya.

Appleseed

Selanjutnya ada anime mecha yang adaptasi dari manga berjudul Appleseed. Anime ini cukup menarik karena mengangkat masyarakat dystopia yang terdiri dari manusia robot dan cyborg atau bioroid. Meski sedikit melenceng dari manganya, anime ini tetap punya benang merah dengan cerita aslinya.

Tentu saja hal yang membuat anime ini spesial adalah penggambaran latar dan teknologi-teknologi ‘mecha’ yang enak dan menakjubkan dipandang. Alur ceritanya juga sangat menyenangkan dan mengasyikan karena berfokus pada aksi dan petualangan. Kalian nggak akan pusing kalo nonton Appleseed ini~

Ghost In The Shell

Terakhir ada anime Ghost In The Shell. Film anime ini memang menjadi salah satu anime cult terbaik yang wajib banget kalian tonton. Berbeda dengan Appleseed, Ghost In The Shell lebih banyak mengangkat tema krisis eksistensial karakter-karakternya daripada petualangan dan aksi-aksi peperangan.

Ya buat kamu yang senang berfikir dan mempertanyakan hal-hal berbau eksistensial dan filosofis, anime ini sangat cocok kalian tonton. Tapi kalian jangan berharap untuk menyaksikan pertempuran epik yang biasa muncul di anime-anime mecha pada umumnya. Terlepas dari itu, Ghost In The Shell memang menjadi anime yang berpengaruh pada dunia kultur pop secara umum.

Bonus: Astro Boy

Sebagai bonus, kita masukan Astro Boy. Anime yang pertama kali dirilis pada tahun 1963 ini adalah anime legendaris di seluruh dunia. Hampir seluruh anak-anak tahun 90-an di Indonesia tahu Astro Boy. Oiya, hal yang membuat Astro Boy menarik dan sangat mudah diterima adalah ceritanya yang mirip dengen legenda Pinokio versi robot. Ya singkatnya Astroboy adalah Mecha-Pinokio. Wkwkw~

Nah itu dia beberapa anime mecha terkeren dan terbaik sepanjang masa versi Popculture.id. Gimana menurut kalian Popins? Adakah anime mecha favorit kalian dalam daftar di atas? Atau kalian punya anime mecha favorit kalian sendiri? Yuk saling berbagi di kolom komentar~

More Stories
Episode Terakhir Tentukan Kehadiran Season 2 Falcon and Winter Soldier
%d blogger menyukai ini: